TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Fakta Ms. Marvel yang Menginspirasi Remaja, Suarakan Nilai Keberagaman

Petualangan remaja perempuan berusia 16 tahun beragama muslim yang mendapat kekuatan besar!

6 Juni 2022

Fakta Ms. Marvel Menginspirasi Remaja, Suarakan Nilai Keberagaman
Dok. Marvel Studios

Karakter superhero besutan Marvel Cinematic Universe (MCU) seperti Captain America, Iron Man, Spider-Man hingga Hulk mungkin sudah tidak asing. Seiring tumbuh besar studio tersebut, kini beragam karakter dari komik-komiknya terdahulu satu per satu difilmkan.

Salah satu yang terbaru adalah Ms. Marvel. Yup, ia adalah karakter superhero terbaru yang serialnya akan tayang di Disney+ besutan dari produser Kevin Feige dkk.

Selasa (15/03/22) trailer serial 'Ms. Marvel' trailernya pertama kali diperlihatkan kepada publik. Salah satu yang menjadi sorotan adalah karena karakter MS. Marvel yang masih remaja dan perempuan muslim.

Dalam wawancara dengan para cast serial ini, memang salah satu nilai yang digagas dalam film tersebut adalah inklusifitas. Dalam hal ini mengajarkan kepada anak dan remaja penggemar Marvel soal perbedaan budaya dan agama di dunia yang kaya.

Berikut Popmama.com rangkum fakta MS. Marvel yang menginspirasi remaja soal keberagaman.

1. Superhero perempuan dan muslim, karakter baru dan unik dari MCU

1. Superhero perempuan muslim, karakter baru unik dari MCU
Dok. Marvel Studios

Karakter Ms. Marvel menjadi superhero yang dialih wahana oleh studio ini dan punya keunikan. Ms. Marvel di mana dalah serial ini bernama asli Kamala Khan adalah remaja perempuan berusia 16 tahun.

Tak hanya itu, Kamala diceritakan beragama muslim yang merupakan minoritas di Amerika Serikat. 

Dari ide ini saja film ini sudah menunjukkan nilai bahwa menjadi superhero itu tak hanya orang Amerika Serikat yang berkulit putih. Pasalnya semua orang bisa menjadi pahlawan yang baik.

"Cerita dalam Ms. Marvel ini akan mengubah banyak perspektif dari banyak orang di dunia. Terutama untuk anak-anak perempuan yang bisa melihat contoh dari Ms. Marvel," tutur Sana Amanat, produser sekaligus penulis dari serial 'Ms. Marvel' pada acara Global Virtual Press Conference 'Ms. Marvel', Sabtu (3/6/2022).

Editors' Picks

2. Nilai keberagaman yang nyata, menjadi pahlawan bisa dari kalangan mana saja

2. Nilai keberagaman nyata, menjadi pahlawan bisa dari kalangan mana saja
Dok. Marvel Studios

Senada dengan Sana Amanat, Iman Vellani yang berperan sebagai Kamala Khan atau Ms. Marvel mengatakan begitu jatuh cinta dengan karakternya sendiri. Dalam serial ini menunjukkan bagaimana keberagaman itu diajarkan dan ditujukkan secara meluas.

Remaja dan anak-anak akan punya perspektif atau gambaran baru soal superhero. Pahlawan bisa berasal dari kalangan mana saja. Definisi seorang pahlawan pun tak hanya punya kekuatan besar, tetapi kuatnya rasa ingin menolong sesama. Di mana sebenarnya sudah ada dalam diri setiap manusia.

"Saya banyak belajar dari mereka semua yang ada di sini. Termasuk karakter Ms. Marvel sendiri. Saya jatuh cinta dengan karakter Kamala dan dunianya yang berwarna," pungkasnya.

3. Hal yang spesial dari Ms. Marvel sebagai inspirasi remaja

3. Hal spesial dari Ms. Marvel sebagai inspirasi remaja
Dok. Marvel Studios

Diceritakan, karakter Kamala sendiri merupakan sosok superhero beragama Islam. Ia berasal dari keluarga muslim imigran yang tinggal di Amerika Serikat.

Kehidupan sehari-hari Kamala sebagai seorang muslim, seperti salat serta acara yang kental dengan budaya keluarganya diperlihatkan oleh MCU. Kevin Feige, eksekutif produser dari serial 'Ms. Marvel' mengatakan bahwa karakter Kamala Khan ini adalah ikon baru yang ditunjukkan kepada dunia. 

"Kamala Khan adalah salah satu karakter kami yang paling banyak bisa dekat dengan penonton. Dia hanya seorang anak yang normal tanpa sengaja didorong untuk petualangan yang akan membawanya ke tempat-tempat menarik. Di mana dia menemukan kebenaran tentang masa lalu dan keluarganya," tutur Kevin dalam kesempatan yang sama.

Ia menyebutkan Marvel mempersiapkan eksplorasi yang detail untuk 'Ms. Marvel'. Mulai dari budaya hingga agama di mana Islam ditunjukkan.

"Ini adalah perjalanan baru bagi penggemar Marvel di seluruh dunia," imbuhnya. 

4. Berlatar belakang keluarga muslim, karakter Kamala Khan layak ditunggu

4. Berlatar belakang keluarga muslim, karakter Kamala Khan layak ditunggu
Dok. Marvel Studios

Karena keunikan budaya dan perspektif yang dibawa, 'Ms. Marvel' pun menjadi karya besutan MCU yang ditunggu. Hal itu diungkapkan oleh Bilall Fallah, salah satu  sutradara dan executive producer dalam serial ini.

"Saya dibesarkan di keluarga Muslim, dan ada begitu banyak karakter yang benar-benar berhubungan dengan kehidupan saya sendiri. Ms. Marvel bukan hanya pahlawan super biasa, ia membawa nilai yang jauh lebih besar," tuturnya.

Sementara itu Meera Menon, salah satu sutradara di serial ini juga secara pribadi begitu senang. Pasalnya ia mengerjakan karya yang bisa menginspirasi banyak remaja di dunia.

"Ini membuat saya sangat bangga menjadi bagian dari sesuatu yang saya tahu anak-anak yang tumbuh akan melihat diri mereka sendiri (seperti Ms. Marvel) dan mudah-mudahan menginspirasi mereka untuk melakukan hal-hal besar seperti Ms. Marvel," pungkasnya.

Itulah tadi fakta mengenai fakta MS. Marvel yang menginspirasi remaja soal keberagaman. Serial 'Ms. Marvel' bisa mulai ditonton di Disney+ mulai 8 Juni 2022.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk