Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekreasi ke Taman Bunga di Jogja, Mengenalkan Jenis Tanaman ke Anak

Daftar wisata taman bunga di Jogja yang wajib Mama dan anak kunjungi, melihat beragam tanaman

4 Desember 2022

Rekreasi ke Taman Bunga Jogja, Mengenalkan Jenis Tanaman ke Anak
Freepik/Eagle2308
Ilustrasi

Yogyakarta tidak pernah kehabisan cara untuk memikat hati para wisatawan untuk berkunjung lagi dan lagi ke kota istimewa ini. Jogja menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia, khususnya yang bertempat tinggal di Pulau Jawa.

Di kota pelajar ini, Mama dan Papa akan disuguhkan berbagai jenis objek wisata, mulai dari indoor hingga outdoor. Tidak hanya sekadar liburan saja, Mama bisa mengajak anak-anak wisata sambil belajar lho. Tentu belajar yang dimaksud berupa menambah wawasan dan pengetahuan umum si Kecil.

Destinasi wisata di Jogja terbilang cukup ramah di kantong. Faktor murah-meriah menjadi salah satu daya tarik kota Sri Sultan Hamengkubuwono X ini. 

Berikut Popmama.com merangkum taman bunga di Jogja yang bisa Mama kunjungi bersama anak dan keluarga. Mengenalkan anak tentang nama-nama bunga dengan cara menyenangkan. 

1. Alamanda Jogja Flower Garden

1. Alamanda Jogja Flower Garden
Instagram.com/enno.ennok

Alamanda Jogja Flower Garden atau Taman Bunga Alamanda Turi Sleman adalah salah satu taman bunga paling hits di Jogja. Selain bisa menikmati indahnya warna-warni bunga, wisatawan akan dimanjakan dengan melimpahnya spot berswafoto. 

Sudut untuk swafoto tersebut, yaitu Taman Bunga Lavender dan Celosia, replika rumah hobbit, balon udara mini, kerangka poligon estetik di hamparan rumput, patung Doraemon, tiruan kincir angin Belanda, serta mini trail dan mobil remote control. 

Mama dan anak bebas berfoto-foto tanpa dipungut biaya. Taman bunga cantik ini beralamat di Jalan Tempel-Turi, Ngentak Bangun Kerto, Turi, Sleman, DIY.

Jarak yang harus ditempuh menuju taman bunga Alamanda kurang lebih 20 Km atau satu jam dari titik utama kota Jogja.

Setiap pengunjung dikenakan tarif Rp 15 ribu per orang. Parkir motor dipatok sebesar Rp 2 ribu sementara mobil seharga  Rp 3 ribu. Alamanda Jogja Flower Garden buka dari jam 08.00-17.00 WIB setiap harinya.

Demi menunjang kenyamanan berekreasi, pengelola menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Meliputi toilet, mushola, gazebo, restoran, beberapa kursi, dan sebagainya.

Jadi seusai berswafoto bisa mengisi perut di resto yang telah tersedia. Selain itu, untuk  memaksimalkan hasil jepretan tersedia pula boneka-boneka lucu seperti beruang, panda, super mario, dan lainnya.

Editors' Picks

2. Taman Bunga Kukup Mentari

2. Taman Bunga Kukup Mentari
Instagram.com/argiayususanti

Taman Bunga Kukup Mentari dipenuhi bunga celosia berwarna cerah, yakni merah dan kuning. Pemilihan warga ini memberikan kesan ceria bagi para pengunjungnya. Warnanya pun begitu cantik saat dipotret.

Jadi jangan lupa mengabadikan momen liburan bersama si Kecil di taman bunga di Jogja ini, ya, Ma.

Tiket masuk Taman Bunga Kukup Mentari sebesar Rp 5 ribu per orang. 

Destinasi taman bunga ini buka sejak pukul 06.00-18.00 WIB. Taman Bunga Kukup Mentari beralamat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

3. Taman Bunga Resoinangun

3. Taman Bunga Resoinangun
camerawisata.com

Masih menawarkan keindahan bunga Celosia, bedanya Taman Bunga Resoinangun menghadirkan jenis bunga lainnya.

Mama dan anak akan menemukan bunga kertas atau bougenville, bunga marigul, bunga matahari dan beberapa bunga lainnya. 

Selain berswafoto dengan latar belakang bunga-bunga, Taman Bunga Resoinangun menyediakan sudut berfoto yang lebih bagus.

Pengunjung bisa bergaya di ayunan, sepeda hias, kursi kayu di tengah-tengah ladang bunga hingga gardu padang. 

Taman bunga ini berlokasi di dekat area persawahan. Lama menuju ke taman tidak lebih dari satu jam untuk sampai ke area ini. Harga tiketnya pun terjangkau, yaitu Rp 5 ribu per orang. 

Sementara untuk biaya parkir, Mama cukup mengeluarkan Rp 2 ribu saja untuk mobil ataupun motor. Mulai buka dari jam 06.00-18.00 WIB.

Alamat Taman Bunga Resoinangun di Dusun Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

4. Taman Bunga Matahari Pantai Glagah, Kulon Progo

4. Taman Bunga Matahari Pantai Glagah, Kulon Progo
Instagram.com/hannynurida

Eksotisnya bunga matahari jadi daya tarik utama Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah ini lho, Ma.

Si Kecil bisa melihat bahkan memegang secara langsung bentuk bunga matahari di taman bunga ini. 

Hamparan bunga matahari ini berjarak tidak jauh dari Pantai Glagah. Jadi, usai menjelajah dan mengeksplorasi taman bunga matahari, Mama bisa langsung mengajak anak bermain air di Pantai Glagah yang terkenal karena laguna dan pasir hitamnya.

Apabila Mama dan keluarga hendak berkunjung ke taman bunga ini, disarankan untuk datang di pagi hari. Tepat saat sinar matahari belum terlalu menyengat. Birunya awan di pagi hari ditambah kuningnya bunga matahari menjadi sebuah perpaduan ciamik saat dipotret menggunakan kamera atau gawai. 

Untuk memasuki taman bunga ini cukup mengeluarkan uang Rp 5 ribu per individu. Pengunjung bisa menyambangi Taman Bunga Matahari Pantai Glagah sejak pukul 06.00-18.00. Alamatnya di Jalan Pantai Glagah, Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

5. Taman Bunga Amarilis

5. Taman Bunga Amarilis
Instagram.com/jogja24jam

Taman Bunga Amarilis wajib masuk dalam daftar tujuan wisata di Yogyakarta. Terutama bagi Mama dan si Kecil yang merencanakan liburan akhir tahun ke kota istimewa ini.

Pasalnya waktu tersebut adalah momen dimana bunga amarilis akan mekar sempurna. Sehingga pengunjung bisa dengan maksimal melihat keelokan bunga amarilis.

Tidak seperti bunga matahari dan bunga Celosia, sejatinya bunga amarilis adalah gulma atau tanaman pengganggu.

Namun warna oranye atau jingga bunga amarilis mengubah persepsi bagi orang yang melihat.

banyak yang tidak akan menyangka bahwa ini adalah tanaman pengganggu. Warna ini pula yang menjadi daya tarik setiap mata yang memandangnya. 

Karena tidak mekar setiap saat, tidak salah jika Mama dan si Kecil berswafoto di taman bunga nan elok ini. Taman Bunga Amarilis sudah menjadi favorit warga sejak tahun 2015. Bahkan taman bunga cantik ini tidak hanya jadi favorit wisatawan lokal bahkan sampai turis asing.

Jika Mama berniat menanam dan membudidayakan bunga amarilis di rumah, pengelola menjual bibitnya lho Ma. Jadi si Kecil bisa menikmati keindahan bunga gulma ini setiap kali bunga ini mekar sempurna.

Pengelola mematok tiket sebesar Rp 10 ribu per pengunjung. Buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Taman bunga kece ini beralamat di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Demikian ulasan mengenai taman bunga di Jogja yang menarik untuk Mama dan si Kecil datangi saat berada di kota pelajar ini. Rekreasi ke taman bunga bertujuan membantu anak mengenal beragam jenis-jenis bunga.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk