Rekomendasi Minyak Ikan Untuk Kesehatan dan Perkembangan Anak

Bisa jadi panduan Mama dalam memilih minyak ikan untuk si Kecil

21 Maret 2021

Rekomendasi Minyak Ikan Kesehatan Perkembangan Anak
Unsplash/Robert Collin

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak Omega 3. Asam lemak omega 3 dikenal sebagai asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat dalam jumlah yang cukup oleh tubuh sehingga harus mendapatkannya dari makanan. Dua jenis asam lemak Omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan, yaitu DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic).

Tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh, minyak ikan juga memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Lemak omega 3 dapat membantu menyerap nutrisi penting seperti vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. 

Kandungan DHA dapat membantu perkembangan otak dan penglihatan anak. DHA dan EPA ditemukan dalam otak dengan konsentrasi tinggi karena sebenarnya lemak membentuk 60 persen bagian dari otak. Selain itu, DHA dan EPA juga dapat membantu fungsi jantung yang normal. 

Jika Mama ingin memberikan si Anak minyak ikan, ada baiknya untuk memilih dengan cermat. Pastikan kandungan yang terdapat pada minyak ikan sesuai takaran dan aman untuk anak ya, Ma. Berikut Popmama.com berikan rekomendasi minyak ikan yang dapat Mama jadikan pilihan untuk anak:

1. Blackmores Odourless Fish Oil 1000

1. Blackmores Odourless Fish Oil 1000
Tororo.com

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 diekstrak dari ikan laut dalam yang diperkaya dengan omega 3. Blackmores memiliki keunggulan dari minyak ikan yang lain, yaitu tidak meninggalkan sisa rasa amis saat dikonsumsi anak-anak.

Minyak ikan ini dikembangkan tanpa menggunakan surfaktan buatan (polisorbat) sehingga lebih aman. Blackmores Odourless Fish Oil 1000 juga tidak mengandung merkuri dan tanpa surfaktan.

Blackmores Fish Oil menggunakan ikan sarden, mackarel, achovy sehingga membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar Trigliserida (lemak jahat) di dalam darah, menjaga fungsi optimal mata dan otak serta membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi akibat osteoarthritis. 

Cukup konsumsi satu kapsul sehari untuk anak-anak usia 2-12 tahun. Jika anak susah menelan kapsul, Blackmores Fish Oil dapat dicampurkan dengan susu, sereal, atau jus buah. Jadi, anak mama akan lebih mudah mengonsumsi minyak ikan, Ma. 

2. Childlife Pure DHA

2. Childlife Pure DHA
Naturalfarm.id

DHA merupakan salah satu kandungan pada Omega-3 yang berfungsi untuk kesehatan otak maupun mata. DHA yang terkandung dalam minyak ikan Childlife Pure DHA tidak terasa amis saat dikonsumsi anak karena memiliki rasa buah beri. Bentuknya yang lembut pun akan mudah ditelan ataupun dikunyah si Anak. 

Selain itu, minyak ikan pada Childlife Pure DHA ini Diproduksi dari bahan pilihan alami dengan kandungan minyak ikan murni yang  bebas dari kontaminasi PCB’s, merkuri, dioxin, logam berat dan toksin lainnya. Untuk anak berusia 4-12 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi 1-2 butir kapsul sebanyak tiga kali sehari. 

Editors' Picks

3. K-Max Golden Alaska Deep Sea Fish Oil

3. K-Max Golden Alaska Deep Sea Fish Oil
Vitaspring.com

Minyak ikan K-Max Golden Alaska ini berasal dari ikan laut dalam yang mengandung asam lemak esensial Omega-3, EPA, dan DHA. EPA dan DHA adalah dua asam lemak paling penting yang memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan otak.

EPA adalah zat dalam tubuh yang disebut prostaglandin, yang mengontrol pembekuan darah dan fungsi arteri lainnya. Sedangkan DHA, merupakan komponen utama jaringan otak manusia dan jaringan retina mata. DHA juga melayani fungsi penting lainnya, yaitu transmisi impuls saraf di sistem saraf. 

Kedua kandungan ini efektif memberikan pengaruh maksimal dalam membantu memastikan kesehatan jantung, jaringan otak, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh anak. 

Namun, minyak ikan K-Max Golden Alaska juga memiliki kekurangan. Minyak ikan dengan ini merupakan produk asli USA sehingga cukup sulit untuk menemukannya di Indonesia. Pastikan terlebih dahulu keaslian produk sebelum mencoba untuk anak ya, Ma. 

4. Moller's Cod Liver Oil With Fruit Flavor

4. Moller's Cod Liver Oil With Fruit Flavor
Mollersomega3.nl

Moller's Cod Liver Oil with Fruit Flavor adalah minyak hati ikan COD Norwegia murni dengan rasa buah. Rasa buah-buahan didapatkan dari aroma buah alami sehingga tidak ada gula atau pemanis yang ditambahkan. Minyak ikan ini juga tidak mengandung pengawet atau pewarna buatan atau zat tambahan penyedap.

Moller's Cod Liver aoil with Fruit Flavor mengandung asam lemak omega 3, DHA, EPA, vitamin D, vitamin K, dan vitamin E yang membantu kesehatan tubuh. Terutama untuk anak-anak, minyak ikan ini dapat membantu dalam tumbuh kembang tulang dan gigi yang tepat. Selain itu, juga dapat mendukung perkembangan otak dan indera penglihatan. 

Dengan rasa yang disukai segala usia, Moller's Cod Liver aoil with Fruit Flavor dapat dikonsumsi oleh anak mulai dari usia 3 tahun. Dianjurkan dengan takaran satu sendok setiap mengonsumsinya.

Terdapat juga pilihan rasa lain, seperti rasa natural dan rasa lemon. Tidak hanya berbentuk sirup, tetapi juga bentuk kapsul. Pilih lah yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil. 

5. Nature's Health Omega Junior

5. Nature's Health Omega Junior
Naturalfarm.id

Nature's Health Omega Junior merupakan minyak ikan yang memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik, yang penting untuk berbagai proses biologis dalam tubuh, menjaga kesehatan fisik dan mental yang optimal.

Nature's health omega junior juga membantu pembentukan dan perkembangan sel-sel otak, dan menjaga kesehatannya untuk daya pikir, memori dan konsentrasi. 

Selain itu, minyak ikan ini juga dapat menjaga kesehatan mata dan membantu ketajaman penglihatan. Membantu kesehatan kulit, jantung dan sendi. Serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Nutrimax Kidz

6. Nutrimax Kidz
Farmaku.com

Nutrimax Kidz Omega 3 mengandung omega 3 yang diekstrak dari ikan salmon. Nutrimax Kidz membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang otak anak, mata, fisik dan mental serta meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Minyak ikan ini memiliki kandungan salmon fish oil 315 mg, EPA 120 mg, DHA 60 mg, natural lemon essence oil 10 mg yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, pernapasan, dan menjaga daya tahan tubuh anak. Nutrimax Kidz dianjurkan untuk dikonsumsi selama dua kali setelah makan sebanyak 1-2 kapsul.

7. Scott Emulsion

7. Scott Emulsion
Watsons.id

Minyak ikan yang satu ini nampaknya memang tidak asing lagi ya, Ma. Scott Emulsion berbeda dari minyak ikan dari merk lain karena memiliki bentuk cairan seperti sirup. Tiap kemasannya mengandung minyak ikan cod, asam lemak omega 3 (DHA+EPA), Vitamin A, dan Vitamin D.

Dengan mengonsumsi Scott Emulsion ini dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan penglihatan normal, menjaga kesehatan tulang dan gigi serta bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi.

Cocok untuk anak-anak karena memiliki rasa jeruk sehingga tidak amis saat diminum. Scott Emulsion dianjurkan diminum dengan takaran 1-2 sendok makan setiap hari untuk anak usia 7-12 tahun.

Jangan khawatir Ma, minyak ikan berperisa jeruk ini tergolong cukup murah sehingga dapat menjadi pilihan untuk si Anak. 

Itulah rekomendasi minyak ikan yang bisa menyehatkan anak-anak. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.