4 Surat Alquran Penenang Hati dan Pikiran Setelah Ujian, Ajarkan Anak

Baca surat Alquran ini agar hati dan pikiran tenang setelah ujian

21 September 2021

4 Surat Alquran Penenang Hati Pikiran Setelah Ujian, Ajarkan Anak
Unsplash/bangyulian

Tabah dan ikhlas merupakan hal yang bisa kita lakukan saat menghadapi setiap ujian, lalu berserah diri kepada Allah SWT setelahnya.

Apabila anak mama merasa tidak tenang dan tertekan, bahkan setelah menghadapi ujian, ada baiknya anak mama memperbanyak doa kepada Allah SWT agar lebih ditabahkan dan ikhlaskan hatinya. Karena, hanya Allah SWT yang dapat menghendaki segala kuasanya, termasuk urusan mengobati kegelisahan setiap manusia.

Selain memperbanyak doa, anak mama juga bisa membaca surat-surat Alquran.

Alquran merupakan pedoman yang paling mulia untuk manusia, terutama bagi mereka yang beragama Islam. Ada banyak petunjuk yang terkandung di dalam Alquran, termasuk surat penenang hati dan pikiran bagi seseorang yang merasa gelisah.

Sebagaimana yang disampaikan dalam firman Allah SWT berikut ini.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلۡقُرۡءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٞ وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارٗا

Artinya: "Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS Al Isra: 82)

Dari banyaknya jumlah surat dan ayat yang terdapat dalam Alquran, beberapa di antaranya bisa dibaca sebagai penenang hati dan pikiran setelah ujian sebagai penawarnya. Untuk itu, Popmama.com akan merangkumnya untuk anak mama dan Mama. Disimak ya!

1. Al Fatihah penenang hati yang paling mujarab

1. Al Fatihah penenang hati paling mujarab
Unsplash/26_ms

Surat Al Fatihah merupakan surat pembuka dari Alquran. Al Fatihah juga menjadi salah satu surat yang memiliki keistimewaan sebagai penenang hati yang paling mujarab. Keistimewaan lainnya, Al Fatihah selalu dibaca dalam setiap rakaat salat, baik salat fardu, salat sunah, hingga salat wajib. Apabila melakukan salah wajib sebanyak 5 kali dalam sehari, setidaknya Mama telah membaca Al Fatihah sebanyak 17 kali.

Rasulullah SAW bersabda: "Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surat yang setara dengan surat Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Alquran." (HR Bukhari dan Muslim)

Untuk itu, sebagai penenang hati dan pikiran anak mama dan Mama bisa membaca Al Fatihah sebanyak 7 kali dengan perlahan dan sungguh-sungguh. Insyaallah, Allah SWT akan membantu menghilangkan segala kegundahan dan kegelisahan hati, sehingga hati dan pikiran Mama menjadi lebih tenang.

Editors' Picks

2. An Nas penuntun menuju perlindungan

2. An Nas penuntun menuju perlindungan
Pixabay/hmzasefaa-7327670

Surat An Nas disebut sebagai al mu’awwidzatain bersama dengan surat Al Falaq karena keduanya dapat menuntun umat Muslim menuju tempat perlindungan. Surat An Nas termasuk golongan surat pendek yang sering dibaca saat salat. Selain dapat menuntun umat menuju perlindungan, An Nas juga dapat membebaskan manusia dari kemunafikan.

Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada sesuatu yang bisa melindungi seorang mukmin melebihi ketiga surat ini (An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas). Ketika seorang mukmin berlindung kepada Allah SWT dan membaca An Nas, Allah SWT akan melindungi dan membentenginya dari berbagai keburukan penyakit."

3. Al Falaq sebagai penyembuh dan penghindar kedengkian

3. Al Falaq sebagai penyembuh penghindar kedengkian
Pixabay/afshad-2652320

Salah satu keutamaan surat Al Falaq adalah bermanfaat sebagai penyembuhan dan menghindari kedengkian.

Berdasarkan dari hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A bahwa “Rasulullah SAW apabila sakit, maka beliau akan membacakan untuk dirinya sendiri al-mu’awwiddzaat (surat-surat pelindung, salah satunya Al Falaq) dan meniupkan pada tubuhnya. Namun, sakit itu payah sehingga menyulitkan Rasulullah SAW, maka aku (Aisyah) yang membacakan untuk Rasulullah SAW dan kuusap ke badan beliau berharap keberkahan firman Allah SWT itu.”

4. Al Ikhlas untuk menyembuhkan semua penyakit

4. Al Ikhlas menyembuhkan semua penyakit
Pexels/mraqieb-1348301

Al Ikhlas memiliki posisi istimewa karena membaca surat ini setara dengan membaca sepertiga Alquran. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW, surat Al Ikhlas mengandung makna tentang sifat tauhid Allah SWT yang tidak ada pada ayat lainnya. Surat Al Ikhlas dianggap sangat penting untuk menyembuhkan semua penyakit.

5. Amalan untuk membuat hati dan pikiran menjadi tenang

5. Amalan membuat hati pikiran menjadi tenang
Pexels/ibnulharezmi

Selain membaca surat penenang hati dan pikiran, anak mama dan Mama bisa melakukan amalan agar hati dan pikiran menjadi tenang seperti berikut ini.

  1. Bersabar
  2. Selalu bersyukur
  3. Melaksanakan salat Tahajud
  4. Perbanyak istigfar dan dzikir
  5. Senantiasa mengingat Allah SWT

Semoga 4 surat Alquran penenang hati dan pikiran setelah ujian ini dapat bermanfaat untuk Mama dan keluarga sebagai penawar rasa gelisah dan segala penyakit hati.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.