TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Bukti aespa Jadi Grup Kpop Gen-4 Paling Sukses, Rookie Monster!

Dijuluki Rookie Monster, ini dia bukti kesuksesan grup aespa

15 Juni 2022

7 Bukti aespa Jadi Grup Kpop Gen-4 Paling Sukses, Rookie Monster
Instagram.com/aespa_official

Bagi anak remaja mama yang mengidolakan musik populer Korea atau Kpop, nama aespa tentu sudah tak asing bagi mereka. Grup yang berada di bawah naungan SM Entertainment ini dikenal sebagai grup pendatang baru dengan popularitas mumpuni.

Bahkan, sejak awal debutnya pun aespa mendapatkan gelar ‘Rookie Monster’ karena kesuksesannya yang luar biasa sebagai grup Kpop pendatang baru.

Kesuksesan terbaru yang diraih grup beranggotakan Karina, Giselle, Winter, dan Ningning itu adalah berhasil menjual 1 juta copy mini album keduanya dalam kurun waktu satu minggu pre-order.

Tak hanya itu saja, berikut Popmama.com rangkumkan beberapa bukti lainnya yang membuat nama aespa disebut sebagai grup Kpop gen-4 paling sukses. Jadi idola banyak remaja, nih!

1. Penjualan album yang fantastis

1. Penjualan album fantastis
Twitter.com/aespa_official

Grup yang debut pada tahun 2020 itu sebentar lagi akan kembali menyapa MY (sebutan untuk penggemar aespa) dengan mini album kedua mereka bertajuk 'Girls'. Kembali membuat para Kpopers terpana, grup rookie gen-4 ini sukses mencetak rekor terbaru dengan penjualan fantastis.

"aespa's second mini-album ‘Girls’ surpassed 1 million pre-orders within a week of pre-sale! Heralded a birth of a million-seller and continuing their another-level career! (Mini album kedua Aespa 'Girls' melampaui 1 juta pre-order dalam satu minggu pre-sale! Menggembar gemborkan kelahiran satu juta penjualan dan melanjutkan karir ke level yang lebih tinggi)," tulis @aespa_official dalam Twitter resminya. 

2. Meraih penghargaan bergengsi

2. Meraih penghargaan bergengsi
Twitter.com/aespa_official

Meski debut dengan digital single, namun lagu debut mereka yang bertajuk 'Black Mamba' meraih beragam prestasi. Salah satunya adalah kemenangan pertama aespa dari program musik SBS Inkigayo, tak lama setelah mereka mempromosikan lagu tersebut.

Tak hanya itu, aespa juga kembali mengukir prestasi yang membanggakan dengan menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam Asia Artist Awards 2021, yakni Rookie of the Year, Hot Trend Award, dan Stage of the Year (daesang).

Tak sampai di situ, aespa kembali meraih penghargaan bergengsi lainnya dengan memenangkan Best Female Group dan Best New Female Artist dalam Melon Music Awards 2021. Inilah bukti lain yang menjadi kesuksesan aespa sebagai grup pendatang baru paling sukses di Kpop gen-4.

Editors' Picks

3. Jadi brand ambassador beberapa brand ternama

3. Jadi brand ambassador beberapa brand ternama
Instagram/aespa_official

Popularitas aespa di industri hiburan Korea membuat grup yang identik dengan karakter ae ini memiliki banyak tawaran job selain manggung. Mereka mendapatkan sumber pendapatan fantastis lainnya dengan bekerja sama bersama beberapa brand ternama dunia.

Bahkan, sebelum debut aespa pun telah dilirik sebagai brand internasional Givenchy, lho! Tak hanya itu, beberapa brand lain yang telah menjadikan aespa sebagai brand ambassador mereka adalah Eider, Mediheal, dan CLIO. 

4. Pendapatan individual yang fantastis

4. Pendapatan individual fantastis
Twitter.com/aespa_official

Beberapa informasi menyebutkan bahwa para artis di bawah naungan SM Entertainment hanya menerima 5 perse komisi dari hasil penjualan album mereka, 70 perse dari promosi di luar negeri, serta 40 persen dari kehadiran sebuah acara. Inilah yang menjadi total pendapatan para anggota dalam mengumpulkan harta pribadi mereka.

Mengulik lebih jauh, Korea Magz pernah menyebutkan pendapatan pribadi keempat member aespa yang begitu fantastis. Ada pun pendapatan individual Ningning diperkirakan mencapai 1,5 juta USD, lalu Winter yang memiliki pendapatan 1,2 juta USD, serta Giselle dan Karina yang masing-masing memiliki pendapatan senilai 1 juta USD.

Sebagai grup pendatang baru di industri hiburan Korea, pendapatan yang didapat oleh keempat anggota aespa ini dinilai sangat fantastis, lho!

5. Honor tertinggi untuk acara musik kampus

5. Honor tertinggi acara musik kampus
Twitter.com/aespa_official

Belum lama ini, netizen Korea tengah membicarakan honor aespa untuk acara festival musik kampus di Korea. Dikabarkan, grup dengan lagu andalan 'Black Mamba' ini bisa meraup pendapatan sebesar 50 juta won dalam satu kali pertunjukan acara musik kampus.

Bahkan, bayaran tersebut diketahui telah melampaui honor manggung grup Red Velvet dan AKMU yang hanya berkisaran 40 juta won saja. Tak hanya itu, netizen juga dikejutkan dengan honor aespa yang telah mengalahkan honor milik solois ternama PSY. Fantastis banget kan harganya?

6. Memiliki kanal YouTube tersukses

6. Memiliki kanal YouTube tersukses
Twitter.com/aespa_official

Sejak awal debutnya di penghujung tahun 2020 lalu, aespa memang dinilai berhasil menjadi grup pendatang baru yang melampaui batas kesuksesan. Bahkan, Forbes Korea pada tahun 2021 lalu telah melaporkan aespa telah meraih penghasilan terbesar hanya melalui kanal YouTube saja, lho.

Dalam laporan tersebut, kanal YouTube milik aespa berada di peringkat ke-9 dalam 15 saluran YouTube dengan penghasilan tertinggi tahun 2021. Dikabarkan pendapatan grup yang menyandang 'Rookie Monster' ini bisa mencapai 1,24 juta USD.

Hingga saat ini, aespa berhasil mendapatkan 3,75 juta subscriber yang mengikuti kanal YouTube mereka. Pendapatan yang didapatnya itu diperkirakan akan terus bertambah secara signifikan di tahun 2022 ini.

7. Giselle berdonasi hingga jutaan won

7. Giselle berdonasi hingga jutaan won
Instagram.com/aespa_official

Belum lama ini, netizen dikejutkan dengan berita yang menyebutkan salah satu member aespa yakni Giselle telah menyumbangkan 10 juta won ke organisasi yang membantu hewan terlantar dengan akun anonim.

Meski Giselle sendiri memang berlatar belakang dari keluarga kaya raya, namun fakta bahwa ia menyumbangkan uang dengan total yang tak sedikit itu cukup membuktikan bahwa aespa telah menghasilkan banyak uang setahun setelah mereka debut.

Itulah beberapa bukti kesuksesan aespa sebagai rookie Kpop gen-4 paling sukses. Tak hanya pendapatan dan penghargaan dari penjualan album, segudang pekerjaan dan kerja sama yang dilakukan tentu membuat aespa berhasil mendapat banyak sorotan dan penghasilan fantastis. Tak heran jika Karina CS ini menjadi idola banyak remaja. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk