Mengajarkan Anak 9 Amalan Ibadah yang Mudah, Tetapi Berpahala Besar

Yuk, ajarkan setiap hari agar anak terbiasa Ma!

8 Maret 2021

Mengajarkan Anak 9 Amalan Ibadah Mudah, Tetapi Berpahala Besar
Pixabay/ebrahim

Setiap umat Islam diwajibkan untuk beribadah kepada Allah SWT, sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan. Selain itu, ibadah juga bertujuan untuk mempersiapkan amal penolong di akhirat nantinya. 

Allah SWT pun mempermudah umat-Nya dalam mendapatkan pahala. Misalnya, dengan mengamalkan ibadah-ibadah ringan yang dapat dilakukan oleh umat Islam setiap hari. 

Meski dinamakan ibadah ringan, tetapi besaran pahala yang akan didapatkan tidak tanggung-tanggung, lho. Berikut Popmama.com rangkum jenis-jenis ibadah sederhana yang mudah tapi berpahala besar yang dapat orangtua amalkan dan ajarkan pada anak. 

Simak 9 amalan ibadah mudah yang berpahala besar untuk Mama ajarkan pada anak yuk!

1. Mendengarkan azan

1. Mendengarkan azan
Pixabay/mohamed_hassan

Mendengarkan azan saat memasuki waktu salat merupakan amalan ringan dengan pahala besar yang dapat Mama dan Papa ajarkan pada anak. 

Sebagaimana yang tertera dalam hadis berikut ini:

Dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, 'Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan sholat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. 'Akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari)

2. Mengucapkan doa setelah azan

2. Mengucapkan doa setelah azan
Pixabay/SyauqiFillah

Selain mendengarkan azan, membaca doa setelah azan juga termasuk amalan sederhana serta ringan dilakukan untuk, tetapi memiliki pahala yang luar biasa. 

Berikut ini doa setelah azan berkumandang yang bisa orangtua ajarkan dan amalkan setiap harinya:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

Artinya:

“Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia.”

3. Mengamini Imam saat salat

3. Mengamini Imam saat salat
Pexels/Gabby K

Siapa sangka, bahwa mengamini imam saat salat berjamaah memiliki pahala besar jika diamalkan. Padahal, amalan ini mungkin saja menjadi suatu hal yang dianggap sepele oleh beberapa orang. 

Sebagaimana Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Apabila imam beramin maka beraminlah pula karena barangsiapa yang aminnya sesuai dengan aminnya para malaikat maka telah dihapuskan dosanya yang telah lalu. Ibnu Syihab berkata, 'Rasulullah SAW mengucapkan Aamiin',”

Dalam menirukan Aamiin-nya imam saat salat ini, Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Apabila imam membaca, Ghairilmagdhuubi'alayhim waladdhallin' (Bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Nasrani)). Maka ucapkanlah, 'Aamiin' karena apabila ucapan aamiinnya sesuai dengan ucapan aamiin para malaikat maka telah diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Editors' Picks

4. Membaca ayat kursi sesudah salat

4. Membaca ayat kursi sesudah salat
Pexels/Gabby K

Amalan ringan lain dengan pahala besar yang dapat orangtua biasakan pada anak-anak, yaitu mengajarkan mereka membaca ayat kursi sesudah salat. 

Adapun hadis yang menerangkan keutamaan membaca ayat kursi usai salat yaitu:

“Siapa membaca ayat kursi setiap selesai salat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai)

Berikut bacaan ayat kursi dalam bahasa Arab serta latinnya yang dapat Mama dan Papa ajarkan pada anak.

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

5. Berdzikir

5. Berdzikir
Pexels/Tayeb MEZAHDIA

Dzikir merupakan ibadah yang dilakukan sebagai cara mengingat dan memuji Allah SWT. Berdzikir dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun. 

Jadi, sangat fleksibel dan mudah untuk dilakukan setiap hari. Selain itu, berdzikir juga memiliki pahala yang besar bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Salah satu bacaab dzikir yang dapat orangtua ajarkan pada anak, yaitu Subhaanallaah wa bihamdih. 

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Barang siapa mengucapkan Subhaanallaah wa bihamdih 100 kali setiap hari, maka gugurlah semua dosanya walau sebanyak buih di lautan!” (HR. Bukhari No. 6405, dan Muslim No. 2691)

6. Membaca Bismillah setiap aktivitas

6. Membaca Bismillah setiap aktivitas
Pexels/Gabby K

Orangtua sebaiknya dapat membiasakan anak untuk mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim setiap melakukan aktivitas. 

Hal ini karena bacaan Basmallah yang berarti “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang” memiliki keutamaan luar biasa. Bahkan, aktivitas yang dilakukan akan semakin berkah jika diiringi dengan Basmallah, Ma. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus (keberkahannya).” (HR. Abu Daud dan Nasa'i)

7. Membaca ayat suci Alquran

7. Membaca ayat suci Alquran
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Alquran merupakan kitab suci yang berfungsi sebagai pedoman seluruh umat Islam. Tidak hanya itu, Allah SWT akan memberikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang membaca setiap ayatnya.

Meski hanya membaca 1 huruf sekali pun, Allah SWT tetap akan memberikan banyak kebaikan pada umat-Nya.

Hal ini dijelaskan dalam hadis. Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Barangsiapa membaca 1 huruf dari Kitab Allah (Alquran) maka baginya 1 hasanah (kebaikan) dan 1 hasanah itu sama dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

Yuk, biasakan si buah hati membaca Alquran setiap hari. Mama dan Papa bisa memulainya dengan bacaan surat-surat pendek yang lebih mudah untuk diajarkan pada anak.

8. Mendoakan orang lain dalam kebaikan

8. Mendoakan orang lain dalam kebaikan
Pexels/Faseeh Fawaz

Amal ibadah ringan yang bisa mendatangkan pahala besar lainnya, yaitu mendoakan orang lain dalam kebaikan.

Sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah hadis, “Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, "Aamiiin (semoga Allah mengabulkan dan)" dan bagimu yang serupa.” (HR. Muslim)

Berikut bacaan doa untuk kebaikan orang lain dalam bahasa Arab dan latin yang dapat orangtua ajarkan pada anak.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa annta khairur raahimiin.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih.”

9. Tidur dalam keadaan suci

9. Tidur dalam keadaan suci
Pexels/Yogendra Singh

Tidur dalam keadaan suci yang dimaksud ialah berwudhu sebelum tidur. Amalan yang ringan untuk dikerjakan ini dapat mendatangkan pahala besar bagi umat Islam. 

Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya untuk berwudhu setiap hendak tidur. 

Keutamaan bersuci sebelum tidur ini dijelaskan dalam hadis Ibnu Hibban yang artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'.”

Itulah 9 amalan ibadah mudah sederhana dan berpahala besar yang dapat orangtua ajarkan pada buah hati. Yuk, mulai mengamalkannya sedikit demi sedikit dari sekarang, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.