9 Jenis Olahraga yang Dapat Menjadi Hobi Baru bagi Anak

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika dijadikan sebagai hobi

15 April 2021

9 Jenis Olahraga Dapat Menjadi Hobi Baru bagi Anak
clondalkinleisure.com

Olahraga merupakan salah satu kegiatan dengan beragam manfaat yang dapat dilakukan oleh anak-anak. Selain memberikan manfaat kesehatan, olahraga juga dapat melatih kemampuan berpikir dan meningkatkan rasa kepercayaan diri. 

Melihat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga, tidak ada salahnya jika si Anak menyukai kegiatan ini. Apalagi jika anak-anak sampai menjadikannya hobi untuk mengisi waktu-waktu luang mereka. 

Mungkin ada banyak anak yang menjadikan olahraga umum seperti; sepak bola, voli, basket, futsal, bulu tangkis, tenis, dan jogging sebagai hobi mereka. Ternyata selain olahraga umum tersebut, ada banyak olahraga lainnya yang perlu anak mama coba dan mungkin dijadikan hobi baru yang menyenangkan. 

Olahraga seperti berkuda atau ice skating rasanya kurang populer di sini. Meskipun begitu, pilihan olahraga ini ternyata juga menarik lho dilakukan oleh anak mama sebagai hobi baru mereka.

Apalagi beberapa olahraga ini akan memberikan kesan baru yang tidak akan membuat anak merasa jenuh. 

Selain kedua olahraga tersebut, Popmama.com masih punya beberapa rekomendasi olahraga untuk anak yang bisa jadi hobi bagi anak mama. Coba lihat deh, kira-kira apa saja ya?

1. Bersepeda

1. Bersepeda
Freepik/Torwaiphoto

Mengendarai sepeda sambil menghirup udara segar di pagi hari, rasanya sungguh menyegarkan. Tidak heran jika olahraga ini memiliki banyak peminat, bahkan bertambah di masa pandemi. 

Selain hanya sekedar olahraga, bersepeda dapat menjadi salah satu hobi menyehatkan bagi anak. Bersepeda dapat meningkatkan kemampuan motorik mereka, sekaligus melatih fokus dan keseimbangannya. Anak-anak juga dapat meningkatkan relasi mereka dengan orangtua melalui kegiatan yang satu ini. 

Anak-anak dapat melakukan hobi bersepeda ini dengan rutin di akhir pekan bersama keluarga. Tidak perlu jauh-jauh, bersepeda di sekeliling kompleks atau area rumah dapat menjadi hiburan yang menyegarkan pikiran. 

Oh ya agar lebih aman, jangan lupa untuk selalu meminta anak untuk memakai helm ketika bersepeda. Bawalah pula air mineral yang cukup agar kebutuhan air dalam tubuhnya tetap terjaga. 

2. Berenang

2. Berenang
independent.co.uk

Umumnya banyak sekali anak-anak yang suka bermain air. Tidak heran ini membuat banyak anak yang menyukai olahraga berenang. Kalau begitu, kenapa tidak menjadikan aktivitas menyenangkan ini menjadi sebuah hobi?

Berenang tidak hanya menyegarkan tubuh dan pikiran, kegiatan ini juga ternyata membantu meningkatkan fungsi jantung dan melatih pernapasan. Ini juga menjadi salah satu cara menyenangkan untuk membakar kalori dan meningkatkan tinggi anak. 

Menjadikan berenang sebagai hobi merupakan hal yang baik. Mengingat karena tempatnya di dalam air, ini mengurangi kemungkinan anak cidera atau terluka. Hobi olahraga ini pun dapat dilatih dan dikembangkan. Khususnya ketika anak mama termotivasi untuk mengikuti lomba berenang. 

Berenang memang tidak berbahaya, namun ada hal yang perlu Mama dan anak perhatikan, semisal: menggunakan baju renang yang pas dan nyaman, melakukan pemanasan terlebih dahulu, serta tidak berenang di tempat yang lebih dalam sebelum anak mampu berenang dengan baik. 

3. Gymnastic

3. Gymnastic
Freepik/Prostooleh

Mungkin Mama beranggapan jika olahraga ini terlalu berbahaya dan hanya cocok untuk profesional saja. Sebenarnya itu kurang tepat, anak-anak dapat menjadikannya olahraga ini salah satu hobi lho, tentunya di bawah bimbingan pelatih yang tepat.

Gymnastic merupakan salah satu hobi olahraga yang dapat membantu si Anak memperoleh tubuh yang lentur, seimbang, dan kuat. Tidak hanya itu, gymnastic juga mendukung pertumbuhan otot, postur tubuh anak yang baik, dan melatih koordinasi. 

Bukan saja bermanfaat bagi fisik, olahraga gymnastic juga berpengaruh bagi kepribadian anak. Seperti meningkatkan kepercayaan diri, kedisiplinan, juga kontrol diri. 

Mama tidak perlu khawatir anak cidera. Pelatih gymnastic anak tentunya memahami gerakan apa saja yang anak dapat lakukan dan tidak memaksanya melakukan sesuatu di luar batasan mereka. 

Editors' Picks

4. Archery

4. Archery
Pixabay/L0nd0ner

Olahraga satu ini sangat populer sekali, terutama di film-film layar lebar. Rasanya keren bukan melihat tokoh Merida dalam film Brave, atau Hawkeye di film Avengers beraksi menggunakan panah mereka. Tidak heran jika anak-anak akan tertarik dengan hobi olahraga yang satu ini. 

Ya, itulah archery atau memanah, olahraga yang populer akhir-akhir ini bahkan menjadi hobi baru bagi banyak orang. Si Anak pun dapat mencoba hobi olahraga yang satu ini. Meskipun kelihatannya berbahaya, olahraga ini sebenarnya cukup aman. 

Melansir dari website indonesiamemanah.com, olahraga memanah sebenarnya sangatlah aman, bahkan lebih aman dari golf. Kasus anak terkena anak panah sangatlah jarang, kalaupun ada, itu terjadi akibat ia berlatih di tempat yang tidak aman, semisal halaman belakang rumah. 

Olahraga memanah juga ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga. Olahraga ini membantu meningkatkan fokus dan kesabaran anak. Termasuk menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi. 

5. Karate

5. Karate
qimartialfitness.com
Bela diri untuk anak

Olahraga bela diri seperti karate memiliki ketertarikan tersendiri bagi anak-anak. Mungkin anak-anak tertarik karena ini merupakan salah satu olahraga yang digunakan untuk melindungi diri. 

Anak usia 6-9 tahun sebenarnya aman-aman saja untuk melakukan olahraga bela diri karate asal mengikuti penjelasan yang diberikan oleh pelatih. Di sisi lain, olahraga ini malahan memiliki sejumlah manfaat yang penting bagi anak. 

Karate yang dilakukan secara sering sebagai hobi memiliki manfaat sebagai cara meningkatkan kontrol otot ketika melakukan gerakan seni bela diri.

Karate ketika dilatih dengan baik juga dapat membantu anak memiliki tubuh yang lebih kuat dan fleksibel. Termasuk meningkatkan kekuatan otot tubuh dna rasa percaya diri anak. 

Sebelum memulai latihan karate, pastikan dahulu si Anak telah melakukan pemanasan dengan baik dna mengenakan pelindung tubuh, seperti; pelindung siku dan pelindung lutut sesuai dengan instruksi.

6. Berkuda

6. Berkuda
pexels/Arthur Krijgsman

Berkuda rasanya akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Jika mereka suka, mereka dapat menjadian kegiatan ini sebagai hobi olahraga yang menyehatkan lho. 

Olahraga ini termasuk salah satu yang menyenangkan dan menenangkan dengan beragam manfaat berbeda dari olahraga pada umumnya. Berkuda membantu membuat koordinasi otot-otot tubuh anak menjadi lebih seimbang, termasuk menjaga stamina mereka. 

Berkuda sendiri menawarkan pengalaman yang berharga. Itu terjadi karena olahraga ini tidak dapat dilakukan secara instan, anak perlu melakukannya beberapa kali dan membangun pendekatan dengan kuda. Setelahnya anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang membantu mereka berhadapan dengan rasa takut, dan pantang menyerah. 

Ketika untuk mengikuti olahraga ini, jangan lupa untuk selalu mengenakan helm sebagai pengaman. Selain itu, anak-anak perlu berani dan tenang ketika menunggangi kuda. Karena kuda dapat mendeteksi dapat mendeteksi getaran tubuh yang menungganginya, sehingga ketika ada rasa takut, kuda akan merasakan hal yang sama juga. 

7. Boxing

7. Boxing
Pixabay/Victoria_Borodinova

Mungkin beberapa anak tertarik dengan boxing, yang lekat dengan olahraga keras yang umumya dilakukan oleh orang dewasa. Sebenarnya mereka sudah bisa mengikuti kursus olahraga satu ini. 

Kebanyakan tempat les boxing membuka kelas bagi anak usia 5-7 tahun asalkan mereka memenuhi kriteria yang ditentukan agar meningkatkan keamanan ketika mengikuti kelas. Jika sudah, anak mama baik laki-laki ataupun perempuan dapat masuk dan mendaftar.

Olahraga boxing meski terkesan kasar dan keras sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi anak. Melalui boxing, anak akan belajar lebih percaya diri, meningkatkan kemampuan, dan melath kesipilinan. Olahraga seperti ini juga menjadi salah satu cara positif menghilangkan rasa stress juga pikiran negatif si Anak. 

Boxing akan aman dilakukan ketika anak mama menggunakan peralatan yang baik dan mengikuti setiap perintah yang diberikan oleh pelatih.  

8. Ice skating

8. Ice skating
tictim.com

Di negara-negara dengan empat musim, olahraga ice skating sangatlah terkenal, terutama di musim dingin. Mereka terbiasa melakukan ini bersama dengan keluarga dan orang tercinta. Di Indonesia sendiri beberapa tempat bermain ice skating juga kok di Indonesia bagi si Anak berlatih dan mengasah hobi mereka ini. 

Bermain ice skating serupa tak sama dengan bermain sepatu roda. Keduanya akan terasa sulit di awal, apalagi jika anak belum dapat menyeimbangkan dirinya dengan baik. Olahraga ini tentunya aman apabila dilakukan di bawah dampingan dan bimbingan orangtua.

Mulailah untuk mengajak si Anak belajar untuk meluncur secara perlahan di atas es. Mereka tentunya boleh berpegangan ketika baru memulainya kok.

Hobi ice skating yang rutin dilakukan dapat mengasah keseimbangan tubuh anak, menguatkan otot kaki dan persendian, meningkatkan kekuatan tubuh, juga melatih keberanian mereka untuk meluncur bebas tanpa berpegangan. 

9. Dance

9. Dance
Freepik/Master1305

Apakah anak Mama menyukai dance? Mendengar soal dance apakah Mama membayangkan mengenai hobi olahraga anak yang bermanfaat? Sebenarnya dance termasuk salah satu hobi olahraga yang cocok lho bagi anak mama. 

Anak mama dapat menjadikan dance sebagai hobi yang menyehatkan, mengingat akhir-akhir ini aktivitas dance sangatlah populer. Untuk usia anak mama, mereka dapat berlatih dance modern dengan lagu kesukaan mereka di sangar tari ataupun dengan mengikuti kursus.

Dance sendiri merupakan salah satu olahraga yang aman. Asalkan anak-anak mengikuti instruksi yang diberikan dan melakukan pemanasan sebelumnya, kemungkinan terjadinya cidera sangatlah kecil Ma. Selain itu, dance juga dapat dilakukan tanpa membutuhkan alat bantu, dan memiliki banyak jenis tergantung kesukaan anak. 

Jika dilakukan dengan rutin, olahraga satu ini juga memiliki beragam manfaat bagi anak lho Ma, seperti melatih kelenturan tubuh, meningkatkan daya ingat, dan juga tentunya meningkatkan konsentrasi. 

Itulah 9 rekomendasi rekomendasi olahraga untuk anak yang dapat menjadi hobi bagi anak Mama. Kira-kira adakah hobi yang anak mama sukai? Tulis di kolom komentar ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.