5 Profesi Unik yang Perlu Direkomendasikan ke Anak Generasi Alpha

Percaya akan adanya 5 profesi ini di masa depan?

1 Desember 2018

5 Profesi Unik Perlu Direkomendasikan ke Anak Generasi Alpha
Unsplash/bethany legg

Setelah kehadiran generasi Millennial yang telah banyak membawa perubahan pada dunia, maka lahirlah lagi generasi baru yang disebut sebagai Generasi Alpha (2010-2020). 

Penamaan ini dibuat berdasarkan alfabet Yunani, dan sesuai alfabet, Alpha dipilih karena generasi yang lahir sebelumnya telah menggunakan nama Generasi Z (1998-2010). 

Istilah ini dikampanyekan oleh peneliti sosial Mark MCrindle, yang menyebut bahwa 2,5 juta anak generasi Alpha lahir di dunia setiap minggunya.

Ciri utama anak generasi Alpha adalah kedekatan mereka dengan teknologi. Bagi anak Alpha, gadget sudah menjadi bagian dari hidup mereka sepenuhnya. 

Mereka tumbuh dengan iPad di tangan, tidak bisa hidup tanpa smartphone, dan mampu mengoperasikan gadget hanya dengan mengenali tombol-tombolnya. 

Perubahan teknologis yang masif ini membuat anak Alpha menjadi generasi paling transformatif, begitu menurut McCrindle.

Mengetahui hal tersebut, maka pekerjaan di masa mendatang pun tidak akan sama seperti orangtua terdahulu. Bisa saja, 10 hingga 15 tahun mendatang beberapa pekerjaan di bawah ini akan menjadi tren dan dapat menghasilkan banyak pundi-pundi untuk anak mama.

Kira-kira pekerjaan macam apa yang cocok untuk direkomendasikan bagi anak-anak generasi Alpha?

Dilansir dari reed.co.uk, berikut Popmama.com telah merangkum 5 jenis pekerjaan tersebut.

1. Petani atau peternak vertikal

1. Petani atau peternak vertikal
Unsplash/ Agence Producteurs Locaux Damien Kühn

Para ahli memprediksi populasi dunia akan meningkat menjadi sekitar 9,1 miliar pada 2050. Hal tersebut akan membuat ruang terbuka menjadi lebih sedikit.

Maka dari itu, diprediksi peternakan akan mulai bermunculan di atas atap dan teras, bahkan di dalam gedung yang dibangun dengan gedung pencakar langit. 

Mengetahui prediksi tersebut, maka Mama bisa merekomendasikan anak mama untuk belajar mengenai agrikultur dan peternakan.

Kedua bidang tersebut sebenarnya merupakan pondasi utama manusia untuk dapat tetap bertahan hidup.

Kalau tidak ada petani dan peternak, dari mana kita bisa hidup?

2. Penasihat atau Psikolog

2. Penasihat atau Psikolog
Unsplash/thought catalog

Di tahun mendatang, teknologi medis juga akan maju dengan kecepatan yang mencengangkan.

Dengan segala tekananhidup di era mendatang yang semakin menantang, maka setiap orang pasti membutuhkan penasihat pribadi atau psikolog untuk mengatasi masalah mereka atau setidaknya menjadi pendengar yang baik.

Semakin sedikitnya individu yang bersikap "masa bodoh" terhadap teman atau keluarga juga dapat membuat seseorang sulit untuk menceritakan masalah yang terjadi pada dirinya.

Nah, saat itulah peran penasihat pribadi atau psikolog dibutuhkan.

Editors' Picks

3. Pengelola data digital

3. Pengelola data digital
Unsplash/goran ivos

Saat kita melangkah lebih jauh ke masa depan, maka seluruh koleksi film, musik, dan buku semuanya akan disimpan dengan mudah secara digital. 

Terdengar sangat rapi dan teratur, bukan?

Tidak!

Di kehidupan masa kini saja kita seringkali kehabisan memori akibat pengelolaan data digital yang kurang baik, maka bayangkan saja di masa depan di mana orang-orang akan memiliki ratusan ribu e-mail untuk disortir setiap minggunya, dan data-data lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, maka dibutuhkanlah pengelola data digital yang berfungsi untuk menghentikan kekacauan drive data sekaligus memantau potensi ancaman virus pada data-data digital.

Terdengar sangat membantu, bukan?

4. Teknisi robot

4. Teknisi robot
Unsplash/andy kelly

Kini teknologi sudah sangat sulit dilepaskan dari kehidupan setiap orang. Handphone atau laptop yang biasa kita gunakan pun sudah bisa dikatakan sebagai robot. 

Pada hakikatnya, robot berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan manusia, sama seperti handphone dan laptop yang kini kita gunakan. 

Bisa bayangkan bagaimana perkembangan robot di masa mendatang?

Pastinya akan sangat mendominasi.

Maka dari itu profesi sebagai teknisi robot merupakan profesi yang menjanjikan untuk anak-anak mama di masa depan.

5. Pilot luar angkasa

5. Pilot luar angkasa
Unsplash/nasa

Pekerjaan yang satu ini memang sangat jarang ditemukan, khususnya di Indonesia. Namun bukan berarti pekerjaan sebagai pilot luar angkasa tidak menjanjikan lho.

Kini perjalanan ke luar kota dan ke luar negeri merupakan hal yang lumrah, orang-orang di masa depan lebih tertarik dengan hal-hal yang lebih gila.

Penerbangan ke luar angkasa merupakan salah satu tujuan pariwisata yang mungkin saja banyak dilakukan oleh beberapa orang.

Jangankan masa depan, masa kini pun sudah banyak orang yang melakukan perjalanan ruang angkasa bersama salah satu maskapai penerbangan asal Britania Raya, yakni Virginia Group. 

Nah, itulah 5 pekerjaan unik yang perlu direkomendasikan ke anak-anak generasi Alpha.

Kira-kira mana pekerjaan yang paling membuat si Kecil tertarik untuk mempelajarinya?