Ketahui Apa Itu Gluta, Benarkah Bisa Bikin Kulit Remaja Auto Glowing?

Jangan asal pakai, cari tahu lebih dalam dulu, yuk!

18 November 2020

Ketahui Apa Itu Gluta, Benarkah Bisa Bikin Kulit Remaja Auto Glowing
Freepik/jcomp

Memasuki usia remaja, tentunya sudah banyak perubahan yang terjadi pada anak-anak Mama, bukan? Salah satunya yang terlihat adalah mulainya perawatan yang mereka lakukan untuk mempercantik diri.

Dari banyaknya jenis produk kecantikan, yang saat ini banyak dipasarkan salah satunya adalah gluta. Pernah mendengarnya, Ma? Gluta menjadi sangat populer dan saat ini banyak digunakan dalam produk kecantikan.

Jika si Kakak mulai mencari perawatan kecantikan diri yang membuat kulitnya menjadi lebih putih dan glowing, mungkin gluta menjadi pilihan yang banyak ditawarkan disederet akun online shope yang ada.

Banyak kabar menyebutkan, gluta dapat membuat tampilan kulit jadi lebih putih lho! Nggak salah jika Mama dan si Kakak mulai tertarik dengan produk kecantikan yang menggunakan gluta ini.

Lantas, apa benar iming-iming tersebut membuat kulit menjadi lebih putih dan auto glowing?

Untuk mengetahuinya, berkut Popmama.com telah merangkum dari berbagai sumber agar anak remaja Mama dapat memahami kadungan gluta dalam produk kecantikan yang ia gunakan.

Editors' Picks

1. Apa itu gluta?

1. Apa itu gluta
Freepik/cookie_studio

Gluta disebutkan sebagai kandungan glutathione yang merupakan kombinasi dari tiga komponen asam amino (protein), yakni cysteine, glycine, dan glutamine. Tahukah Mama, bahwa sebenarnya tiga komponen ini secara alami sudah diproduksi tubuh sejak lahir.

Itulah hal utama yang perlu diketahui tentang gluta.  

Namun yang membuat gluthatione spesial pada produk kecantikan adalah kemampuannya untuk meregenerasi diri setelah menangkal radikal bebas, sehingga dapat kembali bekerja menangkal radikal bebas. 

Tak heran jika kandungan glutathione sering disebut sebagai master anti-oxidant.

2. Apa saja manfaat gluta untuk kulit

2. Apa saja manfaat gluta kulit
Beautyhealthtips.in
gunakan sun cream

Jika sebelumnya orang mengonsumsi gluta sebagai penguat imun tubuh, saat ini banyak orang memanfaatkan gluta sebagai pemutih kulit. 

Bukan tanpa alasan gluta menjadi produk pemutih kulit, ini tanpa sengaja ditemukan oleh seseorang yang mengonsumsi glutathione dalam jumlah besar dan ia merasakan adanya perubahan warna kulit menjadi lebih putih dan glowing. 

Seperti yang disebutkan oleh pakar kecantikan dermatologis, glutathione dapat memengarui produksi melanin (pigmen penentu warna kulit) dalam beberapa cara, yaitu:

  • Mengurangi aktivitas tyrosinase atau enzim yang berperan untuk memproduksi melanin.
  • Mengubah produksi eumelanin menjadi pheomelanin. Melanin eumelanin ialah yang memberikan warna hitam-cokelat, dan pheomelanin yang memberikan warna kuning-merah. Dosis besar glutathione akan membuat kulit memproduksi lebih banyak pheomelanin yang diasosiasikan dengan warna kulit lebih terang.
  • Memengaruhi melanicytotoxic, sehingga memiliki efek depigmentasi pada kulit yang kerap membuat seseorang seolah terlihat lebih putih.

Jadi sebenarnya, ketiga poin di atas merupakan manfaat glutathione untuk mengurangi melanin dan mengubah produksi melanin, sehingga tidak salah jika glutathione disebut mampu membuat kulit terlihat lebih cerah.

Tetapi bukan berarti glutathione benar-benar memutihkan ya, Ma. Sebab pada dasarnya, warna kulit asli manusia tak dapat diubah. Namun gluta sendiri memiliki manfaat lain untuk kesehatan kulit. Diantaranya:

  • Memberikan perlindugan dari radikal bebas.
  • Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.
  • Kandungan anti-oksidan dalam gluta membuat kulit lebih kuat, sehat, dan terlihat lebih glowing.

3. Sebelum menggunakan produk berbahan dasar gluta, perhatikan hal ini yuk!

3. Sebelum menggunakan produk berbahan dasar gluta, perhatikan hal ini yuk
Freepik/senivpetro

Meski memiliki segudang manfaat untuk perawatan kulit, penggunaan gluta sendiri dalam kecantikan sering disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Banyak produk kecantikan, terutama produk asal Thailand yang menawarkan glutathione dalam bentuk tablet atau kapsul untuk konsumsi oral dengan klaim dapat memutihkan kulit.

Tak jarang beberapa klinik kecantikan pun ikut menawarkan suntik glutathione dalam dosis besar untuk memutihkan kulit.

Sebagaimana peringatan kesehatan yang dikeluarkan pihak FDA Filipina, mereka mengimbau untuk menghindari produk-produk glutathione karena dikhawatirkan mengundang risiko kesehatan.

Jadi pastikan produk kecantikan yang mengandung gluta sudah benar-benar tersertifikasi aman ya, Ma.

Alih-alih menggunakan gluta sebagai produk kecantikan yang membuat kulit glowing, Mama bisa mengajak anak menggunakan skin care lain yang juga mengandung anti-oksidan tinggi sepert lipoic acid, vitamin C, atau vitamin E yang dapat meningkatkan produksi glutathione dalam tubuh.

Mama juga bisa mengajak anak untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar glutathione dalam tubuhnya seperti bawang putih, bayam, alpukat serta brokoli. 

Nah, itu dia informasi seputar gluta yang dikabarkan dapat memutihkan dan membuat kulit auto glowing. Semoga informasinya bermanfaat dan dapat diterapkan oleh anak remaja Mama yang mulai melakukan perawatan diri.

Tetap semangat dan dampingi selalu anak dalam melakukan perawatan yang sesuai untuk usia dan jenis kulitnya ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk