Begini 5 Cara Efektif untuk Membangun Harga Diri Anak

Menurunnya harga diri anak pasti membuat Mama sedih. Inilah cara membangun harga diri anak

21 Januari 2020

Begini 5 Cara Efektif Membangun Harga Diri Anak
freepik.com

Harga diri adalah pandangan keseluruhan dari individu tentang dirinya sendiri. Harga diri merupakan kemampuan seseorang untuk menilai dirinya sendiri, apakah dia cukup mampu, cukup berharga atau tidak dalam menyelesaikan masalah-masalah di kehidupannya. Selayaknya orang dewasa, anak-anak juga memiliki harga diri. Harga diri pada anak sangat tergantung dari apa yang dia dengar tentang dirinya dari orang lain.

Ketika orang lain mengatakan hal-hal buruk kepada anak, maka anak akan merasa dirinya rendah. Sementara jika orang lain mengatakan hal positif seperti memuji dan memberi kritikan membangun, maka anak akan memiliki harga diri yang tinggi. Disini Popmama.com akan menelaah bersama Mama seputar cara membangun harga diri anak dengan lebih dalam.

1. Mengajarkan anak tentang pentingnya punya harga diri

1. Mengajarkan anak tentang penting pu harga diri
www.pixabay.com

Harga diri sangat penting bagi semua orang. Harga diri juga berhubungan dengan martabat dan kehormatan seseorang. Dengan memiliki harga diri yang tinggi maka seseorang:

  • Tidak akan dikucilkan,
  • dihormati orang lain,
  • disegani orang lain,
  • dihargai pendapatnya oleh orang lain,
  • dijadikan sumber bertanya, karena terpercaya.

Dengan memiliki kesadaran akan harga diri, anak mama bisa menjaga martabat dan harga dirinya dengan sebaik-baiknya. 

Editors' Picks

2. Menghargai diri anak sejak ia masih sangat kecil

2. Menghargai diri anak sejak ia masih sangat kecil

Ketika anak baru lahir, anak sudah mempunyai harga diri. Bayi mulai mempunyai harga diri begitu mereka dilahirkan dan kebutuhan dasar mereka seperti diberi makan, digantikan popoknya dan dimandikan terpenuhi. 

Jika orangtua memperlakukan anak dengan baik sejak anak baru dilahirkan, anak pasti akan memiliki harga diri yang baik karena anak merasa dihargai. Akan tetapi bila anak tidak diperlakukan dengan baik oleh orangtuanya, maka anak akan memiliki harga diri yang rendah karena anak merasa tidak dihargai. 

3. Memberi penjelasan bahwa harga diri harus dijaga

3. Memberi penjelasan bahwa harga diri harus dijaga
Freepik/tirachardz

Menurut Branden (1987) seorang psikoterapis dan penulis terkenal karena karyanya dalam psikologi harga diri, kemampuan internal seseorang dalam hubungan dengan harga diri, memiliki dua komponen yaitu perasaan seseorang akan kompetensi, rasa berkemampuan, dan perasaan berharga dan bermakna. Jadi, harga diri merupakan sejumlah kepercayaan diri dan rasa berharga secara implisit dalam kemampuan seseorang untuk melaksanakan, menanggulangi dan mengatasi tantangan kehidupan.

Harga diri berkaitan erat dengan kepercayaan diri seorang anak. Jika seorang anak dihina maka harga dirinya akan rendah dan otomatis kepercayaan diri anak tersebut akan menurun. Sementara jika anak dipuji dan dihargai maka harga diri seorang anak akan meningkat dan anak akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

4. Mendorong anak mengethaui cara membangun harga dirinya

4. Mendorong anak mengethaui cara membangun harga dirinya
Freepik/bearfotos

Inilah 5 cara membangun harga diri anak:

  1. Dorong anak-anak mama untuk bermain dengan hal-hal baru - biarkan mereka menjelajah dan mengeksplor hal baru. 
  2. Berikan anak-anak mama kesempatan untuk melakukan sesuatu sendiri - mencapai kesuksesan dalam suatu tugas sangat penting untuk membangun harga diri.
  3. Luangkan waktu mama untuk mengajarkan anak hal-hal baru - ajarkan anak bagaimana mengikat tali sepatu, cara mencuci piring plastik, cara menyapu, cara membersihkan tempat tidur, dll.
  4. Biarkan anak membantu mama ketika melakukan kegiatan - anak-anak kecil suka membantu orang tua mereka. Jadi biarkan anak membantu mama di dapur saat mama memasak. 
  5. Tertawa pada lelucon yang anak katakan pada mama - melihat respon positif dari mama akan lelucon yang anak buat, akan meningkatkan harga diri pada anak.

Apakah mama sudah paham cara membangun harga diri anak menjadi lebih baik? Yuk ma, mulai terapkan dari sekarang cara-cara tersebut. Agar anak memiliki harga diri yang tinggi sehingga ia tidak merasa kurang percaya diri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.