Agar Rambut Panjang Glow Up, Biasakan Remaja Konsumsi Ini

Pola makan juga berdampak besar pada kesehatan rambut remaja lho!

13 September 2020

Agar Rambut Panjang Glow Up, Biasakan Remaja Konsumsi Ini
Freepik/cookie_studio

Rambut merupakan mahkota kepala yang dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri. Tentunya Mama juga ingin si Anak memiliki rambut yang berkilau, kuat, tebal, bervolume, lebih sedikit rambut kusut, dan tidak mudah berminyak.

Tidak hanya dari perawatan tambahan seperti masker dan vitamin rambut saja, beberapa pilihan makanan yang tepat dapat membantu anak memiliki rambut yang sehat serta tubuh yang juga lebih sehat.

Sama seperti pola makan yang salah dapat memengaruhi kulit dan menyebabkan jerawat, makanan yang dikonsumsi anak juga berdampak besar pada kesehatan rambutnya.

Berikut ini Popmama.com akan membahas tentang 10 makanan agar anak punya rambut panjang dan sehat, yuk simak informasinya Ma!

1. Biotin

1. Biotin
freepik.com/dashu83

Tubuh manusia umumnya sudah memproduksi biotin, sehingga tidak terlalu penting untuk mengonsumsi suplemen tambahan, kecuali jika anak benar-benar kekurangan. Namun hanya sebagian kecil orang yang membutuhkannya.

Agar menjaga rambut tetap sehat, berikan anak makanan seimbang yang mencakup kandungan biotin tinggi seperti telur, almond, dan alpukat.

2. Folat dan zat besi

2. Folat zat besi
Freepik/Racool_studio

Folat dan zat besi membantu memproduksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke kulit kepala dan sel folikel untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kekurangan zat besi, yang umum terjadi pada perempuan selama masa subur, juga terkait dengan kerontokan rambut.

Untuk mengatasinya, sajikan bayam yang merupakan salah satu sumber makanan dengan kandungan folat dan zat besinya yang tinggi. Masaklah secangkir dengan tambahan telur dadar untuk sarapan anak, atau salad bayam segar untuk makan siang yang sehat.

3. Protein

3. Protein
Freepik/yuliyafurman

Protein merupakan kandungan yang penting untuk pertumbuhan sel. Terutama bagi rambut anak. Rambut mendapatkan strukturnya dari protein yang disebut keratin.

Kekurangan protein untuk menyusun keratin, menyebabkan pertumbuhan rambut yang lambat serta helai rambut yang lemah dan tipis.

Makanan yang kaya akan protein adalah ayam, daging sapi tanpa lemak, lentil, tahu, dan kedelai yang merupakan sumber protein.

4. Vitamin C

4. Vitamin C
Freepik/cookie_studio

Vitamin C digunakan untuk memproduksi kolagen, yaitu serat yang membantu folikel rambut tetap sehat untuk pertumbuhan rambut serta mencegah helai rambut menjadi pecah.

Makanan yang kaya akan Vitamin C adalah, paprika, jeruk, dan tomat.

Editors' Picks

5. Vitamin A

5. Vitamin A
Freepik/dashu83

Vitamin A selain untuk menjaga kesehatan mata juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sel yang sama dengan pertumbuhan rambut. Vitamin A juga membantu tubuh memproduksi sebum, yang penting untuk kulit kepala dan rambut yang sehat.

Ubi jalar, bayam, dan kangkung, memiliki beta karoten yang tinggi yang dapat diubah menjadi Vitamin A.

6. Zinc

6. Zinc
Freepik/dashu83

Zinc membantu memulihkan dan meningkatkan pertumbuhan jaringan rambut dengan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Makanan seperti tiram, kepiting, dan kerang mengandung zinc tinggi, dan umumnya juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik untuk anak.

7. Asam lemak omega-3

7. Asam lemak omega-3
Freepik

Asam lemak omega-3 pada dasarnya adalah pembuat keajaiban bagi rambut anak, karena memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga membantu membuka folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Asam lemak omega-3 diketahui juga membuat rambut anak menjadi lebih berkilau. Ikan berlemak, seperti salmon dan tuna, atau kenari dan biji rami adalah sumber lemak sehat ini.

8. Brokoli

8. Brokoli
Freepik/Khumthong

Jika rambut anak mengalami kerusakan, brokoli adalah penyelamat terbaik untuk rambut anak. Karena brokoli dapat meningkatkan kekuatan rambut anak. Karena brokoli memiliki kandungan folat yang tinggi, sehingga membantu pembelahan sel dengan baik.

Jika rambut anak lemah, mengalami kerontokan, atau rapuh, maka itu bisa menjadi tanda kadar folat yang rendah.

9. Sea Buckthorn

9. Sea Buckthorn
Freepik/Racool_studio

Sea Buckthorn merupakan tanaman yang di mana daun, bunga, biji, dan buahnya memiliki banyak manfaat sehingga seringkali digunakan untuk membuat obat dan sebagai bahan produk kosmetik.

Sea Bucktron juga dijuluki sebagai berry Asia yang memiliki kandungan omega-7, beta karoten, dan Vitamin C. Sehingga tanaman ini juga bermanfaat untuk membuat rambut anak menjadi lebih sehat, berkilau, dan indah.

10. Kalsium

10. Kalsium
Freepik

Selain baik untuk pertumbuhan tulang anak, kalsium juga penting untuk rambut. Kalsium yang berada di dalam sel-sel folikel rambut dapat merangsang komunikasi antar sel dan mendorong pertumbuhan rambut anak.

Makanan seperti keju, yogurt, tahu, bahkan kubis, merupakan sumber kalsium yang tepat.

Nah itu lah 10 bahan makanan yang dapat membuat rambut anak menjadi panjang dan sehat. Semoga informasinya bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.