Bisa Tambah Pintar, Ini 5 Manfaat Mengikuti Kelas Webinar untuk Anak

Mengisi waktu anak dengan praktis dan mengedukasi

3 Agustus 2020

Bisa Tambah Pintar, Ini 5 Manfaat Mengikuti Kelas Webinar Anak
freepik/lifeforstock

Selama masa pandemi Covid-19 ini, pasti Mama sudah tak asing dengan istilah webinar. Webinar bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi kegiatan anak yang semula dilakukan secara tatap muka.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, webinar bisa menjadi solusi paling efektif bagi anak untuk mengikuti kelas dan workshop tanpa harus bertemu langsung. Anak bisa mengikuti kelas dengan menggunakan perangkat gadget seperti ponsel, laptop, atau tablet.

Nah dengan mengajak anak ikut webinar ternyata dapat memberikan manfaat berharga lho, ada apa saja?

Berikut ini popmama.com akan membahas tentang 5 manfaat mengikuti kelas webinar online untuk anak  sambil mengisi waktu luang selama di rumah!

1. Waktu kelas webinar yang lebih fleksibel dan bisa dipilih sesuai kebutuhan anak

1. Waktu kelas webinar lebih fleksibel bisa dipilih sesuai kebutuhan anak
Freepik/User20166574

Mengikuti webinar dapat menjadimenjadi salah satu alternatif untuk mengikuti seminar tanpa harus datang bertatap muka, nah maka dari itu anak akan lebih fleksibel menentukan waktu untuk memilih kelas dan workshop yang ingin diikuti.

Nah dengan ini anak juga bisa menimba ilmu pengetahuan dengan mengikuti seminar online dari rumah. Tentunya anak bisa lebih aman karena dapat mengikuti kegiatan ini tanpa harus keluar rumah dan berkumpul dengan banyak orang terlebih dahulu.

Pastinya waktu yang dimiliki anak akan menjadi lebih produktif. Cukup dengan memiliki gadget dan internet, anak bisa mengikuti seminar webinar dari yang gratis hingga berbayar dari berbagai bidang dan tema.

Editors' Picks

2. Lebih hemat dibandingkan mengikuti seminar secara langsung

2. Lebih hemat dibandingkan mengikuti seminar secara langsung
Freepik

Selanjutnya adalah soal biaya, mengikuti seminar online ternyata bisa jauh lebih hemat. Beberapa event webinar ada yang disediakan secara gratis, walaupun ada juga yang berbayar namun tidak semahal saat mengikuti acara seminar yang datang langsung ke tempatnya.

Maka tidak heran jika kegiatan webinar ini menjadi cara mengisi waktu luang favorit untuk anak dan remaja. Sebab yang biasanya  mendaftar, membayar, dan datang langsung, kini menjadi lebih praktis dan hemat, bukan?

3. Mendapatkan e-sertifikat yang akan berguna bagi masa depan anak

3. Mendapatkan e-sertifikat akan berguna bagi masa depan anak
Freepik/bristekjegor

Sama seperti seminar langsung umum lainnya, mengikuti rangkaian webinar biasanya mendapatkan fasilitas berupa e-sertifikat. Sertifikat ini bisa berguna lho saat anak ingin mendaftarkan diri di perguruan tinggi atau untuk melamar kerja.

Nah e-sertifikat ini nantinya akan dikirimkan ke alamat email masing-masing peserta. Maka dari itu saat anak mendaftar, isilah data diri beserta alamat email yang benar. Periksa terlebih dahulu sebelum data diri dan email sebelum dikirim ke panitianya ya Ma.

Karena nama anak nantinya akan dicantumkan pada e-sertifikat yang dikirim ke email yang telah didaftarkan.

4. Anak akan mendapatkan relasi dengan banyak orang yang memiliki background berbeda

4. Anak akan mendapatkan relasi banyak orang memiliki background berbeda
Freepik/Peoplecreation

Manfaat penting lainnya yaitu anak bisa mendapatkan relasi dengan banyak orang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang berbeda-beda. 

Cukup dengan mengklik tautan atau link yang sudah dibuat oleh panitia, maka anak dapat langsung terkoneksi dengan peserta lainnya yang berasal dari luar daerah hingga luar negeri meskipun tanpa bertatap muka secara langsung. 

Sudah mulai tertarik mengajak anak untuk ikut webinar, Ma?

5. Bisa berkomunikasi dengan narasumber yang ahli pada bidangnya

5. Bisa berkomunikasi narasumber ahli bidangnya
Freepik/pressfoto

Walaupun acara webinar dilkaukan secara virtual atau online, namun jangan sampai mengurangi rasa semangat dan antusias anak untuk bertemu dengan narasumber yang ahli pada bidangnya.

Anak bisa menikmati materi narasumber secara online, dan bertanya ke narasumber melalui fitur chat atau perantara moderator.

Selain itu setelah kegiatan webinar ini selesai, biasanya panitia langsung membagikan rekaman ulang saat kegiatan berlangsung. Nah anak bisa memutar ulang materinya kapanpun dan dimanapun.

Nah, Ma itu dia 5 manfaat mengikuti kelas webinar online untuk anak. Yuk jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan anak selagi mengisi waktu di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.