Inilah 9 Obat Penurun Panas untuk Anak dan Harganya

Rekomendasi obat penurun panas untuk anak

14 November 2021

Inilah 9 Obat Penurun Panas Anak Harganya
Pexels/cottonbro

Saat anak mengalami suhu tubuh yang panas atau demam, pasti orang tua ingin memberikan penanganan tercepat agar anak bisa segera sembuh. Selain mengunjungi dokter, Mama bisa membeli obat penurun panas untuk anak di apotek terdekat.

Mama akan diberikan obat penurun panas sesuai dengan kondisi yang dialami oleh anak Mama.

Berikut ini Popmama.com mengumpulkan beberapa obat penurun panas untuk anak yang perlu diketahui oleh orangtua, antara lain:

1. Hufagrip TMP

1. Hufagrip TMP
https://www.halodoc.com

Anak yang terkena demam, biasanya akan lebih rewel dan merasa tidak nyaman. Mama bisa memberikan Hufagrip TMP yang mengandung ibuprofen dengan takaran 5 ml ke anak Mama yang sedang demam.

Obat ini bisa membantu meringankan nyeri ringan dan suhu panas pada tubuh anak Mama. Harga Hufagrip TMP yaitu sekitar Rp.19.000.

2. Tempra Paracetamol

2. Tempra Paracetamol
Instagram.com/mdn_mart
tempra drops paracetamol

Salah satu obat untuk menurunkan panas pada badan anak, yaitu Tempra Paracetamol. Fungsi obat Tempra Paracetamol ialah menurunkan demam, nyeri ringan, sakit kepala, sakit gigi, dan lain lain.

Mama perlu persetujuan dokter sebelum meminum Tempra Paracetamol dan konsumsi obat ini sesuai takarannya yaitu usia 2-3 tahun sebanyak 5 ml, usia 4-5 tahun sebanyak 7.5 ml, dan 6-8 tahun sebanyak 10 ml. Harga Tempra Paracetamol sekitar Rp.50.000.

3. Farsifen Ibuprofen

3. Farsifen Ibuprofen
toko.sehatq.com

Jika anak mengalami panas dan berusia 1 tahun hingga 12 tahun, Mama bisa memberikan obat Farsifen Ibuprofen sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Bagi anak yang memiliki berat badan di bawah rata-rata, lebih baik tidak diberikan obat Farsifen Ibuprofen.

Obat Farsifen Ibuprofen dapat membantu anak menurunkan demam yang tinggi dan memberikan efek samping seperti mengantuk, mual, pusing, dan sakit perut. Harga Farsifen Ibuprofen yaitu Rp.7.900.

Editors' Picks

4. Mirasic Sirup Paracetamol

4. Mirasic Sirup Paracetamol
https://www.k24klik.com/

Bagi Mama yang ingin memberikan obat penurun panas untuk anak tanpa resep dokter, Mama bisa membeli Mirasic Sirup Paracetamol yang dijual bebas di apotek. Obat ini cocok untuk diberikan kepada anak dengan usia di atas 6 bulan hingga 12 tahun.

Mirasic Sirup Paracetamol dapat menurunkan demam, serta sakit gigi, nyeri, dan sakit kepala yang dialami oleh anak Mama. Harga Mirasic Sirup Paracetamol yaitu Rp.31.500.

5. Praxion Paracetamol

5. Praxion Paracetamol
goapotik.com

Obat yang dapat menurunkan panas pada tubuh anak Mama yaitu Praxion Paracetamol. Obat ini dapat menurunkan demam dan beberapa kondisi yang dirasakan oleh anak, seperti sakit kepala dan sakit gigi.

Berikan obat Praxion Paracetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan, jika anak Mama berusia 1 – 2 tahun, berikan sebanyak 5 ml dan anak usia 2 – 6 tahun berikan sebanyak 10 ml. Harga Praxion Paracetamol yaitu sekitar Rp.47.000.

6. Proris Suspensi Ibuprofen

6. Proris Suspensi Ibuprofen
Instagram.com/apotektiara

Biasanya demam akan membuat seluruh tubuh anak Mama menjadi terasa nyeri. Mama bisa mengobati anak Mama dengan Proris Suspensi Ibuprofen yang dapat dibeli di apotek dan sesuaikan dengan dosis yang direkomendasikan.

Untuk anak usia 1-2 tahun, berikan sebanyak 50 mg dan 3-4 kali, sedangkan anak usia 3-7 tahun, berikan sebanyak 100 mg dan 3-4 kali. Harga Proris Suspensi Ibuprofen yaitu sekitar Rp.22.000.

7. Sanmol Paracetamol

7. Sanmol Paracetamol
Shopee.co.id

Obat yang dikhususkan untuk penurun panas pada anak yaitu Sanmol Paracetamol yang dapat Mama berikan kepada anak berusia 1 – 5 tahun. Sanmol Paracetamol bisa menurunkan demam, meredakan sakit kepala, dan meredakan sakit gigi.

Berikan obat Sanmol Paracetamol sesuai dosis yang ditentukan, yaitu pada anak usia 1 – 2 tahun sebanyak 3 – 4 kali dan diberikan 2,5 – 5 ml, usia 2 – 5 tahun sebanyak 5 – 10 ml. Harga Sanmol Paracetamol sekitar Rp.15.500 hingga Rp.33.600.

8. Termorex Paracetamol

8. Termorex Paracetamol
https://shopee.co.id

Jika Mama ingin mencari obat deman untuk anak tanpa alkohol, Mama bisa memberikan obat Termorex Paracetamol. Obat ini bisa membantu menurunkan panas saat bayi sedang demam dan saat bayi setelah melakukan asuransi.

Mama harus mengikuti aturan pakai yang dianjurkan, seperti usia 1 – 2 tahun sebanyak 1 sendok takar, sedangkan usia 2 – 6 tahun sebanyak 1 – 1 ½ sendok. Harga Termorex Paracetamol yaitu Rp.22.000.

9. Panadol Anak-anak

9. Panadol Anak-anak
https://www.halodoc.com

Obat penurun panas selanjutnya yaitu Panadol Anak-Anak yang dapat diberikan kepada anak sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Untuk anak usia 1 – 2 tahun berikan sebanyak 3,75 ml, usia 2 – 3 tahun sebanyak 5 ml, usia 4 – 5 tahun sebanyak 7,5 ml, usia 6 tahun sebanyak 10 ml.

Selain untuk demam, Panadol Anak-Anak bisa digunakan untuk meredakan demam sesudah vaksin dan gejala lainnya seperti sakit kepala dan sakit gigi. Harga Panadol Anak-Anak yaitu sekitar 

Demikian ulasan mengenai obat penurun panas yang dikhususkan untuk anak-anak dan Mama bisa sesuaikan dosis pemberian obat dilihat dari anjuran dan sesuai umur anak Mama. Bagaimana menurut Mama mengenai obat penurun panas untuk anak?

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.