Patuhi PPKM, Inilah 6 Aktivitas agar Anak Tak Bosan Selama di Rumah

Beragam kegiatan rumah dapat menjadi sangat menyenangkan lho.

21 Juli 2021

Patuhi PPKM, Inilah 6 Aktivitas agar Anak Tak Bosan Selama Rumah
Freepik/Serhii_bobyk

Akhir-akhir ini bahaya pandemi Covid-19 kembali meningkat sehingga peraturan pembatasan PPKM kembali ditetapkan. Batasi aktivitas di luar ya, Ma. Jika tidak ada hal yang penting tetaplah tinggal di rumah. Ajak juga si Anak untuk melakukan hal yang sama. 

Bagi anak-anak, berada di rumah selama ini mungkin akan menjadi sangat membosankan. Mereka yang biasanya dapat bermain ke luar rumah bersama teman-temannya, kini terpaksa menahan keinginan tersebut. 

Rasa cepat bosan ini sebenarnya dapat terjadi pada anak-anak. Ini dapat disebabkan oleh keterbatasan mereka dalam melihat sekelilingnya. Apalagi ketika berada di rumah.

Anak mama umumnya hanya akan menghabiskan waktu melakukan kegiatan yang sama. Entah itu bermain smartphone ataupun mainan kesukaannya. Suasana rumah yang jarang berubah mungkin juga menjadi penyebab lainnya. 

Sebenarnya mengatasi bosan dapat menjadi cara anak berpikir kreatif. Ketika diadapkan dengan rasa bosan dan jenuh selama di rumah, Mama dan Papa dapat memberikan mereka sejumlah ide kegiatan menyenangkan yang dapat menjadi jawaban rasa bosan mereka.

Tidak menemukan kegiatan yang menyenangkan? Popmama.com akan memberikanmu rekomendasi 5 kegiatan anti bosan yang dapat anak mama lakukan selama masa PPKM di rumah. 

1. Melakukan hal-hal seputar seni

1. Melakukan hal-hal seputar seni
Freepik

Apakah anak-anak mama memiliki jiwa seni di dalam diri mereka? Seperti suka menggambar, berkreasi dengan warna, ataupun bercerita. Melakukan hal-hal berbau seni dapat menjadi salah satu bentuk kegiatan menyenangkan selama masa PPKM ini. 

Ada beragam hal seputar dunia seni yang dapat anak mama lakukan, mulai dari melukis, belajar bermain alat musik, belajar berperan dengan memakai kostum, atau bahkan sekedar mengarang dan membuat cerita. 

Coba Mama luangkan waktu dan ajak anak melakukan salah satu kegiatan ini, pilihlah dari apa yang mereka sukai. Contohnya seperti mengajaknya mencoba melukis paint by numbers bagi anak-anak yang suka dengan seni rupa. Paint by numbers memudahkan anak membuat karya lukisan dengan membuatnya berdasarkan warna yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Selain menghilangkan rasa bosan, kegiatan satu ini juga dapat menjadi cara mengasah keterampilan si Anak. Termasuk mengasah tingkat imajinasi dan kreativitas mereka lho, Ma!

2. Mendekor ruangan atau kamar

2. Mendekor ruangan atau kamar
Freepik/dit26978

Berada di rumah dengan suasana dan kondisi yang sama-sama saja tentu membuat anak mudah merasa jenuh dan bosan. Rasanya sepanjang mata memandang tidak ada pemandangan baru yang menyejukkan. 

Mereka dapat mengatasi hal ini dengan mendekor kamar atau ruangan di rumah. Anak mama tidak perlu mengubah letak atau posisi benda-benda berat di ruangan tersebut. Itu akan sangat menguras tenaga dan repot untuk dilakukan, bukan?

Cukup menambahkan pernak-pernik atau ornamen di ruangan seperti hiasan yang dibuat sendiri menggunakan kertas, meletakkan tanaman kecil, atau juga menyusun lampu dan pajangan dengan cara yang berbeda. 

Jika anak-anak mama suka membuat gambar, mereka juga dapat membuat poster dan menempelnya di dinding kamar mereka sebagai salah satu perhiasan dekor yang menarik. 

Editors' Picks

3. Membuat DIY

3. Membuat DIY
Homedesigns99.com

Anak-anak mama pernah mencoba membuat kerajinan tangan DIY tidak? Atau jangan-jangan mereka menyukainya?

Ini dapat menjadi salah satu kegiatan bermanfaat dan anti bosan yang dapat anak-anak lakukan selama berada di rumah. Si Anak tidak perlu membuat kerajinan yang sulit atau rumit, mereka dapat mulai membuatnya secara sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. 

Seperti membuat tempat pensil berbahan botol plastik bekas dan dihias menggunakan kain flanel, benang wol, dan pernak-pernik lainnya. Anak-anak juga dapat membuat hiasan bunga dari bahan-bahan bekas yang tidak terpakai. Menyenangkan bukan?

4. Bermain boardgame

4. Bermain boardgame
Tokopedia/tjokrosolution

Bermain merupakan salah satu kegiatan menyenangkan selama berada di rumah. Jika umumnya anak menghabiskan waktu bermain permainan di smartphone-nya, bagaimana jika kali ini mereka memainkan permainan yang berbeda, yaitu boardgame. 

Permainan boardgame dapat menjadi cara menyenangkan menghabiskan waktu. Beragam varian permainan ini juga dapat membantu anak mengasah kecerdasan membuat strategi dan fokusnya selama bermain. 

Permainan ini juga dapat menghindari anak dari kecanduan bermain gawai yang berlebihan dan tentu dapat merusak mata mereka, Di samping itu, boardgame juga merupakan media belajar yang menyenangkan. Mulai dari belajar menghitung poin, ketangkasan, membaca, dan lain sebagainya. 

Ada banyak sekali pilihan boardgame yang dapat menjadi pilihan anak mama, mulai dari permainan boardgame umum seperti monopoli dan scrabble, hingga permainan kartu yang tak kalah menyenangkan seperti Uno. 

5. Berwisata secara virtual

5. Berwisata secara virtual
Freepik/Miksturaproduction

Pembatasan yang ditetapkan membuat kita tidak bisa lagi pergi keluar, apalagi mengunjungi tempat-tempat wisata. Kondisinya mirip seperti tahun lalu dimana semua masih dibatasi dengan sangat ketat. 

Tapi siapa bilang anak-anak tidak dapat mengunjungi ke tempat-tempat wisata. Mereka masih dapat berkunjung ke sana lho, bahkan mengunjungi tempat-tempat wisata yang jauh seperti di luar negeri. Tentunya ini dilakukan secara virtual. 

Berkunjung ke museum atau tempat wisata secara virtual tentu dapat menjadi cara menyenangkan mendapatkan suasana yang baru dan berbeda. Ini juga dapat sarana bagi si Anak belajar dan memperoleh banyak sekali informasi juga pengetahuan bermanfaat. 

Anak-anak dapat mengunjungi link berikut untuk mengikuti wisata virtual musem di luar negeri:

Ataupun link berikut untuk mengikuti wisata virtual di Indonesia:

6. Melakukan eksperimen sains sederhana

6. Melakukan eksperimen sains sederhana
Freepik/freepik

Kegiatan belajar tetap perlu dilakukan meski berada di rumah saja. Namun perlu diingat, sebaiknya Mama membuat aktivitas ini menjadi menyenangkan agar anak tidak bosan melakukannya. Contohnya dengan melakukan eksperimen sains sederhana. 

Eksprerimen sederhana di rumah dapat menjadi kegiatan anti bosan yang tentu membantu anak mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru seputar dunianya. 

Mama sebaiknya tidak membayangkan eksperimen yang sulit dan membutuhkan banyak bahan-bahan yang sulit ditemukan. Ada sejumlah percobaan sederhana yang mudah untuk dilakukan sebagaimana yang dilansir dari indyschild.com. 

Seperti membuat lava lamp di rumah, mempelajari fase bulan menggunakan oreo, ataupun membuat tulang daun. Kegiatan ini tentu menyenangkan untuk dilakukan selama berada di rumah. 

Ingat ya Ma, untuk merangsang keinginan mereka mengatasi rasa bosan, Mama dan Papa perlu memberikan dorongan dan memberikan ide agar anak-anak bersemangat untuk melakukan hal-hal baru.   

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.