Kenali Apa Itu Acne Prone dan Cara Mengatasinya untuk Kulit Remaja

Jangan salah pilih produk skincare ye!

12 Oktober 2021

Kenali Apa Itu Acne Prone Cara Mengatasi Kulit Remaja
Freepik

Saat ini, banyak anak usia remaja yang mulai tertarik dengan serangkaian produk kecantikan dan perawatan kulit. Sebagai orangtua, Mama tentunya harus mengawasi mereka dalam pemilihan produk yang tepat untuk kulit remaja.

Jika salah, berbagai permasalahan kulit pun akan lebih mudah anak alami. Salah satu permasalahan yang banyak dialami anak remaja adalah kondisi acne prone.

Acne prone sendiri adalah masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri (tidak hanya hormon) dan sering dialami oleh tipe kulit sensitif. 

Kulit acne prone tak hanya dialami oleh anak remaja mama yang memiliki tipe kulit berminyak saja, anak dengan kulit kering-sensitif pun bisa mengalami acne prone, Ma. Kondisi ini pun bisa membuat penampilan anak menjadi terganggu dan membuat kehilangan percaya diri.

Ketika anak alami permasalahan kulit acne prone, Mama harus membantunya untuk segera mengatasi permasalahan tersebut. Jika dibiarkan, permasalahan kulit ini akan semakin parah ketika ia dewasa kelak.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi seputar acne prone yang bisa Mama bagikan kepada anak remaja mama di rumah. Disimak baik-baik yuk, Ma!

1. Kenali apakah kulit anak acne prone atau tidak

1. Kenali apakah kulit anak acne prone atau tidak
Pixabay/SharonMcCutcheon

Tak hanya kulit berminyak-sensitif, jenis kulit kering-sensitif sekali pun dapat memicu munculnya acne prone. Hal ini terjadi lantaran beragam faktor munculnya jerawat pada kulit wajah anak.

Ciri utama kulit acne prone yang bisa Mama kenali adalah mudah mengalami jerawat pada wajah. Anak remaja yang alami acne prone, biasanya menjadi lebih sensitif dengan kondisi kulit lainnya.

Selain ciri mudah berjerawat, ciri lain yang menjadi penyebab acne prone pada remaja biasanya kulit mudah terasa gatal sehingga memicu kulit lebih mudah kemerahan. 

Anak dengan kulit acne prone juga biasanya mengalami pengelupasan kulit, hal ini karena penggunaan skincare yang mengandung zat-zat tertentu dan dapat mengiritasi kulit. Itulah mengapa dibutuhkan penanganan atau perawatan yang tepat guna mengatasi permasalahan kulit satu ini.

Editors' Picks

2. Perawatan untuk kulit acne prone

2. Perawatan kulit acne prone
Unsplash/Enecta Cannabies Extracts

Untuk membantu anak mengatasi permasalahan acne prone pada kulit wajahnya, Mama bisa memberi tahu anak untuk menghindari hal-hal yang merusak lapisan kulitnya. 

Hal-hal tersebut diantaranya mencuci wajah terlalu keras, membersihkan wajah dengan air panas, menggosok, scrub, dan sabun yang mengandung detergen. Untuk itu, pintar-pintarlah dalam melihat kandungan dari skincare yang terdapat dalam produk yang akan akan gunakan.

3. Hindari kandungan skincare berikut ini

3. Hindari kandungan skincare berikut ini
Freepik

Sebagai seseorang yang memiliki kulit sensitif dan acne prone, biasanya mereka akan lebih mudah memberikan reaksi buruk terhadap produk kecantikan yang digunakan.

Jika anak remaja mama ingin menggunakan serangkaian produk skincare sebagai perawatan kulitnya, yuk beri tahu untuk hindari kandungan-kandungan berikut ini yang dapat memicu acne prone. Diantaranya:

  1. Kandungan berminyak. Hal ini karena minyak memiliki sifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori serta menimbulkan jerawat. 
  2. Silikon. Hindari produk perawatan dan kecantikan berbahan silikon yang dapat membuat kulit acne prone dehidrasi serta menyumbat pori-pori.
  3. Sodium Chloride. Biasanya digunakan pada produk foundation sebagai pengental. Namun sayangnya, kandungan ini perlu dihindari karena mudah menyebabkan kulit sensitif berjerawat.
  4. Petrochemicals. Kandungan satu ini dapat memicu pore clogging pada pemilik kulit acne prone yang mengakibatkan kulit menjadi breakout.
  5. Fragrances atau wewangian. Banyak sekali produk perawatan kulit yang menambahkan wewangian, namun sayangnya para pemilik kulit acne prone harus menghindarinya, Ma. Sebab produk dengan wewangian dapat menyebabkan kulit teriritasi serta menjadi kering yang pada akhirnya memicu breakout pada kulit acne prone.

4. Tips merawat kulit acne prone pada remaja

4. Tips merawat kulit acne prone remaja
Healthline.com

Meski struktur kulit dan elastisitas kulit remaja masih terjaga, namun tak jarang mereka mengalami permasalahan kulit acne prone, Ma. Hal ini karena beberapa faktor seperti peningkatan hormon dalam tubuhnya.

Untuk itu, untuk merawat kulit acne prone yang dialami oleh anak remaja mama, yuk ketahui tips-tips merawat wajah berikut ini:

  1. Cuci wajah secara maksimal. Cuci muka juga perlu diperhatikan bagi kulit acne prone, Ma. Jika anak remaja mama mengalami masalah kulit ini, sebaiknya menggunakan face wash yang bersifat gentle dan tidak membuat kulit terasa tertarik. Biasanya disarankan menggunakan yang berbentuk gel, krim, atau foam dengan kandungan aktif seperti salicylic acid. Bersihkan wajah secara rutin maksimal dua kali sehari.

  2. Pastikan kulit tetap lembap. Meski sering terjadi pada kulit berminyak, namun kelembapan kulit pun tetap harus dijaga, Ma. Gunakanlah produk moisturizer yang tepat dengan kandungan yang bersifat melembapkan dan menenangkan, seperti hyaluronic acid, ceramide, aloe vera, dan glycerin. Selain itu, gunakan moisturizer dengan label non-comedogenic, hypoallergenic, dan oil free ya!

  3. Gunakan selalu sun protection. Ketika anak remaja mama alami acne prone, maka kulitnya menjadi lebih sensitif terhadap radiasi sinar UVA/UVB dan paparan zat berbahaya lainnya. Untuk itu, saat pagi hari biasakan gunakan sunscreen. Mama bisa memberikan anak jenis mineral sunscreen dengan kandungan oil free dan non-comedogenic yang aman untuk kulit acne prone.

  4. Gunakan skincare yang tepat untuk meredakan jerawat. Beberapa kandungan produk yang bisa diplih ialah salicylic acid yang memiliki sifat anti inflamasi untuk meredakan peradangan atau benzoil perokside untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang ada pada kulit. Jika jerawat semakin banyak, lakukan eksfoliasi menggunakan produk dengan kandungan AHA/BHA konsentrasi yang rendah. Bisa juga menggunakan produk dengan kandungan niacinamide untuk meredakan inflamasi sekaligus memudarkan bekas jerawat.

  5. Rutin menggunakan face mask. Anak remaja biasanya lebih banyak memiliki kegiatan di luar rumah, hal ini membutuhkan perawatan pembersihan wajah yang ekstra guna menghindari penumpukan kotoran dan bakteri. Selain melakukan double celansing, gunakan juga face mask yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan memberikan nutrisi tambahan pada kulit. Pada kulit acne prone, biasanya disarankan memilih jenis clay mask karena memiliki kandungan yang dapat mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori dengan baik.

Itu tadi serba serbi seputar mengenali dan cara mengatasi acne prone pada kulit remaja. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anak remaja mama mengatasi permasalahan acne prone yang dialaminya ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.