5 Gaya Parenting Dian Sastrowardoyo, dari Gadget hingga Aturan Khusus

Dian juga berusaha mendidik sang Anak disiplin dan bertanggung jawab sejak kecil!

24 Mei 2022

5 Gaya Parenting Dian Sastrowardoyo, dari Gadget hingga Aturan Khusus
Instagram.com/therealdisastr

Dian Sastrowardoyo dikenal sebagai aktris yang beberapa kali membicarakan soal parenting. Selain berprestasi di dunia akting tetapi tetap punya gaya dan caranya sendiri untuk mendidik anak.

Ini yang menjadikan pemeran Aruna di film 'Aruna dan Lidahnya' ini termasuk selebriti dengan gaya parenting yang inspiratif. Dilihat dari beberapa kali uggahan yang dibagikan, Dian tampaknya cukup tegas untuk mendididik si Kecil.

Seperti apa gaya parenting Dian Sastrowardoyo kepada anak-anaknya? Berikut Popmama.com rangkum selengkapnya.

1. Berusaha menjadi 'teman baik' untuk anak

1. Berusaha menjadi 'teman baik' anak
Instagram.com/therealdisastr

Mama dua anak ini memang masih aktif di dunia hiburan meskipun tak sesibuk dulu. Salah satu alasannya karena ia memang ingin lebih fokus mengurus anak-anak di rumah.

Pemilik nama lengkap Diandra Paramitha Sastrowardoyo selalu berusaha meluangkan waktu lebih untuk anak-anaknya. Meski dirinya sedang sibuk syuting pun aktris ini tetap bisa menemani Shailendra dan Ishana. 

Dari beberapa wawancara yang dilakukannya, Dian mengungkapkan kerap menanyakan pengalaman kedua buah hatinya di sekolah masing-masing. Ini melatih anak untuk bisa tidak sungkan bercerita berbagai hal kepadanya.

Dian berusaha menempatkan dirinya sebagai 'teman' sang Anak di keseharian si Kecil. Tentunya ini menjadi salah satu cara mendekatkan diri ibu secara emosional kepada sang Anak.

Editors' Picks

2. Batasi penggunaan gadget di rumah

2. Batasi penggunaan gadget rumah
Instagram.com/therealdisastr

Anak pertama Dian Sastro lahir di tahun 2011 lalu. Itu artinya ia masuk dalam generasi Alpha atau Gen Alpha yang native dengan gadget sejak lahir.

Meski begitu Dian berusaha membatasi penggunaan berbagai gadget di rumahnya. Ia pun memutuskan untuk memberi jeda bermain gadget pada anak-anaknya yang saat ini berusia 11 dan 9 tahun.

Misalnya dengan cara membelikan mainan yang dapat dimainkan bersama-sama. Lalu, Dian juga mendorong kedua anaknya bisa bermain bersama karena bisa melatih kemampuan bersosialisasi yang sangat baik untuk proses perkembangan psikomotorik.

Dian lebih ingin anak-anaknya merasakan banyak pengalaman bermain secara nyata. Sehingga penggunaan gadget ini begitu diawasi ketat olehnya.

3. Melatih anak tanggung jawab dan disiplin sejak kecil

3. Melatih anak tanggung jawab disiplin sejak kecil
Instagram.com/therealdisastr

Dari kecil, Dian berpegang teguh untuk konsisten dengan hal-hal dan peraturan tertentu agar sang Anak tidak kebingungan. Jadi harus ada peraturan yang jelas untuk beberapa hal yang bisa dilakukan anaknya.

Namun, tentu saja soal peraturan ini Dian banyak mendiskusikannya dengan sang Anak. Sehingga yang terjalin adalah rasa saling percaya dan tanggung jawab dengan peraturan yang sudah ada.

Dian Sastro juga tampaknya turut melatih buah hatinya untuk tidak manja. Contohnya saat anaknya tak sengaja terjatuh, aktris kelahiran 1982 ini lebih memilih menasihati anaknya untuk lebih berhati-hati. Bukan menyalahkan anak atau benda yang membuat si Kecil terjatuh. 

Dengan metode ini bisa membantu pola pikir bahwa hidup di dunia memiliki aturan yang harus ditaati. Dan tentunya berani menerima risiko ketika salah, hasilnya mental anak akan terbentuk dengan sendirinya soal tanggung jawab dan rasa tidak mudah menyerah.

4. Turun langsung menemani proses belajar

4. Turun langsung menemani proses belajar
Instagram.com/therealdisastr

Setiap orangtua pasti punya ekspektasi tertentu yang bisa dicapai sang Anak. Dian Sastro mungkin punya, tetapi ia memilih untuk bisa membersamai anak-anaknya dalam proses mencapai hal-hal yang mereka inginkan.

Hasil bukanlah hal yang penting jika proses yang dilalui anaknya tidak menyenangkan dan bahagia. Oleh karenanya ia ingin turut mendampingi perkembangan putra dan putrinya semasa sekolah.

Dian terlihat sering mendampingi sang Anak untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Peran orangtua mendampingi anak ketika belajar membuat mereka merasa termotivasi dengan adanya dukungan secara emosional.

5. Punya peraturan khusus saat anak sudah mulai bersekolah

5. Pu peraturan khusus saat anak sudah mulai bersekolah
Instagram.com/therealdisastr

Terbaru, Dian Sastro membagikan peraturan khusus saat anak-anaknya mulai kembali bersekolah. Pada 12 Mei 2022 kemarin, musim sekolah sudah kembali menuju normal meski masih dalam masa pandemi.

Dian punya peraturan khusus si Kecil saat memasuki musim sekolah. Beberapa diantaranya adalah penggunaan gadget untuk belajar hanya boleh membuka tab khusus saja.

Saat sekolah, Dian hanya memperbolehkan anaknya membuka Google Classroom, Google Meet dan Gmail dan pekerjaan rumah online yang berkaitan dengan sekolah saja. 

"No Youtube, even after school (Ayah can see the time you watch) (Tidak ada Youtube bahkan setelah sekolah, Papa akan bisa melihat waktu kalian menonton)," tutur Dian di unggahan InstaStory-nya.

Dian Sastro juga menyebutkan, kalau sang Anak merasa bosan lebih baik membaca buku atau menggambar sesuatu di kertas. Ia dan suaminya juga sepakat agar anak-anaknya tidak memegang dan bermain gadget selama kelas berlangsung.

"Must follow the rules from Ayah dan always focus! (harus mengikuti peraturan dari papa dan selalu fokus!)," tulis dian di bagian akhir kertas peraturan tersebut.

Gaya parenting Dian Sastrowardotyo ini bisa ditiru untuk mama yang cukup struggle dengan peraturan di rumah. Dian punya peraturan khusus dari soal gadget hingga saat anak sekolah online nih!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk