Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Melatih Anak Hafal Al-Quran

Yuk coba terapkan cara ini supaya anak mama bisa hafal Alquran

27 November 2022

7 Cara Melatih Anak Hafal Al-Quran
Pexels/Alena Darmel

Setiap orangtua tentu akan merasa bangga jika melihat anaknya mampu membaca Alquran dengan baik dan benar, apalagi jika sampai bisa menghafalnya.

Untuk mampu menghafal Alquran merupakan sebuah proses yang panjang dan diperlukan latihan sejak dini, atau bahkan sejak anak mama berada dalam kandungan.

Mengenalkan bacaan Alquran sedari kecil bertujuan supaya anak lebih mencintai kitab suci dan mempratikkan ajaran dari Alquran dalam kehidupannya sehari-hari.

Maka dari itu, sebagai orangtua Mama perlu tahu cara melatih anak supaya bisa menghafal Al-Quran secara efektif agar anak cepat bisa dan tidak mudah lupa.

Berikut ini Popmama.com berikan ulasan mengenai cara melatih anak hafal Al-Quran yang bisa Mama coba. Yuk simak!

1. Pendengarkan tilawah kepada anak

1. Pendengarkan tilawah kepada anak
Unsplash/Bagas Rais R

Cara yang bisa Mama coba supaya anak mudah menghafal Al-Quran adalah memperdengarkan audio tilawah kepada anak. Anak akan mudah menghafal musik sebab sering mendengarnya dimana-mana. Maka, hal seperti ini juga berlaku saat proses menghafal Al-Quran. Apabila anak sering mendengar, maka akan semakin mudah pula menghafal.

Membiasakan anak mendengar lantunan ayat-ayat Al-Quran dimulai dengan memperdengarkan tilawah, sampai anak merasa akrab dengan lantunannya. Mama dapat mengunduh aplikasi Al-Qur’an berbentuk audio di gadget untuk mendukung proses anak menghafal.

2. Biasakan anak dengan ayat Al-Qur’an

2. Biasakan anak ayat Al-Qur’an
Pexels/Timur Weber

Cara selanjutnya adalah dengan membiasakan untuk mengajarkan Al-Quran kepada anak sedari dini atau bahkan saat anak mama masih berada dalam kandungan. Kebiasaan sering membaca Al-Quran saat hamil akan membuat telinga anak akrab dengan bacaan Al-Quran.

Sehingga ketika anak lahir, anak sudah terbiasa dan Mama tinggal mengajari cara membaca Al-Quran dengan benar dan tepat.

Editors' Picks

3. Tanamkan pentingnya membaca Al-Qur’an

3. Tanamkan penting membaca Al-Qur’an
Pexels/Mukhtar Shuaib Muk

Menanamkan pentingnya membaca Al-Quran pada anak merupakan salah satu cara yang bisa Mama lakukan agar anak bisa hafal Al-Quran.

Terkadang, beberapa orangtua hanya ingin anak melakukan sesuatu tanpa menjelaskan dengan jelas mengapa hal tersebut perlu dilakukan. Oleh karena itu, dengan membuat anak mama paham seberapa pentingnya membaca Al-Quran, anak akan berupaya untuk rajin menghafal.

Selain itu, dengan menjelaskan manfaat membaca Al-Quran, anak mama juga kian bersemangat untuk mulai mempelajarinya.

4. Gunakan flash card

4. Gunakan flash card
Shopee.co.id/wuffyland

Apabila anak mama masih balita, maka menggunakan flash card hijaiyah adalah cara tepat untuk membantu anak hafal Al-Quran. Flash card merupakan kartu berwarna-warni berisi huruf hijaiyah yang dapat membantu anak memahami bacaan Al-Quran.

Mama dapat mencoba mengenalkan flash card kepada si Kecil sedari usia 6 bulan, lho.

Hal tersebut bertujuan supaya anak terbiasa dengan huruf-huruf hijaiyah. Selain itu, seringlah menyenandungkan bacaan ayat suci kepada anak agar telinganya akrab dan mampu mengasah otaknya lebih dekat dengan Al-Quran.

5. Bacakan surat pendek sebelum tidur

5. Bacakan surat pendek sebelum tidur
Pexels/Thirdman

Terkadang orangtua akan menyanyikan sebuah lagu sebagai pengantar tidur anak. Nah, selain menyanyikan lagu, Mama bisa mencoba untuk menggantikannya dengan bacaan ayat suci Al-Quran supaya membantu telinga anak mama terbiasa dengan ayat suci.

Akan lebih baik lagi jika Mama bisa membiasakan anak menghafal surat-surat pendek yang mudah untuk dihafal sebelum tidur agar hafalan tersebut meletak dalam otak anak.

6. Rutin menguji bacaan anak

6. Rutin menguji bacaan anak
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Apabila anak telah mampu menghafal surat-surat pendek dalam juz 30, maka runtinlah mulai menguji bacaannya. Hal ini bertujuan supaya anak terbiasa dan menyimpan ayat-ayat suci Al-Quran di dalam otaknya, sehingga bisa memudahkannya menghafal surat dengan bacaan atau ayat yang lebih panjang.

Ketika menguji hafalan, lebih baik jangan langsung menghukum anak jika anak mama hafalannya tidak lancar, sebab hal tersebut malah akan membuatnya takut.

7. Jadikan membaca Al-Qur’an sebagai hobi

7. Jadikan membaca Al-Qur’an sebagai hobi
Pexels/Nadim Shaikh

Cara yang satu ini mungkin memang sulit untuk dilakukan, tetapi membaca Al-Quran perlu terus dibiasakan sampai anak menganggap bahwa membaca Al-Quran adalah sebuah hobi.

Caranya adalah dengan selalu memberi contoh dan mengajak anak untuk membaca Al-Quran secara bersama-sama setiap hari sehabis salat.

Sebagai orantua, Mama harus memberi contoh bahwa membaca Al-Quran adalah suatu kegiatan yang menyenangkan.

Nah itulah tadi informasi terkait cara melatih anak hafal Al-Quran. Tetap istikamah ya Ma untuk mengajari anak supaya bisa menghafal Al-Quran dengan baik dan benar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk