TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hobi Jadi Uang, 5 Cara Anak Mendapatkan Uang dari Main Game

Meski masih sekolah, bermain game juga bisa menghasilkan uang untuk anak lho!

22 Desember 2021

Hobi Jadi Uang, 5 Cara Anak Mendapatkan Uang dari Main Game
Pexels/RODNAE PRoduction

Masa pandemi seperti sekarang ini membuat banyak kegiatan harus dilakukan dari rumah saja. Terlalu lama berdiam diri di rumah tentu saja sering kali menimbulkan rasa bosan bagi kebanyakan orang, pun bagi anak-anak.

Sebagai cara mengatasi kebosanan, anak biasanya melampiasakannya dengan bermain game untuk dihabiskan untuk mengisi waktu luang yang ada. Saat anak mama terlalu sibuk dengan ponsel dan game yang ia mainkan, mungkin kebanyakan Mama akan merasa kesal. Bukan seperti itu?

Mulai dari mengira tidak membawa manfaat untuk anak, serta membuatnya kecanduan gadget. Padahal, bermain game tak selalu negatif kok. Anak mama bisa menghasilkan uang dan menabung dari bermain game dengan ponselnya.

Memangnya bisa? Daripada penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum lima cara anak mendapatkan uang dari bermain game. Sudah banyak anak sekolahan yang membuktikan cara ini, lho!

1. Membuat konten di Youtube atau live streaming

1. Membuat konten Youtube atau live streaming
Freepik/user18526052

Saat ini sudah banyak konten kreator yang membagikan seputar game yang tengah viral di kalangan banyak orang, termasuk pula anak remaja. Selain konten yang diunggah di Youtube, saat ini banyak gamers yang melakukan live streaming untuk membuat konten bermain untuk dinikmati para pencinta permainan serupa.

Tak sekadar membuat konten, cara seperti ini juga bisa dijadikan celah untuk menghasilkan uang lho. Nggak heran jika saat ini banyak anak remaja yang memulai menjadi konten kreator dari hobi mereka bermain game.

Sebelum melakukannya, pastikan konek internet yang anak gunakan memadai ya untuk mengunggah video maupun melakukan live streaming. Selain itu, konsisten dan percaya diri untuk memulai adalah kunci keberhasilan seorang konten kreator. Jadi tetap semangat ya!

Editors' Picks

2. Menulis konten game dalam bentuk artikel

2. Menulis konten game dalam bentuk artikel
Pexels/Tima Miroshnichenko

Jika Mama mengetahui passion anak dalam bidang tulis menulis, coba jadikan passion tersebut sebagai celah untuk menghasilkan uang yuk! Caranya adalah dengan menjadikan hobi bermain game-nya ditulis ke dalam bentuk artikel.

Sehingga para pemain lainnya bisa membaca konten game berupa tulisan yang akan anak unggah. Saat ini, ada banyak media yang menawarkan pekerja lepas untuk menulis artikel seputar game. Mulai dari tips memainkan permainan pilihan, hingga fakta menarik dari atlet e-sport yang memainkan permainan tersebut.

Anak mama tertarik untuk mencobanya?

3. Menjual akun game atau item langka di dalam game

3. Menjual akun game atau item langka dalam game
Unsplash/Screen Post

Para pencinta game tentu sudah tak asing dengan transaksi jual beli akun mau pun item langka yang banyak dicari. Cara seperti ini juga bisa dijadikan celah untuk menghasilkan uang nih, Ma.

Anak yang pandai mencari peluang biasanya akan memanfaatkan akun atau item yang ia miliki untuk dijual kepada para pemain lainnya yang membutuhkan. Terlebih jika anak memiliki kemampuan yang mumpuni dan memiliki akun serta item di dalamnya yang tak banyak orang miliki, akan menjadi nilai plus tersendiri lho!

Namun sebelum anak mama menjualnya, pastika juga untuk memerhatikan keamanan data pribadinya ya. Jangan sampai akun yang akan dijual terkoneksi dengan e-mail atau akun sosial media pribadi anak. Jadi tetap ingatkan anak untuk tetap waspada ya, Ma.

4. Menjual jasa untuk berbagai aktivitas di dalam game

4. Menjual jasa berbagai aktivitas dalam game
Unsplash/Alex Haney
Ilustrasi

Selain transaksi jaul beli akun maupun item langka dalam game, selanjutnya ada jual beli jasa untuk berbagai aktivitas dalam game. Mulai dari jasa log-in akun, jasa push rank, jasa membuka gacha dan masih banyak jasa lainnya yang bisa dimanfaatkan.

Jika anak mama memiliki kemampuan dengan berbagai aktivitas dalam game tersebut, cara ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Namun pastikan jasa yang dijual sesuai dengan permainan dibutuhkan para pemain game tersebut ya.

Memang berguna? Bagi kebanyakan gamers, cara ini bisa dijadikan jalan pintas. Misalnya saat mereka tidak memiliki waktu untuk memainkan akunnya setiap hari, maka anak mama bisa memanfaatkan jasa log-in dan memainkan game tersebut untuk mengisi waktu luangnya.

Meski hasil yang didapat tak sebesar dengan menjual akun mau pun item langka, namun menjual jasa bermain game juga lumayan banget untuk menambahkan uang jajan anak nih, Ma.

5. Mengikuti kompetisi atau turnamen game yang dimainkan

5. Mengikuti kompetisi atau turnamen game dimainkan
Unsplash/Fredrick Tendong

Saat ini, para pemain game online banyak yang memanfaatkan kompetisi atau turnamen untuk bertanding dengan kemampuan para pemain lain. Selain bertanding dan untuk seru-seruan, biasanya ajang seperti ini juga banyak menawarkan hadiah yang menarik untuk para pemenangnya.

Nah, cara inilah yang banyak dimanfaatkan anak-anak remaja bersama teman-temannya. Mereka akan mengikuti turnamen yang ada sesuai dengan game yang dimainkan untuk memenangkan hadiah yang ditawarkan.

Semakin besar turnamen yang diikuti, maka semakin besar pula kemungkinan hadiah yang bisa anak dapatkan. Misalnya saja seperti turnamen tingkat internasional dari permainan DOTA 2 dalam The International 2019 yang total hadiahnya menyentuh angka $34,3 juta atau kurang lebih Rp495 juta.

Nah, itu dia lima cara anak mendapatkan uang dari bermain game. Yuk, jadikan hobi jadi kegiatan yang lebih positif dan menghasilkan uang. Terlebih di masa pandemi yang telah menyulitkan banyak orang.

Meski menghasilkan uang untuk tambahan uang jajannya, pastikan Mama tetap memberikan pengawasan agar anak tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar dan tetap berhati-hati dalam bermain permainan online yang marak digunakan saat ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk