Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Daftar Pemain Timnas Korea Selatan 2022 Beserta Pencapaiannya

Timnas Korea Selatan siap tampil dengan kekuatan penuh guna mencetak sejarah baru

28 November 2022

Daftar Pemain Timnas Korea Selatan 2022 Beserta Pencapaiannya
Instagram/rlaeodnjs_05

Telah lama berpartisipasi di kompetisi sepak bola, Korea Selatan tentu menjadi salah satu negara yang tidak mau ketinggalan dalam pertandingan Piala Dunia 2022. Tidak tanggung-tanggung, negeri gingseng ini bahkan menjadi salah satu dari enam negara yang mewakili Asia untuk Piala Dunia 2022, meski tergabung dalam Grup H bersama Portugal, Ghana, dan Uruguay.

Berbagai kemenangan sepak bola pun telah berhasil diraih Korea Selatan. Salah satunya adalah finish di peringkat keempat pada Piala Dunia 2022 ketika menjadi tuan rumah bersama Jepang.

Piala Dunia 2022 sendiri telah berlangsung sejak 20 November dan akan berakhir pada 18 Desember 2022. Digelar di Qatar, Piala Dunia ini diikuti oleh 32 tim yang terbagi ke dalam delapan grup.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Korea Selatan dan apa saja prestasi yang telah diraih oleh tim berjuluk Taeguk Warriors ini?

Kali ini, Popmama.com akan membahas mengenai daftar pemain Timnas Korea Selatan2022 beserta pencapaiannya. Yuk, disimak agar pengetahuanmu bertambah!

1. Hasil akhir Korea Selatan VS Uruguay di Piala Dunia 2022

1. Hasil akhir Korea Selatan VS Uruguay Piala Dunia 2022
Twitter/MuhamadLufti2

Pertandingan antara Korea Selatan melawan Uruguay di Piala Dunia 2022 berakhir imbang tanpa gol. Pertandingan tersebut digelar secara langsung di Education City Stadium, Doha, pada Kamis (24/11/2022) malam.

Kedua tim  sama-sama kesulitan mencari celah di pertahanan lawan. Karena itu, penampilan dari kedua negara tersebut dinilai cukup sengit.
Di menit-menit awal, Korea Selatan mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, setelah 15 menit keadaan berbalik. Uruguay mulai bisa memberikan tekanan.

Namun sayang, di menit ke-22 Darwin Nunez membuang sebuah peluang emas. Nunez yang seharusnya tinggal melakukan sontekan, justru gagal menjangkau bola karena sebuah crossing matang dari kanan di depan gawang Korea Selatan.

Kemudian, Korea Selatan menyerang dengan Son Heung Min yang melewati penjagaan Jose Martin Caceres di sisi kiri sebelum melepaskan tembakan kaki kanan melengkung. Sayangnya, bola masih bisa dipotong pemain Uruguay, hingga terjadilah serangan balik.

Pada menit ke-34, muncul peluang emas baru dari serangan Korea Selatan. Peluang tersebut tercipta dari Hwang Ui Jo yang mendapat umpan datar matang dari sayap kanan. Namun, lagi-lagi bola melambung dari target.

Uruguay akhirnya mendapat kesempatan membalikkan keadaan di menit ke-43.

Diego Godin sukses menanduk bola ke tiang jauh dari sepak pojok sisi kiri gawang. Sayang seribu sayang, bola hanya sampai membentur tiang saja.

Sebenarnya, Korea Selatan telah melakukan 7 tembakan, tetapi tidak ada satupun yang berhasil mengarah ke target. Sementara Uruguay, melepaskan 10 tendangan dengan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Hingga pertandingan berakhir, skor imbang 0-0 tetap bertahan. Hasil 0-0 tersebut menjadi skor keempat dalam laga Piala Dunia 2022.

Meski demikan, Korea Selatan maupun Uruguay masih memiliki kesempatan membawa pulang piala. Keduanya dijadwalkan menjalani pertandingan putaran kedua penyisihan Grup H pada Senin (28/11/2022) pukul 20.00 WIB. 

Korea Selatan akan bermain lebih awal menghadapi Ghana di Stadion Education City,  sedangkan Uruguay bertemu Portugal di Lusail.

Editors' Picks

2. Profil Son Heung Min, striker andalan Timnas Korea Selatan

2. Profil Son Heung Min, striker andalan Timnas Korea Selatan
Instagram/hm_son7

Bagi pecinta bola pasti tahu siapa bintang andalan Timnas Korea Selatan, Song Heung Min. Striker jebolan klub Liga Utama Inggris Tottenham Hotspur ini sudah memainkan 104 laga dan menyumbang 35 gol. Tidak heran jika Song Heung Min menjadi kapten sekaligus tumpuan Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Song Heung Min sendiri lahir pada 8 Juli 1997 di Chuncheon, Provinsi Gangwon.

Top skor Korea Selatan ini bahkan dinilai tidak memiliki kekurangan. Tidak hanya cepat dan kuat, Song Heung Min juga sangat mahir mencari ruang tembak, lho.

Dijuluki sebagai bintang penyerang terbaik, Son Heung Min nekat untuk turut berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022. Sebelumnya, ia mengalami cedera berupa retak rongga mata saat berlaga membela Tottenham Hotspur di Liga Champions awal November 2022 lalu.

Namun, tim medis telah menyatakan bahwa operasi cederanya berlangsung sukses. Son akhirnya diizinkan untuk membela Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2022 dengan syarat memakai topeng pelindung wajah saat bertanding. Hal tersebut dilakukan demi menstabilkan patah tulang di sekitar mata kirinya.

Son Heung Min sendiri mengatakan kalau sudah berlatih dengan memakai topeng sebelum bergabung dengan timnas dan ia pun sudah menggunakan waktu pemulihan pasca operasi sebaik mungkin guna bersiap menghadapi Piala Dunia 2022. 

Saat pertandingan berlangsung, Son sempat menciptakan peluang. Ia melakukan tendangan spekulasi jarak jauh, meski akhirnya bola melenceng di sisi gawang Uruguay.

3. Daftar pemain Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022 di Qatar

3. Daftar pemain Timnas Korea Selatan Piala Dunia 2022 Qatar
Instagram/footballer._.fangpage

Sama seperti tim dari negara lainnya, Korea Selatan juga telah mempersiapkan pemain terbaik untuk memperkuat performa tim. Paulo Bento selaku pelatih Timnas Korea Selatan pun telah memiliki strategi permainan yang matang.

Taeguk Warriors sendiri memiliki lima pemain kunci guna membawa pulang Piala Dunia 2022, di antaranya adalah Son Heung Min (striker), Hwang Ui Jo (striker), Kim Min Jae (belakang), Hwang In Beom (tengah), dan Jung Woo Young (tengah).

Adapun daftar gelandang Timnas Korsel besutan Paulo Bento, yakni:

  • Kiper: Kim Seung Gyu (Al Shabab), Jo Hyeon Woo (Ulsan Hyundai), dan Song Bum Keun (Jeonbuk Motors).
  • Belakang: Kim Jin Su (Jeonbuk Motors), Hong Chul (Daegu FC), Kim Moon Hwan (Jeonbuk Motors), Yoon Jong Gyu (FC Seoul), Kim Young Gwon (Ulsan Hyundai), Kim Tae Hwan (Ulsan Hyundai), Kwon Kyung Won (Gamba Osaka), dan Cho Yu min (Daejon Citizen).
  • Tengah: Na Sang Ho (FC Seoul), Paik Seung Ho (Jeonbuk Motors), Son Jun Ho (Shandong Taishan), Song Min Kyu (Jeonbuk Motors), Kwon Chang Hoon (Gimcheon Sangmu), Son Heung Min (Tottenham Hotspur), Lee Jae Sung (Mainz), Hwang Hee Chan (Wolverhampton Wanderers), Jeong Woo Yeong (Freiburg), dan Lee Kang In (Real Mallorca).
  • Depan: Cho Gue Sung (Jeonbuk Motors)

4. Prestasi yang berhasil diraih Timnas Korea Selatan

4. Prestasi berhasil diraih Timnas Korea Selatan
www.skysports.com

Meski belum pernah meraih menjuarai Piala Dunia, Timnas Korsel telah rutin bermain di Piala Dunia sejak 1986 setelah sempat absen lama. Kemudian pada tahun 1986, negeri gingseng ini secara aktif dan berturut-turut selalu lolos kualifikasi Piala Dunia.

Secara historis, Korea Selatan pertama kali tampil di Piala Dunia terjadi pada tahun 1954.  Mereka sudah berpartisipasi di kompetisi sepak bola sebanyak 10 kali. Hal tersebut dinilai hebat untuk tim sekelas Asia.

Nah, berikut ini adalah prestasi yang berhasil diraih oleh Timnas Korsel selama mengikuti ajang Piala Dunia.

1. Piala Dunia 2002

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Piala Dunia 2002 merupakan ajang Piala Dunia yang paling bersejarah. Sebab, pertama kalinya Korea Selatan berhasil membuat kejutan dengan melaju hingga babak semifinal Piala Dunia 2002 yang digelar di Asia dengan Jepang dan Korea Selatan sebagai tuan rumah.

Berbeda dengan Jepang yang tersisih di babak 16 besar, Korea Selatan mampu meraih kesuksesan hingga menempati peringkat keempat setelah kalah melawan Turki. Hal tersebut merupakan prestasi terbaik di Piala Dunia bagi Korea Selatan dan negara Asia secara keseluruhan.

2. Piala Dunia 2006

Pada pertandingan berikutnya di tahun 2006, Korea Selatan kembali meraih prestasi gemilang. Taeguk Warriors berhasil lolos ke Piala Dunia 2006 yang digelar di Jerman. 

Kala itu, Korea Selatan sempat kesulitan mengulang prestasi 4 tahun sebelumnya karena kalah bersaing dengan Swiss dan Prancis. Padahal, Korea Selatan hampir lolos ke babak berikutnya dengan 4 poin dalam 2 laga awal. Namun sayang, gelandang Korea Selatan gagal karena kalah dari Swiss dan disalip Prancis yang menang atas Togo.

Meski demikian, negeri yang sering dijadikan negara favorit para K-Popers ini tetap menjadi negara yang mewakili negara Asia dengan prestasi terbaik di Piala Dunia 2006.

3. Piala Dunia 2010

Empat tahun kemudian, tepatnya di Piala Dunia 2010, Korea Selatan lagi-lagi berhasil lolos dari fase grup. Tim dari negeri gingseng ini menduduki posisi sebagai runner-up Grup B menemani Argentina dengan koleksi 4 poin hasil menang atas Yunani dan bermain imbang dengan Nigeria.

Korea Selatan bertemu dengan Uruguay yang menjuarai Grup A di babak 16 besar. Meski sempat memberi perlawanan, Korea Selatan hanya mampu meraih skor 1-2. Poin tersebut pun didapat lantaran gol Luis Suarez di 10 menit terakhir. 

Bagaimanapun, Timnas Korea Selatan telah mampu memperbaiki prestasi pada Piala Dunia 2006. Sebab, di Piala Dunia 2010 ini Korea Selatan berhasil lolos fase grup dan mencapai babak 16 besar.

4. Piala Dunia 2014

Siapa pun tahu bahwa Piala Dunia 2014 merupakan pertandingan terburuk yang paling bersejarah bagi negara-negara Asia sejak Piala Dunia 1990. Sebab, tidak ada negara Asia yang meraih kemenangan pada Piala Dunia 2014. 

Akan tetapi, Korea Selatan kembali mencetak prestasi gemilang dan menjadi negara terbaik dalam Asia. Hal tersebut dikarenakan Korea Selatan mampu menahan imbang Rusia pada fase grup, meski pada akhirnya Korea Selatan tidak lolos fase grup karena kalah melawan Aljazair dan Belgia.

5. Piala Dunia 2018

Meski kembali tersingkir di fase grup, Korea Selatan sempat meraih satu kemenangan. Timnas Korea Selatan mampu mengalahkan sang juara bertahan, yakni Jerman, dengan skor 2-0.

Sayangnya, Swedia juga menang atas Meksiko sehingga peluang Korea Selatan pun pupus. Meski demikian, Korea Selatan tetap dinilai sukses karena telah mengalahkan dan memulangkan Jerman sebagai juru kunci grup.

Nah, itulah daftar pemain Timnas Korea Selatan 2022 beserta pencapaiannya yang gemilang dan sangat membanggakan. Semoga Korea Selatan dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk