Cara Mengajarkan Anak Menggambar dengan Kanvas

Menggambar memiliki banyak manfaat bagi anak, lho!

4 November 2021

Cara Mengajarkan Anak Menggambar Kanvas
Pexels/Marko Blazevic

Aktivitas kesenian dasar yang mudah dilakukan oleh anak-anak, yaitu menggambar. Selain mengajarkan anak untuk mengenal seni, menggambar juga membawa banyak kebaikan, Ma. 

Mulai dari menumbuhkan kreativitas dan imajinasi dalam diri anak, menstimulasi tumbuh kembang otak, hingga membuat tubuh terasa lebih tenang serta senang. Jadi, meski terlihat sederhana, menggambar termasuk dalam aktivitas penting yang perlu diajarkan pada anak. 

Ada beragam cara dan media untuk menggambar. Apabila biasanya Mama mengarahkan anak menggambar di kertas gambar biasa, sesekali mungkin boleh mencoba untuk menggambar dengan kanvas. 

Mungkin saja, menggambar di kanvas menjadi aktivitas yang baru bagi anak sehingga perlu diajarkan. Untuk itu, berikut Popmama.com berikan tips mengajarkan anak menggambar dengan kanvas.

Editors' Picks

1. Memilih jenis kanvas

1. Memilih jenis kanvas
Pexels/Roman Koval

Sebelum mulai menggambar, Mama perlu memilih kanvas yang sesuai dengan kebutuhan. Kanvas memiliki beragam jenis, tergantung bahan baku, permukaan atau seratnya, ukuran, fungsi, dan harga. 

Selain itu, kanvas juga dibagi lagi berdasarkan bentuknya. Terdapat kanvas yang sudah dibingkai di setiap sisinya. Ada pula kanvas gulungan yang belum dibentangkan. 

Untuk anak-anak, mungkin Mama dapat memilih bahan kanvas yang tidak terlalu besar dengan harga terjangkau. Mengingat aktivitas menggambar di kanvas ini baru saja dimulai dan dipelajari oleh anak.  

Apabila sudah terbiasa atau lebih mahir, Mama pun dapat menawarkan kanvas lain sebagai bentuk eksplorasi anak dalam menggambar.

2. Alat gambar yang dibutuhkan

2. Alat gambar dibutuhkan
Pexels/Gabby K

Sama seperti aktivitas gambar lainnya, Mama dapat menyediakan pensil dan juga penghapus sebagai alat menggambar anak di kanvas. Namun, alat warna yang digunakan pada kanvas berbeda, Ma.

Biasanya, alat warna untuk kanvas berupa cat akrilik. Jadi, Mama perlu menyediakan cat akrilik, air, kuas, dan palet sebagai tempat mencampurkan cat sebelum digunakan. 

3. Mengajari anak menggambar

3. Mengajari anak menggambar
Pexels/Cottonbro

Setelah memilih jenis kanvas serta menyediakan beragam alat gambarnya, kini Mama dapat bersiap untuk mengajarkan anak menggambar di kanvas. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:

  • mulai dari membuat bentuk atau pola yang sederhana, seperti bangun ruang, beragam jenis garis, atau bentuk abstrak,
  • arahkan anak untuk menjiplak atau mencontoh gambar yang telah dibuat, seperti foto atau mungkin gambar tokoh kartun favoritnya,
  • bisa juga membebaskan anak menggambar apapun yang ada di dalam imajinasinya, hal ini dapat mengasah kreativitas. 

Setelah selesai menggambar di kanvas, Mama bisa mengarahkan anak untuk mewarnainya. Bisa diarahkan atau pun dibebaskan pada anak dalam memilih warnanya.

Selain itu, ajarkan cara mewarnai yang tebal atau tipis. Mama juga bisa lho mengarahkan anak untuk menggambar langsung dengan kuas dan catnya di kanvas. 

Buatlah aktivitas kesenian ini terasa menyenangkan dan senyaman mungkin. Jangan lupa untuk terus mendukungnya dan berikan apresiasi agar anak dapat lebih bersemangat, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.