Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Kata yang Mengekspresikan Opinions dan Thoughts dalam Bahasa Inggris

Yuk cari tahu 6 kata untuk mengekspresikan opini kamu dalam Bahasa Inggris.

5 Desember 2022

6 Kata Mengekspresikan Opinions Thoughts dalam Bahasa Inggris
Freepik/brgfx

Dalam pelajaran Bahasa Inggris di sekolah, banyak bentuk kalimat yang akan diajarkan. Salah satunya adalah cara mengekspresikan opinions and thoughts.

Di kehidupan dan percakapan sehari-hari, tentunya penyampaian opini dengan jelas itu dibutuhkan. Entah untuk mengungkapkan perasaan pada suatu hal atau ketika ada perbedaan pendapat dengan orang lain.

Nah, materi opinions and thoughts ini diajarkan supaya anak lancar saat menyampaikan pendapat dan pikiran dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pembelajaran, Popmama.com mengumpulkan 6 contoh frasa atau kata beserta kalimat untuk membantu anak lebih memahami cara mengekspresikan opinions and thoughts dalam Bahasa Inggris.

Totally agree

Totally agree
Popmama.com/Jocelyn Angelina

Totally agree merupakan salah satu frasa untuk mengutarakan persetujuan terhadap seseorang atau suatu ide. Ketika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, totally agree berarti 'sangat setuju'. Namun, frasa ini hanya boleh dikatakan kepada teman dan tidak boleh diucapkan pada orang yang lebih tua.

Berikut contoh kalimat dengan frasa totally agree:

  1. I totally agree with you, chocolates are delicious. (Terjemahan: Saya sangat setuju dengan anda, cokelat itu enak.)
  2. I totally agree that we shouldn't tolerate hate speech. (Terjemahan: Saya sangat setuju bahwa kita tidak boleh mentolerir ujaran kebencian.)

Believe that

Believe that
Popmama.com/Jocelyn Angelina

Frasa believe that digunakan untuk menunjukkan rasa yakin terhadap sesuatu yang benar atau merasa bahwa seseorang mengatakan hal yang sesungguhnya. Di dalam Bahasa Indonesia, believe that artinya 'meyakini bahwa' atau 'percaya bahwa'.

Contoh kalimat yang bisa menggunakan believe that:

  1. I believe that he's telling the truth. (Terjemahan: Saya percaya bahwa ia mengatakan hal yang jujur.)
  2. Most people believe that the advancement of technology will make the world better. (Terjemahan: Kebanyakan orang meyakini bahwa kemajuan teknologi akan membuat dunia semakin baik.)

Editors' Picks

In my opinion

In my opinion
Popmama.com/Jocelyn Angelina

In my opinion adalah frasa yang digunakan dalam percakapan atau tulisan untuk mengekspresikan sesuatu berdasarkan pendapat pribadi. Kalau dalam Bahasa Indonesia, in my opinion artinya 'menurut saya'.

Berikut contoh kalimat dengan in my opinion:

  1. In my opinion, the best way to express yourself is through art. (Terjemahan: Menurut saya, cara terbaik untuk mengekspresikan dirimu adalah melalui seni.)
  2. In my opinion, lipgloss is better than lipstick. (Terjemahan: Menurut saya, lipgloss itu lebih baik daripada lipstick.)

Strongly believe

Strongly believe
Popmama.com/Jocelyn Angelina

Sama seperti believe thatstrongly believe digunakan untuk menyampaikan keyakinan terhadap sesuatu. Namun, rasa yakin yang ditunjukkan dengan frasa ini lebih kuat. Ketika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, strongly believe diartikan sebagai 'sangat yakin'.

Berikut contoh kalimat yang digunakan dengan strongly believe:

  1. I strongly believe this issue will be resolved quickly. (Terjemahan: Saya sangat yakin masalah ini akan terselesaikan dengan cepat.)
  2. We strongly believe that the assignment was easy. (Terjemahan: Mereka sangat yakin kalau tugasnya mudah.)

Concerned

Concerned
Popmama.com/Jocelyn Angelina

Kata concerned di dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai 'khawatir'. Sesuai dengan artinya, concerned digunakan untuk mengekspresikan kekhawatiran atau kegelisahan terhadap suatu hal atau seseorang.

Contoh kalimat yang menggunakan concerned:

  1. I'm concerned about my favorite actor's diet schedule. (Terjemahan: Saya khawatir dengan jadwal diet aktor favorit saya.)
  2. I'm concerned about the safety of our school. (Terjemahan: Saya khawatir dengan keamanan sekolah kita.)

Strongly

Strongly
Popmama.com/Jocelyn Angelina

Yang terakhir adalah strongly yang digunakan untuk menunjukkan rasa serius terhadap sesuatu, ketika memiliki pendapat yang harus ditegaskan, atau saat ingin memberi nasihat. Ketika menyampaikan pendapat atau pikiran, kata strongly bisa diterjemahkan menjadi 'betul-betul'.

Berikut contoh kalimat yang menggunakan kata strongly:

  1. I strongly recommend you to study for the exams thoroughly. (Terjemahan: Saya betul-betul merekomendasikan anda untuk mempelajari ujian dengan sungguh-sungguh)
  2. We strongly refuse to tell the teacher about it. (Terjemahan: Kami sangat menolak untuk memberitahukan guru tentang hal itu.)

Nah, itu dia frasa atau kata yang mengekspresikan opinions and thoughts beserta contoh dan terjemahannya. Semoga informasi ini bisa membantu anak lebih memahami materinya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk