7 Girl Grup Kpop Gen-4 yang Paling Dikenal Publik, Kesukaan Remaja!

Ada aespa hingga IVE, ini dia deretan girl grup Kpop gen-4 yang digemari remaja

16 Juni 2022

7 Girl Grup Kpop Gen-4 Paling Dikenal Publik, Kesukaan Remaja
Twitter.com/aespa_official/IVEstarship

Musik populer Korea atau Kpop memang sudah tak diragukan lagi popularitasnya. Nggak hanya kalangan orang dewasa, anak-anak dan usia remaja pun mulai mengikuti salah satu budaya pop asal negeri ginseng tersebut.

Untuk anak remaja, idol Kpop generasi keempat tentu sudah tak asing bagi mereka. Masih berusia remaja hingga dewasa awal, tak heran jika para idol gen-4 ini banyak disukai oleh anak-anak usia remaja.

Nggak hanya penampilan menawan dari idol laki-laki, sederet girl grup Kpop yang debut sepanjang tahun 2018 hingga saat ini juga sukses mencuri perhatian publik luas. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang telah meraih kesuksesan sejak awal debutnya.

Ada aespa hingga IVE, berikut ini Popmama.com rangkumkan sederet girl grup Kpop gen-4 yang terkenal dikalangan publik. Idola baru para remaja, nih!

1. (G)I-DLE

1. (G)I-DLE
Twitter.com/my_seez

Girl grup naungan Cube Entertainment yakni (G)I-DLE sudah melangsungkan debut perdana mereka sejak Mei 2018 silam. Berkat lagu debut mereka yang bertajuk 'LATATA', banyak kalangan publik yang langsung dibuat penasaran dengan grup satu ini.

Bahkan, grup yang kini beranggotakan Soyeon, Miyeon, Minnie, Yuqi, dan Shuhua berhasil meraih penghargaan program musik pertama mereka di 'The Show', tepat 20 hari setelah debut. 

Tak sampai di situ, album dan lagu debut tersebut kemudian terus meraih kesuksesan dengan beragam penghargaan sebagai artis pendatang baru di industri musik Korea. Kini, nama grup (G)I-DLE semakin dikenal kalangan publik setelah mengikuti program survival bertajuk 'Queendom'.

Bagi anak remaja mama yang mengidolakan grup Soyeon CS, kelima perempuan berbakat ini sebentar lagi akan menggelar fanmeeting perdana mereka di Jakarta, lho!

Sudah dapat tiketnya?

2. IZ*ONE

2. IZ*ONE
Twitter.com/official_izone

Di tahun yang sama, tepat pada bulan Oktober 2018, program survival 'Produce 48' kembali menghasilkan grup baru yang berisikan kesebelas perempuan muda penuh talenta. Mereka diberi nama IZ*ONE.

Meski memiliki masa aktif promosi hanya sampai April 2021 lalu, namun popularitas grup yang beranggotakan Eunbi, Sakura, Hyewon, Yena, Chaeyeon, Chaewon, Minju, Nako, Hitomi, Yuri, Yujin, dan Wonyoung itu tak diragukan lagi.

Semasa aktif bersama grup tersebut, IZ*ONE dikenal sebagai girl grup pertama yang albumnya terjual lebih dari 300 ribu copy di minggu pertama perilisan. Album tersebut bertajuk 'BLOOM*IZ'.

Meski kini sudah resmi bubar dan semua anggotanya telah memiliki karier masing-masing, namun girl grup gen-4 ini telah meraih kesuksesan dan popularitas dengan meraih banyak penghargaan bergengsi. Salah satunya mendapat julukan 'Best Rookie' di tahun 2018 bersama dengan (G)I-DLE, LOONA, dan Stray Kids.

Editors' Picks

3. ITZY

3. ITZY
Instagram/itzy.all.in.us

Tahun berikutnya yakni Februari 2019. JYP Entertainment kembali merilis girl grup terbaru mereka yakni ITZY. Sama seperti boy grup gen-4 besutan JYP yakni STRAY KIDS, ITZY pun telah meraih banyak penghargaan bergengsi tak lama setelah debutnya.

Grup yang beranggotakan Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna itu sudah membuat publik penasaran dengan title track debut perdana mereka yang bertajuk 'Dalla Dalla'. Bahkan, lagu tersebut masuk dalam salah satu lagu yang paling banyak diputar di Melon sepanjang tahun 2019.

Berkat penampilan memukau mereka saat di atas panggung, serta lagu-lagu dengan konsep penuh kepercayaan diri dan bermakna positif, tak heran jika ITZY pun pernah meraih penghargaan sebagai 'Rookie Grand Slam' beberapa saat setelah debutnya.

4. STAYC

4. STAYC
Twitter.com/STAYC_official

Di tahun 2020, para penggemar Kpop kembali dihiasi dengan warna musik baru dari girl grup baru bernama STAYC. Grup beranggotakan Sieun, Seeun, Sumin, J, Isa, dan Yoon itu memulai debut perdana mereka pada November 2020 dengan single pertama bertajuk 'Star To A Young Culture'.

Meski debut di bawah naungan agensi yang tidak sebesar agensi lainnya, namun STAYC berhasil menuai berbagai prestasi membanggakan sepanjang awal debut hingga saat ini. Bahkan, beberapa saat setelah debut pun mereka terpilih sebagai salah satu artis yang bekerja sama dengan merek ternama seperti LG Household & Health Care, Philips, LENSME, hingga.

Popularitas STAYC pun semakin dikenal publik dan berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai 'Best Rookie Artist' dan 'Digital Song Division Bonsang' dari Golden Disc Awards 2021. Album pertama yang mereka rilis bertajuk 'Young-Luv.com' pun sempat menempati peringkat pertama di Gaon Album Chart. Nggak heran jika popularitasnya hingga kini semakin banyak dikenal masyarakat umum, ya.

5. aespa

5. aespa
Instagram.com/aespa_official

Hanya terpaut 5 hari dengan STAYC, aespa yang merupakan girl grup terbaru SM Entertainment pun memulai debut perdana mereka pada bulan November 2020 dengan single debut bertajuk 'Black Mamba'.

Meski hanya melakukan debut dengan digital single, namun lagu tersebut berhasil membawa nam aespa meraih penghargaan program musik pertama dari SBS Inkigayo, tak lama setelah melakukan debut perdananya.

Memiliki konsep unik dengan mengusung ae, grup ini pun kian dikenal publik dan menjadi brand ambassador untuk berbagai merek ternama. Tak sampai di situ, grup beranggotakan Karina, Giselle, Winter, dan Ningning itu juga berhasil meraih daesang Stage of the Year di Asia Artist Awards 2021 dan Record of the Year di Melon Music Awards 2021. 

6. IVE

6. IVE
Twitter.com/IVEstarship

Setelah kontraknya resmi berakhir bersama IZ*ONE, dua member yakni Yujin dan Wonyoung kembali melakukan debut kedua mereka bersama girl grup bernama IVE. Bersama keempat member lainnya yakni Gaeul, Rei, Liz, dan Leeseo, keenam perempuan muda berbakat itu berhasil dikenal publik sejak awal debutnya.

Girl grup besutan Starship Entertainment ini mendapat julukan 'Global Super Rookie' berkat prestasi lagu-lagunya di tangga lagu lokal maupun domestik sejak debutnya. Mulai dari lagu 'Eleven' hingga yang terbaru 'Love Dive', banyak masyarakat umum semakin mengenal dan menyukai grup yang debut pada awal Desember 2021 lalu.

Seperti sederet girl grup di atas, IVE pun berhasil meraih popularitas yang memukau dengan meraih penghargaan pertama mereka di program musik hanya seminggu setelah debut perdananya rilis.

Meski usianya belum satu tahun berkarier di industri hiburan Korea, namun IVE berhasil membuktikan popularitas mereka dengan beragam prestasi.

7. Kep1er

7. Kep1er
Twitter.com/official_kep1er

Sama seperti IZ*ONE, grup Kep1er juga terbentuk dari ajang survival yakni 'Girls Planet 999'. Mereka memulai debutnya pada awal Januari 2022 lalu dengan album bertajuk 'FIRST IMPACT'.

Tak halah dikenal publik, grup yang beranggotakan Yujin, Mashiro, Xiaoting, Chaehyun, Dayeon, Hikaru, Huening Bahiyyih, Youngeun, dan Yeseo ini berhasil mencetak rekor sebagai girl grup tercepat yang meraih 2 penghargaan musik sekaligus hanya dalam waktu 12 hari setelah debut.

Tak sampai di situ, album perdana mereka juga berhasil menempati posisi pertama di Gaon Weekly Album Chart sejak saat debutnya, lho. Hal ini juga menjadi prestasi membanggakan untuk sebuah grup pendatang baru.

Semakin dikenal publik, Kep1er pun turut serta mengikuti survival yang sama dengan (G)I-DLE yakni 'Queendom' yang sangat populer dan dikenal masyarakat lokal mau pun internasional.

Itulah sederet girl grup Kpop gen-4 yang paling dikenal publik. Selain penggemar mereka, masyarakat umum pun banyak yang menyukai lagu dan juga pesona dari ketujuh girl grup di atas nih, Ma. Apakah anak remaja mama termasuk salah satunya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk