5 Rekomendasi Jenis Bra untuk Remaja Perempuan yang Baru Puber

Anak Mama baru puber? Yuk cari tahu jenis bra yang tepat untuknya

30 Juni 2020

5 Rekomendasi Jenis Bra Remaja Perempuan Baru Puber
Freepik/yanalya

Memasuki masa pubertas, anak perempuan Mama mungkin akan alami banyak perubahan pada tubuhnya. Salah satu yang tampak jelas adalah perubahan payudara yang mulai tumbuh.

Saat payudaranya mulai berkembang, nantinya akan muncul sebagai tonjolan kecil, keras, dan mungkin lunak di bawah puting, yang disebut “tunas payudara”. Biasanya jika sudah begini, banyak orangtua akan mengajarkan putri mereka untuk mengenakan miniset sebagai latihan awal sebelum memakai bra.

Namun, jika tunas payudara mulai menonjol dari balik baju dan membuatnya tidak nyaman dalam menjalankan kegiatan hariannya, mungkin sudah saatnya ia mengganti penggunaan miniset dengan bra.

Ada banyak jenis bra yang bisa dipilih untuk perempuan, namun untuk ukuran remaja putri yang baru alami pubertas tentu Mama harus mengetahui terlebih dahulu jenis dan ukuran yang pas untuknya.

Berikut Popmama.com rekomendasikan 5 jenis bra yang cocok untuk remaja putri yang baru saja puber. Pilih yang sesuai dan nyaman digunakan ya!

1. Training bra

1. Training bra
Amazon.com

Training bra atau lebih dikenal miniset biasanya digunakan bagi anak remaja perempuan yang baru saja alami masa pubertas. Saat ia mulai tidak nyaman dengan perubahan payudaranya, biasanya Mama akan mengajarkan anak menggunakan ini sebelum bra yang seperti orang dewasa kenakan.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah ada banyak jenis miniset yang menawarkan penggunaan busa tipis di dalamnya kok, Ma. Sehingga anak perempuan Mama akan lebih nyaman saat menggunakannya sehari-hari.

Editors' Picks

2. Convertible bra

2. Convertible bra
Amazon.com

Mencari bra yang cocok untuk daily wear bagi pemula? Mama bisa banget memberikan bra jenis ini pada anak perempuan Mama yang baru akan memulai kenakan bra.

Convertible bra memiliki tali yang bisa anak atur sesuai dengan kenyamanannya. Tali bra ini juga bisa diganti sesuai kebutuhan anak Mama lho! Mulai dari plastik, renda, dan manik-manik yang cantik.

Nggak cuma sepatu saja yang bisa disamakan dengan pakaian yang akan digunakan, bra jenis ini juga bisa anak sesuaikan dengan pakaian yang akan ia pakai. 

3. T-shirt bra

3. T-shirt bra
Shopjustice.com

Saat di rumah saja seperti sekarang ini, biasanya anak akan lebih sering mengenakan kaos untuk pakaian sehari-harinya. Sesuai dengan namanya, bra jenis ini cocok digunakan saat anak mengenakan kaos.

Sebab bra ini memang didesain untuk menjadi penyanggah payudaranya saat memakai kaos. Saat anak menggunakan kaos dan t-shirt bra, maka putingnya yang mulai tumbuh itu tidak akan terlihat karena busa yang ada di dalamnya.

4. Bandeau bra

4. Bandeau bra
Shopjustice.com

Kebanyakan perempuan biasanya akan melepas bra yang digunakan ketika ingin tidur. Namun bagi anak remaja yang baru saja mengalami perubahan, mungkin akan aneh jika tidak mengenakan bra.

Untuk itu, Mama bisa berikan putri Mama bandeau bra yang nyaman dipakai saat tidur karena tanpa tali dan kawat. Bra jenis ini didesain hanya kain dengan cup yang dililitkan di sekitar payudara. Sehingga akan tetap nyaman dan tidak mengganggu pernapasan putri Mama saat tidur.

5. Sport bra

5. Sport bra
Next.co,uk

Sesuai dengan namanya, bra ini didesain untuk memudahkan penggunanya saat berolahraga. Kita sering kali melihat perempuan yang berolahraga hanya dengan mengenakan bra yang mirip seperti miniset, padahal itu yang disebut sport bra lho!

Jika putri Mama adalah seorang yang gemar berolahraga atau memiliki kegiatan berat lainnya, sport bra ini dapat membantunya nyaman menggerakan tubuh tanpa perlu takut cup bra meninggalkan payudaranya.

Ada banyak jenis sport bra, namun rata-rata berbentuk seperti miniset yang siap pakai tanpa perlu pengait di belakangnya sehingga lebih fleksibel dan membuat putri Mama lebih bebas bergerak.

Itulah beberapa jenis bra yang wajib diketahui anak remaja perempuan. Meski ada banyak jenis bra yang biasa digunakan perempuan, kelima jenis bra di atas dirasa paling tepat sebagai awal pemakaian. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.