9 Daerah di Indonesia yang Memiliki Nama Kembar, Ada Depok dan Jombang

Ternyata nama daerah di Indonesia tidak hanya di gunakan pada satu tempat saja, lho!

21 Januari 2022

9 Daerah Indonesia Memiliki Nama Kembar, Ada Depok Jombang
Mapsofworld.com

Indonesia merupakan negara kepulauan yang artinya terdiri dari banyak pulau. Berdasarkan data dari pemerinta, pada tahun 2021 tercatat ada 17.000 pulau di Indonesia. Benar-benar kaya sekali ya Indonesia!

Banyaknya pulau tersebut tentunya dibagi-bagi menjadi beberapa daerah. Nah, tahukah kamu bahwa daerah-daerah di Indonesia ternyata memiliki nama yang sama? 

Berikut ini Popmama.com telah menyajikan 9 nama daerah di Indonesia yang memiliki nama kembar. Simak yuk! 

1. Depok 

1. Depok 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani
Kasus Covid di Depok

Kamu pasti sudah tak asing dengan nama Depok? Kebanyakan orang hanya tahu Depok merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang dekat dengan Jakarta. 

Namun, jika diselidiki lebih jauh ada pula daerah lain di Indonesia yang menggunakan Depok menjadi nama daerahnya yakni Kecamatan Depok di Yogyakarta dan Cirebon. 

2. Jetis 

2. Jetis 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Sama dengan Depok, nama Jetis pun dipakai untuk beberapa tempat di Indonesia. Mulai dari nama kecamatan hingga nama desa.

Daerah-daerah tersebut adalah Kecamatan Jetis di DI Yogyakarta, Kecamatan Jetis di Mojokerto, dan Desa Jetis di beberapa daerah di Jawa Tengah. 

3. Jombang 

3. Jombang 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Jombang merupakan nama yang digunakan untuk berbagai daerah di Indonesia antara lain Kabupaten Jombang di Jawa Timur dan Kelurahan Jombang di Banten. 

Editors' Picks

4. Karanganyar 

4. Karanganyar 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Karanganyar pun menjadi salah satu nama yang banyak digunakan oleh daerah-daerah di Indonesia. 

Daerah-daerah tersebut yakni: 

  • Kota Karanganyar di Solo, Jawa Tengah 
  • Kecamatan Karanganyar di Kebumen, Jawa Tengah
  • Desa Karanganyar di Banyumas, Jawa Tengah 
  • Kelurahan Karanganyar di Bandung, Jawa Barat 

5. Kediri 

5. Kediri 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Kediri pun digunakan untuk nama dua daerah di Indonesia Kota Kediri di Jawa Timur dan Kecamatan Kediri di Kabupaten Tabanan, Bali. 

6. Manggarai 

6. Manggarai 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Nama Manggarai mungkin lebih dikenal sebagai salah satu daerah di Jakarta Selatan. Sebab, selain menjadi nama daerah, Manggarai pun digunakan untuk nama salah satu stasiun kereta api Jabodetabek. 

Namun, nyatanya ada daerah lain di Indonesia yang menggunakan nama Manggarai, yakni Kabupaten Manggarai di Nusa Tenggara Timur. 

7. Nusantara 

7. Nusantara 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Pada mulanya nama Nusantara hanya dipakai untuk seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Namun, pada Senin (17/1/2022) lalu, pemerintah telah memutuskan Nusantara menjadi nama ibu kota baru di Kalimantan Timur. 

Penetapan nama Nusantara untuk Ibu Kota Indonesia yang baru sempat menuai pro kontra. 

Beberapa orang yang pro atau setuju menafsirkan Nusantara menjadi sebagai bentukan “nusa” dan “antara” karena Kalimantan memang berada di tengah berbagai pulau, samudra, dan benua.

Sedangkan, beberapa orang yang kontra menyatakan kalau Nusantara akan menimbulkan kerancuan. sebab, ketika seseorang menyebut kata "Nusantara" ada dua makna, apakah ia menyebut ibu kota atau seluruh Indonesia. 

8. Pasuruan 

8. Pasuruan 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Nama Pasuruan digunakan untuk dua daerah di Indonesia yakni Desa Pasuruan di Lampung Selatan dan Kabupaten Pasuruan di Jawa Timur. 

9. Purwodadi 

9. Purwodadi 
Popmama.com/Devi Ari Rahmadhani

Nama daerah yang kembar lainnya yakni Purwodadi. Nama ini digunakan untuk Kota Purwodadi di Jawa Tengah dan Kecamatan Purwodadi di Pasuruan, Jawa Timur. 

Nah itulah beberapa daerah di Indonesia yang memiliki nama kembar. Tak menutup kemungkinan di masa mendatang akan ada nama daerah lain di Indonesia yang kembar. Kita nantikan saja, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk