7 Makanan yang Harus Dihindari Selama Musim Hujan

Ketika hujan tiba, hindari makanan-makanan ini ya!

10 November 2021

7 Makanan Harus Dihindari Selama Musim Hujan
Pexels/Alex Green

Musim hujan dikenal sebagai musim yang rentan akan penyakit. Mulai dari penyakit batuk, flu, sakit perut, masuk angin, dan lain sebagainya. Di musim ini Mama perlu ekstra berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuhmu dan si Anak. 

Kelembapan yang meningkat selama musim hujan menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Maka tidak heran jika mudah sekali bagi kuman dan bakteri menyerang tubuh anak di musim ini.

Tidak hanya itu, kondisi yang lembab juga mengakibatkan perut anak sulit menyerap nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi.

Mengingat hal tersebut, Mama sebaiknya tidak asal memberikan anak-anak makanan selama musim huja ini. Beberapa makanan yang dikenal berkhasiat dapat menjadi berbahaya lho.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 makanan yang perlu anak mama hindari selama musim hujan. Simak selengkapnya ya!

1. Makanan pedas

1. Makanan pedas
Freepik/8photo

Makanan pedas disukai banyak orang apalagi ketika musim hujan tiba. Menikmati hidangan pedas di tengah hujan dapat membuat tubuh terasa hangat. 

Sebenarnya ini merupakan pemikiran yang keliru. Makanan pedas tidak berfungsi memberikan kehangatan tubuh. Keringat akibat makanan pedas muncul akibat rasa pedas yang ditimbulkan. 

Mengonsumsi makanan pedas di musim hujan malahan menjadi berbahaya karena dapat menyebabkan masalah perut seperti diare. 

Jika ingin mendapatkan kehangatan, mungkin Mama dapat memberikan anak-anak makanan hangat seperti sup ayam, jahe, kunyit, dan lainnya. 

2. Makanan berminyak

2. Makanan berminyak
karylskulinarykrusade.com

Makanan berminyak seperti gorenga memiliki banyak penggemar. Apakah anak mama termasuk salah satunya?

Sayangnya ketika musim hujan tiba, lebih baik anak-anak mengurangi makanan berminyak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini dapat berisiko membuat perut kembung. Apalagi karena masalah kesehatann yang berkaitan dengan perut amat sering terjadi di musim hujan. 

Mengutip dari timesofindia.indiatimes.com, banyaknya minyak yang terdapat pada makanan yang digoreng juga tidak baik bagi tenggorokan. Mengingat penyakit batuk dan pilek mudah terjadi pada udara lembab seperti saat musim hujan. 

Editors' Picks

3. Seafood

3. Seafood
Freepik/bearfotos

Menu makanan laut memang enak dikonsumsi kapanpun. Makanan-makanan ini dikenal memiliki gizi yang baik dalam mendukung perkembangan anak mama. 

Meski begitu, pada musim hujan ada baiknya anak-anak membatasi dahulu mengonsumsi makanan laut. Musim hujan beberapa jenis ikan memasuki musim berkembang biak. Ini akan berakibat pada berkurangnya kualitas dan rasa dari ikan yang kamu dapatkan. 

Pada musim hujan, hewan-hewan laut juga mudah tercemar dengan limbah. Menyebabkan meningkatnya kemungkinan mereka mengalami dekomposisi.

4. Makanan mentah

4. Makanan mentah
Freepik/jcomp

Banyak yang mengatakan bahwa makanan mentah memiliki beragam manfaat. Namun mengonsumsinya di musim hujan bukanlah pilihan yang baik. 

Makanan mentah seperti ikan, buah, sayur atau daging berisiko lebih tinggi menyebabkan terjadinya sakit perut. Mengingat musim hujan sendiri merupakan musim yang rentan penyakit. 

Ada baiknya bagi Mama untuk selalu mencuci atau merebus dahulu makanan hingga bersih sebelum dihidangkan untuk keluarga. Ini akan membantumu terhindar dari berbagai bakteri berbahaya yang mungkin terkandung dalam makanan mentah. 

5. Produk olahan susu

5. Produk olahan susu
foodnavigator.com

Beberapa produk olahan susu seringkali kita jumpai dalam keseharian kita, mulai dari susu, keju, yoghurt, dan lain sebagainya. 

Meskipun bermanfaat, makanan ini perlu kamu hindari ketika musim hujan. Mengapa begitu? Ini terjadi akibat kondisi sistem pencernaan yang cukup sensitif selama musim hujan. 

Akibatnya konsumsi produk olahan susu dalam jumlah berlebih dapat menganggu proses pencernaan dan juga mendatangkan penyakit pencernaan. Khususnya ketika anak mengonsumsi produk olahan susu yang diproduksi dengan menggunakan metode sterilisasi yang kurang tepat. 

6. Softdrink

6. Softdrink
Freepik/Lifeforstock

Melansir dari parenting.firstcry.com, minuman-minuman softdrink atau minuman berkarbonasi kurang cocok untuk dikonsumsi di musim hujan.

Minuman ini mampu mengurangi sejumlah mineral di dalam tubuh menyebabkan berkurangnya aktivitas sistem enzim. Kondisi tersebut akan berdampak pada meningkatkan risiko sakit perut. 

Sebaiknya selam musim hujan anak-anak mengonsumsi air putih atau minuman hangat seperti teh jahe untuk menjaga kebugaran tubuh. Mengonsumsi air dalam jumlah banyak dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, sehingga mengurangi kemungkin Kamu mengalami penurunan sistem imun dan kelesuan.

7. Sayuran berdaun

7. Sayuran berdaun
Pexels/Pixabay

Sayuran memang dikenal sebagai makanan sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun penting bagimu untuk menghindari konsumsi makanan ini selama musim hujan.

Musim hujan menyebabkan banyak kuman berkumpul pada sayuran, terutama di bagian daunnya. Bukannya bermanfaat, mengonsumsi sayur dapat mendatangkan penyakit yang berbahaya. 

Jika Mama tetap ingin memberikan sayur hijau bagi anak-anak, pastikan kamu mencuci dan merebusnya dengan baik. Selain karena bakteri, sayuran hijau juga sering ditemukan basah dan memiliki kotoran lengket yang menempel dan berbahaya bila dikonsumsi. 

Tetap perhatikan kesehatanmu dan si Anak selama musim hujan ya, Ma. Pastikan kamu memberikan makanan dan minuman yang membantu meningkatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya selama musim hujan ini. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk