Persiapan untuk Memasukkan Anak Berkebutuhan Khusus ke SD

Lakukan hal ini sedini mungkin

21 September 2021

Persiapan Memasukkan Anak Berkebutuhan Khusus ke SD
Freepik/pvproductions

Baik anak berkebutuhan khusus maupun anak biasa, memiliki hak yang sama untuk sekolah di tingkat dasar atau SD. Mereka dapat bersekolah di manapun sesuai keinginannya. Mereka pun harus memiliki kesiapan yang matang sebelum masuk ke SD. 

Jika anak telah memiliki kesiapan, maka nantinya akan mempermudah proses belajar mengajar. 

Untuk itu, Mama harus melatih hal-hal yang telah Popmama.com rangkum berikut ini agar anak berkebutuhan khusus siap masuk ke sekolah. Informasi ini berdasarkan pesan yang disampaikan oleh Pritta Tyas, M.Psi. dan Ratna Kusumawati, M.Psi. 

Editors' Picks

1. Kemandirian

1. Kemandirian
Freepik/jcomp

Hal pertama yang perlu disiapkan yakni kemandirian anaka untuk bisa melakukan beberapa selfcare. Misalnya, ia bisa ke kamar mandi sendiri, membuka celana dan menggunakan celana sendiri, mencari barangnya sendiri, membuka buku pelajarannya dan lain sebagainya. 

2. Rutinitas 

2. Rutinitas 
Freepik/Tirachardz

Salah satu hal terpenting bagi anak berkebutuhan khusus yakni rutinitas. Mama perlu mengatur struktur rutinitas yang jelas. 

"Jadi kita sudah biasakan mereka untuk bangun pagi, waktu sarapan berapa lama, setelah itu melakukan aktivitas apa dan nanti di sekolah akan melakukan apa," ucap Ratna Kusumawati, M.Psi. 

Sebab, rutinitas yang lebih terprediksi dan terstruktur akan membuat anak-anak berkebutuhan khusus menjadi lebih mudah dalam beradaptasi. Dibanding rutinitasnya tidak konsisten dan dia tidak tahu apa yang harus ia hadapi.

3. Komunikasi

3. Komunikasi
Freepik/our-team

Komunikasi antara orangtua dan pihak sekolah pun merupakan hal penting. Hal itu guna mendapatkan sekolah yang cocok untuk anak. Ada beberapa hal yang bisa Mama tanyakan kepada pihak sekolah, seperti: 

1. Metode belajar dan kurikulum sekolah

Setiap sekolah memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum mendaftarkan anak, Mama perlu tahu metode belajar seperti apa yang diterapkan oleh sekolah tersebut. 

Mama harus menyesuaikan metode belajar serta kurikulum belajar yang digunakan sekolah dengan kemampuan anak mama. 

2. Support yang akan diberikan oleh sekolah 

Sebagai orangtua, kita perlu tahu support dari sekolah. Bagaimana kebijakan yang dimiliki sekolah terkait dengan anak berkebutuhan khusus. 

Salah satu contoh support yang sering diberikan oleh beberapa sekolah untuk anak berkebutuhan khusus adalah shadow teacher. 

Shadow teacher biasanya memiliki kemampuan lebih mudah dekat dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Hal itu bisa membantu anak mama untuk lebih nyaman dan betah ketika mengikuti pelajaran di sekolah. 

3. Program 

Selain itu, Mama juga perlu mengetahui program apa saja yang disediakan oleh sekolah berkebutuhan khusus untuk anak-anak. 

Itulah beberapa hal yang perlu Mama lakukan sebelum anak mama yang berkebutuhan masuk SD. Semangat terus mendampingi anak-anak mama dan semoga bisa menemukan sekolah yang cocok untuk mereka. Semangat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.