Jangan Salah Pilih, 9 Rekomendasi Meja Belajar untuk Anak

Yuk Ma, buat keadaan di rumah mendukung proses belajar si Kecil!

26 September 2020

Jangan Salah Pilih, 9 Rekomendasi Meja Belajar Anak
Freepik

Belajar di sekolah dan di rumah merupakan dua proses yang sangat berbeda. Ketika belajar di sekolah, anak-anak akan memiliki tingkat fokus dan konsentrasi yang lebih tinggi daripada ketika ia melakukannya di rumah. 

Hal ini sebenarnya terjadi akibat aspek lingkungan yang berbeda dari keduanya. Lingkungan sekolah memiliki peralatan dan benda-benda yang menunjang aktivitas belajar anak secara maksimal. 

Mengutip dari educationbusinessuk.net, ternyata benda-benda furnitur, seperti meja belajar dapat mempengaruhi konsentrasi anak ketika belajar lho. Meja belajar yang sesuai akan membuat si Kecil merasa nyaman dan lebih berkonsentrasi. Ini juga dapat mengurangi kemungkinan ia merasa pegal, tidak nyaman, juga merasa lelah. 

Meja yang bagaimana ya yang sesuai untuk anak kita?

Mama tidak perlu bingung, Popmama.com telah merangkum 9 rekomendasi meja belajar untuk anak.

1. Benkyo Chetose

1. Benkyo Chetose
bukalapak.com

Meja belajar Chetose ini yang memiliki ukuran yang cukup besar. Meski begitu, meja ini dilengkapi dengan berbagai tempat penyimpanan yang sangat berguna. Meja ini memiliki desain warna dan bentuk yang unik dan lucu. 

Benkyo Chitose sangat mendukung kegiatan belajar anak karena memiliki ukuran yang lumayan lebar. Untuk anak Mama yang gemar menggambar, meja ini tentu akan mendukung aktivitas menggambarnya.

Pada bagian atas meja terdapat rak yang cukup panjang guna menyimpan buku-buku anak. Ada juga dua susun laci yang cukup besar dan dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang keperluan anak sehingga meja terlihat rapi.

Meja belajar Benkyo Chetose ini dibanderol dengan harga Rp2.110.000.

2. Funika Computer desk

2. Funika Computer desk
funikafurniture.com

Meskipun terlihat minimalis dan sederhana, produk meja belajar keluaran Funika ini dapat digunakan untuk beragam kebutuhan. Anak mama dapat menggunakan meja ini ketika ia belajar menggunakan laptop, juga ketika ia membutuhkannya untuk aktivitas belajar seperti menulis dan membaca. 

Funika Computer Desk memiliki ukuran 100 cm x 40 cm x 85 cm dan berbahan dasar kayu. Meja ini memiliki desain yang modern dan minimalis. Membuat meja belajar ini tidak menghabiskan banyak tempat di rumahmu. 

Soal harga, meja ini pun cukup bersahabat. Mama dapat memperoleh meja belajar Funika Computer Desk seharga Rp438.000-500.000.
.

3. IKEA Micke

3. IKEA Micke
ikea.co.id

Anak mama membutuhkan meja belajar yang minimalis, namun dapat digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan? Meja IKEA Micke ini dapat menjadi jawabannya. 

Meja IKEA Micke memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu berbentuk siku. Meja ini juga dilengkapi dengan beberapa rak yang dapat si Kecil untuk menyimpan alat-alat penunjang keperluan belajar. 

IKEA Micke ini juga dilengkapi dengan papan tulis bermagnet yang dapat digunakan untuk menulis atau mencatat menggunakan spidol, atau juga menempelkan catatan juga gambar-gambar si Kecil. Uniknya lagi, kaki-kaki pada meja semuanya terlihat berbeda sehingga membuat tampilannya menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Meja IKEA Micke ini tersedia dengan harga Rp3.299.000. 

Editors' Picks

4. Infinity MBS 318

4. Infinity MBS 318
ceklist.id

Jika Mama mencari meja belajar klasik dengan bahan kayu, lengkap dengan berbagai rak untuk menyimpan peralatan dan buku, Infinity MBS ini dapat menjadi pilihan Mama. 

Meja belajar ini terbuat dari kayu dan memiliki ukuran 105 cm x 39,5 cm x 120 cm. Tidak hanya itu, meja ini juga dilengkapi dengan tiga laci kecil. satu laci besar, dan rak pada bagian atas meja. Membuat Mama tidak perlu repot membeli rak buku tambahan. 

Meja belajar anak ini dapat diperoleh dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp430.000,00. 

5. Informa Oxy

5. Informa Oxy
shopee.co.id

Kebanyakan meja belajar memiliki ukuran besar dan memakan tempat. Jika Mama mencari meja yang berbeda dan lebih praktis, Informa Oxy ini dapat menjadi pilihan yang cocok bagimu.  

Meja Informa Oxy merupakan meja lipat yang cangggih. Meja ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kemiringan pada permukaan meja dengan beragam kebutuhan si kecil, seperti belajar, membaca, menulis, ataupun menggunakan laptop. 

Meja belajar ini terbuat dari bahan mdf dengan finishing PVC. Membuatnya lebih awet, tidak mudah kotor juga mudah dibersihkan. Meja ini juga mudah dilipat, dan disimpan dimanapun. 

Oh ya, meja lipat modern ini dapat Mama peroleh dengan harga Rp250.000 saja. 

6. Kido Meja Belajar

6. Kido Meja Belajar
dekoruma.com

Meja belajar yang satu ini cocok sekali untuk anak mama yang memiliki banyak aktivitas menggunakan meja di rumah. Desain meja yang pas untuk tinggi anak pada rentang usianya. .

Tidak hanya itu, meja belajar ini dirancang dengan bentuk yang cukup unik. Yaitu meja dan kursi yang menyatu sehingga membuatnya menjadi lebih aman untuk anak mama. Meja belajar Kido juga dilengkapi dengan laci-laci guna menyimpan perlengkapan belajar dan alat tulis anak agar lebih tertata rapi.

Meja unik satu ini dapat Mama peroleh dengan harga Rp 990.000 sampai dengan Rp1.477.000.

7. Meja belajar Olympic

7. Meja belajar Olympic
tokopedia.com

Meja belajar yang dilengkapi dengan berbagai tempat penyimpanan barang-barang sering menjadi pilihan untuk anak-anak. Apalagi jika meja tersebut hadir dengan tampilan karakter-karakter yang anak mama sukai.

Meja belajar produksi Olympic ini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu warna pink dan biru lengkap dengan gambar karakter-karakter kesukaan si kecil. Bagian kanan meja dilengkapi dengan sekat-sekat yang dapat digunakan untuk menyimpan buku. Sedang di sebelah kirinya terdapat dua kabinet berpintu dengan gambar karakter di depannya. 

Kelebihan lain yang ditawarkan meja belajar Olympic berkarakter ini ialah memiliki finishing coating laminated. Ini dapat menjaga daya tahan meja dan membuat warnanya lebih tahan lama.

Meja Olympic ini tidak tergolong mahal. Meja ini memiliki kisaran harga dari Rp720.000 hingga Rp1,3 juta. 

8. The Olive House Smart Desk

8. The Olive House Smart Desk
belanjabekas.com

Meja produksi The Olive House ini mengusung tema minimalis dengan perpaduan warna yang sangat cocok untuk untuk rumah bernuansa modern. Smart desk ini dibuat menggunakan kayu mahoni pilihan dengan ukuran 120 x 160 x 76 cm.

Meski sederhana, meja ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan barang-barang yang terdapat tepat di bawah meja. Terdapat dua buah laci yang dapat digunakan untuk meletakkan buku-buku maupun alat tulis si Kecil. Laci dengan model ini juga mudah untuk dibersihkan lho. 

Kakinya sendiri didesain dengan balutan warna putih. Kaki tersebut memiliki sistem pull pada bagian bawahnya sehingga tidak menimbulkan goresan pada lantai ketika ia digeser.

Meja belajar The Olive House Smart Desk ini dapat diperoleh dengan harga Rp1,8 juta sampai Rp2,2 juta. 

9. Toraya WD60-120 WH

9. Toraya WD60-120 WH
torayaliving.com

Meja berikutnya datang dari Toraya. Meja belajar ini mengusung desain yang minimalis, sederhana dengan tampilan warna monokrom. Namun jika bosan dengan warna putih atau hitam, Toraya juga menyediakan 3 varian warna lainnya, yaitu warna coklat tua, kombinasi putih dan coklat, serta coklat tua dengan putih. 

Toraya WD60-120 WH berbahan dasar dari kayu mahoni dan solid MDF. Permukaan meja sendiri dilapisi dengan acrilyc high gloss yang membuat meja memiliki permukaan yang halus. Terdapat juga adjuster pada bagian kaki, membuat meja ini mampu berpijak lurus meski permukaan lantai tidaklah rata. 

Pada bagian tengah meja, terdapat 1 buah drawer kecil. Ini dapat digunakan si Kecil untuk menyimpan alat tulis ataupun notebook kecil.

Meja belajar WD60-120 WH dibanderol dengan harga antara Rp1,2 juta hingga Rp1,6 juta. 

Itu dia 9 pilihan meja belajar untuk anak mama di rumah. Kira-kira, si Kecil suka meja yang mana Ma? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.