TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memahami Tipe Karakter dan Kepribadian ISFP pada Remaja

Apakah anak mama termasuk dalam karakter ISFP?

15 Agustus 2022

Memahami Tipe Karakter Kepribadian ISFP Remaja
Freepik/Senivpetro

Saat ini, tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator banyak diikuti oleh sejumlah orang untuk mengetahui karakter atau kepribadian seperti apa diri mereka.

Dari tes MBTI, terdapat 16 tipe kepribadian yang berbeda. Salah satunya adalah ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving) merupakan salah satu tipe kepribadian yang dimiliki oleh seseorang.

Anak remaja yang memiliki tipe kepribadian ISFP, umumnya digambarkan sebagai orang yang pendiam, santai, dan damai. Ingin tahu lebih lanjut seperti apa tipe keptibadian dan karakter ISFP?

Nah kali ini Popmama.com telah merangkum berbagai informasi untuk membantu Mama memahami tipe karakter dan kepribadian ISFP pada remaja.

Yuk, simak di bawah ini ya!

1. Apa itu ISFP?

1. Apa itu ISFP
Freepik/Freepic-diller

Mengutip dari laman 16 Personalities, remaja dengan kepribadian ISFP atau kepribadian "Adventurer", memiliki kepribadian introverted, sensing, feeling, perceiving. 

Mereka digambarkan cenderung memiliki pikiran terbuka, mendekati kehidupan, pengalaman baru, dan ramah pada orang lain. Kemampuannya untuk tetap pada kesadaran saat ini membantu mereka mengungkap potensi diri yang menarik.

Untuk tipe kepribadian ini, mereka menganggap bahwa hidup adalah kanvas untuk ekspresi diri. Dari apa yang mereka kenakan hingga bagaimana mereka menghabiskan waktu luang mereka.

Anak ISFP bertindak dengan cara yang dengan jelas, untuk mencerminkan siapa mereka sebagai individu yang unik.

2. Apa perbedaan remaja dengan karakteristik ISFP-A dan ISFP-T?

2. Apa perbedaan remaja karakteristik ISFP-A ISFP-T
Freepik/Cookie-studio

Meski termasuk dalam tipe kelompok ISFP, mereka juga kembali dikelompokkan dalam dua tipe ISFP yang berbeda, yaitu ISFP-A dan ISFP-T. Apa perbedaan antara keduanya?

ISFP-A merupakan singkatan dari Assertive Adventurer, sementara ISFP-T adalah Turbulent Adventurer

Dilansir dari high5test, remaja dengan karakter ISFP-A dengan remaja dengan karakter ISFP-T, menunjukkan perbedaan dalam cara merepresentasikan diri mereka sendiri.

Biasanya, tipe kepribadian ISFP-A cenderung percaya diri dan mudah menangani kesulitan dan stres. Di sisi lain, kepribadian ISFP-T ini adalah kepribadian yang berpikiran terbuka dan berempati, namun ia sulit untuk mengatasi kecemasan dan tetap tenang.

Mempertimbangkan hal ini, ISFP-T adalah kepribadian yang berpikiran terbuka dan berempati, namun berjuang dengan menganggap situasi stres. Sementara ISFP-A adalah kepribadian yang percaya diri dan dominan, dengan keterampilan mengatasi stres yang adaptif.

Editors' Picks

3. Apa saja ciri-ciri remaja dengan karakteristik ISFP?

3. Apa saja ciri-ciri remaja karakteristik ISFP
Freepik/Cookie-studio

Dari penjelasan di atas, Mama dapat mengidentifikasi lebih dalam adalah bagaimana ciri atau karakteristik anak dengan tipe ISFP?

Dilansir dari Simply Psychology, secara umum berikut beberapa ciri-ciri anak dengan karakteristik ISFP:

Optimis sejati

Mereka memiliki kemampuan unik untuk menemukan kegembiraan di setiap waktu dan merangkul gaya hidup yang santai dan tanpa beban. Mereka suka hidup di saat ini, menyambut spontanitas dan petualangan.

Remaja ISFP juga merupakan individu yang berpikiran terbuka dan berjiwa bebas, yang menikmati dan menghargai semua yang ditawarkan kehidupan.

Bersifat pragmatis

Mereka suka menjaga pilihan mereka tetap terbuka sehingga dapat membuat keputusan yang paling rasional sebelum melakukan sesuatu. Mereka suka menghabiskan waktunya "tenggelam" dalam waktu. Namun dengan demikian, mereka sangat sadar akan lingkungan sekitarnya.

Anak juga tidak menyukai teori abstrak dan lebih menyukai situasi belajar yang berfokus pada informasi praktis dan pengalaman langsung.

Setia tidak hanya pada nilai dan keyakinannya, tetapi juga pada teman dan keluarga

Anak ISFP memiliki hati yang besar dan sangat menerima orang lain, mencari cara untuk membangun harmoni. Mereka senang membantu orang lain dan sangat memerhatikan kebutuhan orang-orang di sekitar mereka.

Tak terlihat jelas sebagai introvert

Mereka adalah individu yang ramah dan penuh kasih, yang menikmati kebersamaan dengan teman dan keluarga terdekat. Tetapi mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi ulang energinya setelah bersosialisasi dengan orang lain.

Anak ISFP bisa menjadi pendiam, tetapi sikap ramahnya bisa membuat mereka sangat disukai dan populer.

Memiliki pemikiran kreatif

Mereka yang memiliki karakteristik ISFP memiliki beragam hasrat dan minat, serta selalu tertarik untuk mengeksplorasi ide-ide baru.

Mereka memiliki imajinasi yang jelas, kepekaan estetika yang kuat, dan semangat ingin tahu, sehingga mudah bagi mereka untuk menemukan keindahan di sekitar.

4. Apa saja kelebihan remaja dengan kepribadian ISFP?

4. Apa saja kelebihan remaja kepribadian ISFP
Freepik/Zinkevych

Setiap tipe kepribadian, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini termasuk pada anak-anak dengan karakter ISFP.

Mereka memiliki kelebihan yang menonjol pada dirinya, misalnya seperti:

Sangat santai

Remaja dengan tipe kepribadian ISFP ini dikenal sebagai seseorang yang santai dan hangat, dan sikap “biarkan hidup berjalan semestinya” dari anak ISFP ini secara alami membuatnya disukai dan populer.

Peka terhadap orang lain

ISFP dengan mudah berhubungan dengan emosi orang lain, membantu mereka membangun harmoni dan niat baik, dan meminimalkan konflik.

Imajinatif

Karena sangat sadar akan emosi orang lain, anak ISFP seringkali menggunakan kreativitas dan wawasan untuk menyusun ide-ide berani pada saat berbicara ke hati orang-orang.

Pada akhirnya, imajinasi yang jelas dan semangat eksplorasi ini membantu mereka dengan cara yang tidak terduga.

Penuh semangat

Meski terkenal santai dan tenang, ketika para ISFP ini terjebak dalam sesuatu yang mengasyikkan dan menarik, mereka dapat meninggalkan segala sesuatu yang lain dalam debu.

Suka penasaran

Remaja ISFP perlu melihat dan mengeksplorasi sendiri apakah ide mereka benar. Pekerjaan seputar visi artistik dan humanistik yang berani, seringkali merupakan hal yang dibutuhkan anak ISFP untuk bergerak maju.

Hal ini akan semakin berkembang apabila mereka diberi kebebasan yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Artistik

Mereka juga mampu menunjukkan kreativitasnya dengan cara yang nyata dan dengan keindahan yang memukau.

Baik menulis lagu, melukis emosi, atau menyajikan statistik dalam grafik, remaja ISFP memiliki cara memvisualisasikan hal-hal yang bermakna pada audiensnya.

5. Apa saja kekurangan remaja ISFP?

5. Apa saja kekurangan remaja ISFP
Freepik/gpointstudio

Jika sebelumnya membahas kelebihan anak dengan karakter ISFP, Mama juga perlu tahu nih apa saja kekurangan yang dimiliki mereka. Berikut beberapa kekurangan umum yang dimiliki anak ISFP, yaitu antara lain:

Sangat independen

Kebebasan berekspresi seringkali menjadi prioritas utama para ISFP. Apa pun yang mengganggunya, seperti tradisi dan aturan keras, menciptakan rasa penindasan bagi kepribadian ISFP.

Hal ini dapat membuat kehidupan terstruktur seperti pendidikan sekolah yang lebih kaku dan disiplin aturan menjadi tantangan untuknya.

Tidak dapat diprediksi

Remaja ISFP tidak menyukai komitmen dan rencana jangka panjang. Mereka memiliki kecenderungan untuk menghindari perencanaan masa depan.

Sayangnya ini dapat menyebabkan ketegangan dalam membentuk hubungan dengan orang lain dan pekerjaan jangka panjang.

Mudah tertekan

Remaja ISFP hidup di masa sekarang, penuh emosi. Ketika situasi di luar kendali, orang-orang dengan tipe kepribadian ini (terutama ISFP-T) dapat menutup diri, kehilangan pesona, dan kreativitas khas mereka, karena merasa tertekan.

Terlalu kompetitif

Mereka yang memiliki tipe ISFP juga dapat meningkatkan hal-hal kecil menjadi kompetisi yang ketat. Mereka juga tidak bahagia ketika merasa kalah.

6. Apa saja hobi dan minat yang umum pada remaja ISFP?

6. Apa saja hobi minat umum remaja ISFP
Pexels/Ron Lach

Remaja ISFP memiliki karunia yang mungkin tidak alami untuk tipe lain. Melalui hobi, mereka dapat mengenali bakat dan mendorong pertumbuhan pribadi.

Dilansir dari Degree Match, berikut adalah beberapa hobi dan minat yang umum pada remaja ISFP:

Olahraga (Independen)

Remaja ISFP dapat tampil luar biasa dalam olahraga independen. ISFP adalah "pemikir spasial" dan sangat cerdas. Dengan waktu yang cepat, ia unggul dalam bermain ski, bersepeda, dan olahraga individu lainnya.

Selain itu, anak ISFP juga sangat jeli. Ini merupakan karakteristik yang membantu dalam olahraga independen seperti golf.

Sikap introvert juga memungkinkan mereka untuk berkonsentrasi secara mendalam dan fokus pada tugas yang ada. 

Melakukan proyek kerajinan

ISFP populer karena apresiasi mereka terhadap kualitas estetika. Mereka dapat dengan mudah melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak dari perspektif artistik. Ketika diminta untuk melakukan proyek "Do It Yourself" (DIY), remaja ISFP bisa benar-benar bersinar.

Karena perspektif seninya, salah satu hobi ISFP yang paling diinginkan adalah membuat proyek. Selain itu, mereka juga berorientasi pada detail dan menguasai spesifikasi proyek DIY.

Membuat musik

Terhubung dengan orang-orang adalah spesialisasi remaja ISFP, dan membuat musik memungkinkan mereka untuk terhubung dengan orang lain secara pribadi. Hal ini juga didukung dengan karakteristiknya yang bersemangat dengan perasaan yang intens.

Rasa semangat bercampur dengan bakat kreatif yang alami, memungkinkan mereka dalam memproduksi musik yang luar biasa.

Menikmati diri di alam

Remaja ISFP hidup di masa sekarang dengan kemampuan luar biasa untuk melihat keindahan dalam lingkungan alam apa pun. Mereka berkembang pada pengalaman sensorik. Karena itu, menikmati alam adalah hobi yang luar biasa baginya.

Mereka dapat menikmati saat-saat sekarang tanpa stres tentang masa depan atau masa lalu. Jadi, jika anak mama seorang ISFP, sering-seringlah mengajaknya jalan-jalan, mendaki, joging, atau bersepeda dan nikmati lingkungan di sekitar apa adanya. Tanpa ragu, anak akan menikmatinya.

Membuat proyek kesenian

Karena ISFP dapat melihat keindahan di lingkungan apa pun, mereka dapat dengan mudah memanipulasi objek dan mengubahnya menjadi karya seni yang unik dan kreatif.

Remaja ISFP adalah seniman alami dan menemukan kepuasan yang tak terbantahkan ketika mengembangkan kemampuan imajinatif mereka.

7. Tips membesarkan anak remaja dengan kepribadian ISFP

7. Tips membesarkan anak remaja kepribadian ISFP
Freepik/Karlyukav

Ketika Mama dan Papa memiliki anak remaja dengan tipe kepribadian ISFP, tentunya hal ini harus dibarengi dengan pola asuh yang sesuai, tujuannya untuk menunjang tumbuh kembang yang lebih optimal. Berikut beberapa tips membesarkan anak remaja dengan karakter ISFP:

  • Jangan ragu menunjukkan kasih sayang pada anak. Anak-anak ISFP dikenal karena sifatnya yang lembut, kasih sayang, dan kebaikan. Mereka adalah anak-anak dengan emosi. Sehingga penting bagi ISFP muda untuk merasa bahwa mereka diterima dan dicintai apa adanya.
  • Mengakui emosi anak dan memahaminya. Karena perasaan yang begitu kuat, membuat mereka sangat dipengaruhi oleh emosi. Inilah sebabnya emosi mereka yang perlu diakui. Dari hal ini juga mengajarkan mereka untuk berempati dan lembut saat berhubungan dengan orang lain.
  • Berikan banyak kasih sayang fisik, seperti pelukan dan mengelus rambut. Mereka adalah individu yang sangat sensoris dan kuat dalam merespon sentuhan fisik dan kasih sayang. Maka itu sangat penting untuk membalas kasih sayang apa pun yang anak berikan, meskipun itu mungkin tidak sesuai dengan kepribadian Mama.
  • Siapkan peralatan dan perlengkapan yang memicu kreativitas anak. Sebagai individu yang indrawi dan kreatif, anak ISFP perlu diberi banyak mainan dan bahan langsung, untuk seni dan kerajinan. Mereka dapat menikmati waktu untuk menggambar, melukis, membangun, dan berkreasi.
  • Hindari memberikan kritik dan menunjukkan ketidakharmonisan di rumah. Penting untuk melindungi anak ISFP dari konflik, dan berbicara kepadanya dengan suara yang lembut. Koreksi harus diberikan dengan tenang dan secara pribadi, karena koreksi publik sangat mempermalukan mereka.
  • Berikan contoh pada anak untuk membela diri. ISFP muda sering mengalami kesulitan untuk bersikap asertif. Sehingga membutuhkan orangtua untuk mencontohkan ketegasan agar anak dapat merasa percaya diri untuk membela diri sendiri.

Nah itu dia informasi untuk membantu Mama memahami tipe karakter dan kepribadian ISFP pada remaja. Bagaimana Ma, apakah anak mama memiliki kepribadian yang sesuai dengan informasi di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk