7 Tumbuhan Pemangsa Serangga Unik, Anak-Anak Perlu Tahu Nih Ma

Bukan hanya hewan, ada juga lho tanaman yang tergolong sebagai karnivora.

30 Maret 2022

7 Tumbuhan Pemangsa Serangga Unik, Anak-Anak Perlu Tahu Nih Ma
newscientist.com

Mungkin anak-anak tidak asing dengan istilah hewan karnivora, namun bagaimana dengan tumbuhan karnivora? Apa mungkin mereka punya gigi dan dapat memangsa mahluk hidup lainnya. 

Tumbuhan karnivora juga disebut sebagai tumbuhan pemakan serangga. Tumbuhan ini merupakan jenis tanaman yang mengubah bentuk dan fungsi daun atau bunga mereka sehingga dapat digunakan untuk menarik, menjebak, hingga melumpuhkan serangga. 

Wajar kok jika kamu kurang mengenali tumbuhan-tumbuhan ini akrena jumlahnya yang tidak begitu banyak di dunia. Meski begitu tumbuhan unik yang terlihat menyeramkan ini tetap seru untuk kita ulas bersama. 

Pada kesempatan kali ini, Popmama.com telah merangkum 7 jenis tumbuhan pemangsa serangga yang menyeramkan. 

1. Venus flytrap

1. Venus flytrap
cnr.ncsu.edu

Mungkin kamu pernah melihat tanaman venus flytrap yang identik dengan daun berbentuk mirip mulut dengan gigi-giginya yang tajam? Tumbuhan pemakan serangga dari Carolina Utara dan Selatan ini termasuk yang paling terkenal dan paling ganas di antara jenisnya. 

Venus flytrap memakan serangga untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Karena seringkali tanaman malang ini tumbuh di tanah yang kurang subur. 

Daun Venus flytrap dikenal memiliki rambut halus yang membantunya mendeteksi kehadiran serangga. Ketika disentuh, kedua daun seperti mulut akan menutup dan menjebak apapun di dalamnya.

Menariknya, tanaman ini dapat menyadari jika yang masuk ke dalam "mulutnya" bukan makanan. Jika itu terjadi daunnya akan kembali terbuka dan menggeluarkan objek yang terjebak di dalam.

2. Sundew

2. Sundew
animals.sandiegozoo.org

Sundew merupakan tanaman karnivora berikutnya. Sundew juga dikenal dengan sebutan "master kertas lengket lalat" karena kemampuannya menjebak lalat menggunakan daunnya yang lengket. 

Sundew menjebak mangsanya menggunkan beberapa rambut lengket. Rambut-rambut ini memproduksi enzim pencernaan seperti protease dan fosfatase yang cenderung mendegradasi mangsa yang terperangkap.

Nama sundew sendiri diambil dari kebiasaan daunnya yang terlihat seperti embun bercahaya di bawah matahari. 

Dibandingkan dengan venus flytrap, sundew tidak terlalu agreisf dan lebih lambat dalam berburu mangsanya. 

Editors' Picks

3. Cobra lily

3. Cobra lily
thespruce.com

Cobra lily (Darlingtonia californica) atau yang juga dikenal dengan nama tumbuhan kantong semar Clifornia memiliki banyak saudara tumbuhan pemangsa dari keluarga Sarraceniaceae family.

Nama kobra tumbuhan ini diambil dari bunganya yang terlihat mirip seperti kepala ular kobra yang hendak menyerang mangsanya. Bentuknya yang aneh menarik perhatian banyak orang untuk mencoba merawat tanaman satu ini. 

Mekanisme cobra lily menangkap serangga cukup unik. Pertama-tama mereka akan menyimpan air di daunnya yang berbentuk seperti tabung. Lalu menarik perhatian serangga untuk masuk ke dalamnya. 

Ketika berhasil kantung akan menutup. Oh ya, cobra lily juga memiliki rambut kecil yang megarah ke bawah dan berfungsi untuk mencegah serangga tidak kabur. 

4. White Trumpet Pitcher Plant

4. White Trumpet Pitcher Plant
honda-e.com

Masih dari keluarga yang sama dengan cobra lily, white trumpet pitcher plant atau tanaman kantung semar putih (Sarracenia leucophylla) merupakan tanaman karnivora selanjutnya. 

Banyak yang berpendapat jika tanaman ini merupakan yang tercantik di antara tanaman pemangsa serangga yang lainnya. 

Tanaman kantung semar putih hidup di belahan selatan dunia. Mereka dikenal memiliki urat gelap yang mononjol dan membentuk motif cantik di atas daunnya yang berwarna putih. 

Tamanan ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 1 sampai 3 kaki dan umumnya tumbuh di bulanApril atau May.

5. Sun Pitcher Plant

5. Sun Pitcher Plant
carnivorousplantresource.com

Tidak jauh berbeda dari kedua saudaranya, sebagai tanaman kantong semar, Sun pitcher plant juga dapat dikenali dengan fitur kantungnya yang berwana kuning terang seperti matahari. 

Tanaman kantung semar matahari (Heliamphora spp.) memiliki daun yang terlah berevolusi berbentuk seperti kantung yang mampun menyimpan air untuk menenggelamkan serangga di dalamnya. Kantungnya memiliki panjang yang beragam, mulai dari 6 hingga 16 inci, tergantung spesiesnya. 

Jenis tanaman ini merupakan salah satu yang sulit tumbuh. Ia membutuhkan temperatur dan tingkat kelembapan udara yang sesuai agar dapat bertahan hidup. 

6. Butterworts

6. Butterworts
allthatsinteresting.com

Tanaman berikutnya yang memiliki daun kecil bertumpuk dan berwarna cantik dikenal dengan nama Butterworts (Pinguicula Moranensis). 

Butterworts merupakan tanaman asli yang tumbuuh dari Amerika Utara hinga Siberia ini dikenal memiliki hubungan yang baik dengan burung hummingbirdsBurung inilah yang biasanya membantu penyerbukan tanaman Butterworts. 

Mirip seperti sundew, tanaman ini berburu mangsa melalui daunnya yang ditutupi rambut lengket yang memiliki larutan asam. Larutan inilah yang dapat menghancurkan dan menghancurkan tubuh mangsanya. 

7. Bladderworts

7. Bladderworts
indefenseofplants.com

Terakhir ada tumbuhan yang dikenal dengan nama bladderworts. Meski kedengarannya mirip tanaman sebelumnya, keduanya memiliki tempat tinggal yang berbeda lho. 

Tumbuhan karnivora bladderworts tinggal di air atau pada tanah yang basah. Ia benar-benar menyedot air melalui kantung elastisnya. Nanti bila ada mahluk kecil yang menyentuh bulu pemicunya, ia akan terbuka. 

Proses terbukanya yang tiba-tiba akan menarik air dan serangga malang yang ada di sana. Prosesnya mirip sepertu jarum suntik yang menarik cairan ketika penyedot ditarik kembali.

Itulah dia 7 tumbuhan karnivora yang unik. Karena tidak dapat bergerak bebas seperti hewan, mereka memiliki cara tidak biasa ya untuk memenuhi kebutuhannya. Bagaimana menurutmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk