10 Minuman untuk Bantu Anak Atasi Susah Tidur atau Insomnia

Minuman ini dapat membantu tubuh anak menjadi lebih rileks dan tidur lebih cepat

16 Oktober 2020

10 Minuman Bantu Anak Atasi Susah Tidur atau Insomnia
Freepik

Beberapa faktor dapat menyebabkan anak menjadi sulit tidur atau insomnia, misalnya perubahan waktu tidur, bermain gadget, mengalami stres, gangguan emosi, atau tidak nyaman dengan lingkungan tidurnya.

Padahal tidur malam merupakan komponen penting untuk menunjang kebugaran dan kesehatan anak di pagi harinya. Jika insomnia dibiarkan terus menerus, aktivitas anak bisa terhambat karena merasa ngantuk, kurang fokus, tidak bersemangat, dan mudah lelah.

Meskipun demikian, ada beberapa cara yang bisa mengatasi anak susah tidur. Salah satunya dengan pemberian minuman tertentu. Beberapa minuman diketahui dapat merangsang anak untuk tidur lelap secara alami.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 10 rekomendasi minuman sehat agar anak bisa tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari.

1. Jus buah ceri

1. Jus buah ceri
Freepik/KamranAydinov

Buah ceri memiliki cita rasa manis atau asam. Selain sering dikenal sebagai penghias pada kue, buah ceri ini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi susah tidur pada anak.

Ceri memiliki kandungan Tryptophan, yang merupakan asam amino untuk memicu produksi hormon melatonin. Hormon melatonin ini membantu anak mengatur siklus bangun dan tidurnya. Minum jus ceri setiap hari dapat meningkatkan kadar hormon melatonin.

Cobalah berikan anak dua gelas atau sekitar 480ml per hari untuk mengatasi anak yang alami insomnia atau sulit tidur.

2. Teh chamomile

2. Teh chamomile
Freepik/tetenio

Chamomile merupakan bunga yang kerap dijadikan teh. Minuman yang memiliki aroma khas ini juga banyak manfaat kesehatannya. Seperti menghilangkan gejala flu, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Sebuah studi menunjukkan teh chamomile ini dapat meningkatkan kualitas tidur. Studi ini meminta para respondennya untuk mengonsumsi 400mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut, dan 60 orang dewasa membenarkan anggapan tersebut.

Teh chamomile ini bersifat menenangkan dan membuat rileks tubuh anak sebelum tidur. Itulah mengapa, teh ini juga dikenal dapat mengatasi masalah kecemasan dan stres. Khasiat teh yang satu ini perlu penelitian lebih dalam lagi untuk mengetahui manfaat-manfaat lainnya.

3. Susu hangat

3. Susu hangat
Freepik/Supaleka

Susu merupakan minuman favorit anak karena setiap variannya memiliki cita rasa yang manis. Ternyata, segelas susu hangat dapat membuat anak lebih mudah mengantuk. Peneliti pun menyarankan bagi seseorang yang susah tidur untuk meneguk segelas susu hangat di malam hari.

Alasannya, karena susu mengandung Trptophan alami. Asam amino dalam susu dapat meningkatkan serotonin dan neurotransmitter. Keduanya ini juga dikenal membawa sensasi nyaman dan bahagia. Serotonin juga punya fungsi seperti hormon melatonin, yaitu sebagai pengatur tidur anak.

Melatonin juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anak dan membantu melawan berbagai gangguan tidur, misalnya seperti insomnia.

4. Susu almond

4. Susu almond
Freepik/Rawpixel.com

Almond merupakan jenis kacang yang memiliki kandungan serat sehat, vitamin, dan mineral. Susu almon pun menyerupai susu sapi yang kental, namun umumnya dibuat dari kacang almond utuh. Kacang almond ini juga diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur anak.

Susu almond kaya akan hormon dan mineral untuk menunjang kualitas tidur anak, seperti Tryptophan, Melatonin, dan magnesium. Dan faktanya, 1 cangkir atau sekitar 237 ml susu almond mengandung hamir 17mg magnesium.

Susu almond ini juga mudah ditemukan di sekitar Mama dalam berbagai merek dan rasa. Namun sebelumnya Mama perlu perhatikan apakah anak memiliki alergi kacang atau tidak. Jika memiliki alergi kacang-kacangan, maka anak harus menghindari susu almond ini.

Editors' Picks

5. Teh pepermin

5. Teh pepermin
Pexels/Mareefe

Teh pepermin juga dipercaya selama bertahun-tahun untuk pengobatan antiviral, antimikroba, anti-alergi. Jenis teh yang satu ini juga dipercaya untuk menangani masalah pencernaan. Seperti masalah Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Namun, teh pepermin ini lebih banyak dicari untuk membantu kualitas tidur. Memiliki rasa dan aroma harum yang dihasilkannya, dapat membuat anak lebih rileks dan membantu mengatasi stres sebelum tidur.

6. Teh hijau dekafein

6. Teh hijau dekafein
Freepik/zirconicusso

Teh hitam atau teh hijau yang memiliki kandungan kafein kurang baik untuk diminum sebelum tidur, karena jenis teh ini dapat membuat anak jadi segar kembali.

Namun, pilihlah jenis teh hijau dekafein yang dapat membantu menghasilkan teanin dan asam amino. Kedua kandungan ini dapat membantu anak mendapatkan kualitas tidur yang baik serta melepas stres sebelum naik ke tempat tidur.

7. Cokelat hangat

7. Cokelat hangat
Freepik

Siapa yang tak kenal dengan minuman favorit anak yang satu ini? Ternyata cokelat dapat membantu anak tidur yang lebih berkualitas. Segelas cokelat hangat juga biasa anak nikmati ketika waktu senggang, dalam cuaca dingin, untuk membuat suasana tubuh menjadi lebih rileks dan jauh dari stres.

Mama dapat segera memberikan segelas cokelat pada anak ketika ia mengalami sulit tidur, karena minuman yang bisa menenangkan tubuh sekaligus membuat anak lebih cepat tidur lelap.

8. Air kelapa

8. Air kelapa
Freepik/Stokking

Air kelapa dikenal luas sebagai minuman berenergi yang juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air kelapa murni ini juga dapat membantu anak merelaksasi ototnya sebelum tidur, karena memiliki kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.

Selain itu kandungan Vitamin B di dalamnya juga dapat membantu anak meredakan rasa stres yang dirasakan setelah sekolah, beraktivitas seharian, dan mengerjakan tugas. Mengonsumsinya sebelum tidur adalah pilihan terbaik untuk tidur yang lebih nyaman dan nyenyak.

9. Jus pisang almond

9. Jus pisang almond
Freepik/Racool-studio

Sama manfaatnnya dengan air kelapa, perpaduan pisang dan kacang almond yang di jus ini mengandung magnesium dan kalium yang dapat merelaksasi otot-otot tubuh anak. Kandungan Tryptophan dan melatonin di dalamnya juga bisa mengurangi gejala insomnia pada anak.

10. Air mineral hangat

10. Air mineral hangat
Freepik

Namun, jika Mama sulit menyajikan minuman-minuman di atas, Mama tidak perlu khawatir. Karena dengan dua gelas air putih hangat sebelum tidur juga dapat membantu anak atasi susah tidur dan insomnia.

Kandungan mineral pada air putih sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membantu anak tidur nyenyak. Ingatkan anak untuk minum air putih hangat sebelum tidur, agar tubuhnya jadi semakin rileks dan menurunkan level stresnya.

Nah itu dia Ma, 10 minuman yang bisa membantu anak susah tidur atau insomnia. Jika gangguan tidur anak tak kunjung hilang atau disertai gejala-gejala masalah kesehatan lainnya, Mama dapat segera berkonsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.