3 Produk Makeup Khusus untuk Anak Beserta Tips Mengaplikasikannya

Jangan sampai salah pilih hingga membuat kulit wajah anak mama rusak!

15 Maret 2019

3 Produk Makeup Khusus Anak Beserta Tips Mengaplikasikannya
boldsky.com

Tren makeup pada anak-anak semakin banyak dijumpai. Banyaknya Mama muda yang suka berdandan ternyata juga berimbas pada putri mereka yang beranjak dewasa.

Melihat banyaknya anak-anak perempuan khususnya usia remaja SD, yakni 10-12 tahun yang sudah suka memakai makeup, maka munculah produsen makeup yang meluncurkan seri kosmetik khusus untuk anak-anak.

Nah, agar tidak salah pilih, berikut Popmama.com telah merangkum beberapan produk makeup yang aman digunakan oleh anak-anak beserta cara mengaplikasikannya dengan tepat.

1. Produk makeup untuk anak-anak

1. Produk makeup anak-anak
Freepik

Produk makeup untuk anak-anak memang tidak banyak. Namun jangan khawatir, masih ada beberapa produk kosmetik untuk anak yang dapat Mama temukan di pasaran maupun online shop kok.

Berikut diantaranya:

  • Luna Organics

Dilatarbelakangi oleh kekhawatiran dua orang Mama ketika mencarikan makeup yang sesuai untuk anak-anaknya, mereka memutuskan memproduksi sendiri makeup yang dkhususkan utuk anak-anak.

Tentu saja makeup anak ini menggunakan bahan-bahan dasar yang natural, non-toxic, tidak menyebabkan alergi dan sudah disetujui oleh badan FDA yang berpusat di Amerika.

Dari sini, lahirlah makeup khusus untuk anak-anak yang diberi nama Luna Organics. Jadi, untuk anak perempuan Mama yang hobi berdandan, maka Luna Organics lah jawabannya.

Produk yang dihasilkan juga terbilang lengkap lho, mulai dari bedak foundation, blush on, eyeshadow, lip balm, makeup remover sampai dengan kuas makeup juga tersedia.

Harga yang dibanderol untuk makeup anak Luna Organics ini adalah Rp 310.000 - Rp 385.000.

  • Amara Make Up

Nah, klo makeup anak yang satu ini dijamin bikin semua anak langsung suka.

Selain packaging-nya yang menarik, isinya juga lengkap, mulai dari eyeshadow 12 shade, blush on 2 shade, lipstik pink, eye liner hitam, lip brush, blush brush dan eyeshadow.

Kemasannya berupa plastik berbentuk hati dengan warna pink serta terdapat gambar fairy princess di bagian depannya.

Di belakang kemasan kardus, ada penjelasan bahwa Amara Makeup diproduksi di Fuqing Jianing Cosmetics Co Ltd, Fujian - China, namun didistribusikan oleh PT Gloria Origita Cosmetics - Indonesia.

Kisaran harga di online shop antara Rp 135.000 - Rp 150.000 satu paketnya.

  • Princess Cosmetic For Kids

Cosmetic For Kids ini aman digunakan untuk anak-anak karena memang dikhususkan untuk anak-anak.

Jadi, kalau kebetulan Mama memiliki anak kecil perempuan yang hobi berdandan bisa lho memberi kado makeup anak yang dikemas lucu dan menarik ini.

Dalam satu kemasannya terdapat blush on, eye shadow, lipstik, lipgloss, kutek, kuas dan sudah dilengkapi dengan kaca.

Sekali lihat kemasannya, anak-anak pasti suka deh!

Editors' Picks

2. Bahan berbahaya yang harus diwaspadai

2. Bahan berbahaya harus diwaspadai
Pixabay/Asmallpea

Produk makeup biasanya mengandung bahan-bahan kimia dalam formulanya. Nah, beberapa bahan kimia ini dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit orang dewasa yang sensitif.

Jika orang dewasa saja bisa terkena reaksinya, apalagi kulit anak kecil yang cenderung lebih sensitif. Oleh sebab itu, Mama harus memerhatikan kandungan bahan kimia dalam produk makeup yang akan digunakan oleh anak.

Produk makeup khusus anak pun harus tetap diperiksa karena tetap memiliki kemungkinan mengandung bahan berbahaya.

Berikut kandungan berbahaya yang harus dihindari:

  • Arsenik

Bahan ini kerap ditemukan di produk-produk face paint. Jika terkena kulit dalam dosis besar dapat menimbulkan reaksi penolakan hingga risiko kanker.

  • Paraben

Bahan ini cukup umum digunakan dalam produk makeup. Namun ada potensi bisa menganggu sistem hormon dan imunitas tubuh.

  • Volatile organic compounds (VOLs)

Sering ditemukan di produk-produk makeup seperti lip balm dan lip gloss. Zat ini memiliki sifat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

  • Fragrance

Kandungan parfum atau pewangi banyak ditemukan dalam produk makeup khusus anak. Bahan ini dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.

3. Hal yang harus diperhatikan saat mengaplikasikan makeup pada anak

3. Hal harus diperhatikan saat mengaplikasikan makeup anak
Freepik/Kireyonok_Yuliya

Jika Mama ingin mengizinkan anak mama bermain-main dengan makeup atau harus merias anak untuk keperluan tertentu, pastikan Mama melakukan langkah di bawah ini sebagai bentuk antisipasi dari risiko iritasi:

  • Belilah produk yang aman

Produk makeup dengan label “natural” dan “organik” belum tentu sepenuhnya aman, jadi tetap periksa lagi bahan yang terkandung di dalamnya. Pilihlah produk dengan bahan yang lebih sedikit dan tidak mengandung bahan berbahaya.

  • Hindari makeup tebal

Aplikasikan makeup tipis-tipis saja agar pori-pori kulit anak tidak tersumbat dan memastikan kulit tetap bisa bernapas.

  • Perawatan kulit yang benar

Anak kecil tentu belum membutuhkan berbagai macam produk skin care. Namun, pastikan Mama membantunya membersihkan makeup dengan benar menggunakan pembersih wajah dan sabun khusus wajah.

  • Tetap waspada iritasi

Jika terjadi reaksi ringan pada kulit seperti muncul kemerahan, hentikan penggunaan produk makeup pada anak. Jika reaksi yang muncul cukup parah seperti gatal-gatal dan bengkak, segera konsultasi dengan dokter.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai produk makeup untuk anak beserta tips khusus sebelum mengaplikasikannya.

Setelah membacanya, kini Mama tak ragu lagi, kan untuk memberikan makeup ke anak?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;