Lebih Mudah Ajarkan Agama Pada Anak Lewat Film Animasi

Riko The Series bisa Mama jadikan pilihan lho!

15 Februari 2020

Lebih Mudah Ajarkan Agama Anak Lewat Film Animasi
Instagram/RikoTheSeries

Ada banyak cara untuk mengajarkan tentang agama pada si Anak, salah satunya yaitu dengan menonton film animasi. Kabar baik buat Mama sebab Garis Sepuluh Corporation telah meluncurkan karya perdananya dalam bentuk sebuah serial animasi anak-anak yang berjudul Riko The Series pada 9 Februari 2020.

Riko The Series adalah tayangan hiburan yang mendidik, dengan demikian animasi ini disebut sebagai animasi edutainment. Dalam kesehariannya Riko akan ditemani oleh Q110 yaitu sebuah robot yang selalu dapat menjawab rasa ingin tahu Riko berdasarkan petunjuk Al-Quran.

Sebelumnya, serial animasi Nussa dan Rara telah lebih dulu hadir dalam industri animasi di Indonesia. Jika Riko The Series menggambarkan Anak yang penuh rasa ingin tahu, lain halnya dengan Nussa dan Rara. Serial animasi Nussa dan Rara menceritakan tentang dua saudara kandung bernama Nussa dan Rara yang menjalani kesehariannya dengan menerapkan ajaran-ajaran agama Islam.

Meski kedua animasi tersebut akan membuat Mama lebih mudah dalam mengajarkan agama pada si Kecil, Perhatikan juga hal-hal berikut ini yang telah Popmama.com rangkum:

1. Manfaat menyuguhkan animasi tentang agama pada si Anak

1. Manfaat menyuguhkan animasi tentang agama si Anak
Pixabay/muhammadweb

Sering kali anak menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, banyak dari anak-anak yang bermain gadget hanya untuk sekadar melihat konten-konten yang tidak penting hingga konten bermuatan negatif.

Hadirnya serial animasi Riko The Series serta Nussa dan Rara dapat memberi contoh kepada si Anak untuk melakukan hal-hal yang baik. Selain itu, kedua serial animasi tersebut menyuguhkan gambar visual yang bergerak, memiliki warna serta mengeluarkan suara, sehingga pembelajaran tersebut dapat menjadi menyenangkan, si Anak pun otomatis akan lebih mudah mengerti dan mengingatnya.

Editors' Picks

2. Dampingi si Anak selama menonton film animasi

2. Dampingi si Anak selama menonton film animasi
Freepik/Tirachardz

Orangtua berperan penting dalam kehidupan si Anak. Dengan menemaninya menonton film animasi, anak akan merasa lebih dekat dengan orangtuanya. Hal ini akan membuat Anak merasa lebih disayangi dan diperhatikan.

Tidak dapat dipungkiri, Anak pastinya akan memiliki pertanyaan-pertanyaan yang tidak ia mengerti selama menonton film animasi. Oleh karena itu, dengan mendampinginya, Mama pun bisa menjawab langsung pertanyaan-pertanyaan si Anak.

3. Animasi lainnya yang juga mengandung nilai Islami

3. Animasi lain juga mengandung nilai Islami
idntimes.com

Serial animasi ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2014. Karakter dalam film Adit Sopo Jarwo ini menceritakan tentang kehidupan sebuah kampung yang ditinggali oleh warga dari berbagai suku di Indonesia.

Animasi ini berkisah tentang Adit sebagai seorang murid sekolah dasar yang harus berurusan dengan karakter Sopo dan Jarwo yang merupakan seorang preman kampung lucu dan selalu menggelitik. Sesekali film animasi ini menyelipkan nilai-nilai Islami dengan menghadirkan sosok pak RT dan pak Ustad. 

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.