5 Cara Menyenangkan Memperkenalkan Cerita Rakyat dan Dongeng ke Anak

Carilah cara yang menyenangkan dalam memperkenalkan cerita rakyat yuk, Ma!

10 Juni 2020

5 Cara Menyenangkan Memperkenalkan Cerita Rakyat Dongeng ke Anak
Freepik/prostooleh

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki cerita yang sudah melegenda. Banyaknya cerita rakyat di berbagai daerah seolah turun temurun disampaikan ke anak-anak secara lisan, bahkan ini bisa menjadi cara tersendiri untuk membuat anak tertidur lelap di malam hari. 

Cerita rakyat seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya Indonesia. Hanya saja, anak-anak di era modern seperti sekarang sudah kurang antusias mendengarkan cerita rakyat. 

Peran orangtua dalam memperkenalkan cerita rakyat ke anak pun harus diasah kembali, sehingga lebih menyenangkan untuk anak-anak. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cara mudah sekaligus menyenangkan dalam memperkenalkan cerita rakyat dan dongeng ke anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak cara-cara yang menyenangkan yuk, Ma!

1. Terapkan satu hari satu cerita agar anak semakin tertarik

1. Terapkan satu hari satu cerita agar anak semakin tertarik
Unsplash/Ben Mullins

Seperti yang Mama ketahui bahwa Indonesia sendiri memiliki banyak keanekaragaman bahasa, suku dan warisan budaya lainnya. Cerita rakyat nusantara pun cukup beragam, sehingga ada banyak cerita yang bisa dibagikan kepada anak-anak. 

Ketika ingin memperkenalkan cerita rakyat ke anak dengan cara menyenangkan, Mama bisa menerapkan satu hari satu cerita. 

Metode yang satu ini bisa memicu ketertarikan anak terhadap cerita-cerita yang akan dibagikan untuknya. 

Carilah cerita yang berbeda-beda di setiap harinya, namun cukup menarik diceritkan kepada anak. Tugas Mama hanya perlu memperkaya berbagai cerita rakyat nusantara yang ada, lalu terapkan satu hari satu cerita kepada anak-anak secara konsisten. 

Editors' Picks

2. Mendengarkan podcast tentang cerita rakyat

2. Mendengarkan podcast tentang cerita rakyat
d2e111jq13me73.cloudfront.net

Jika anak-anak di rumah senang mendengarkan podcast, maka Mama bisa memanfaatkan ini untuk mencari siaran yang berisikan konten tentang cerita rakyat. 

Walau cukup langka sebuah podcast yang berisikan tentang cerita rakyat, namun cara ini bisa dilakukan untuk memperkenalkan warisan Indonesia dengan cara yang berbeda. 

Perlu diingat ketika anak diperkenalkan berbagai cerita rakyat, maka dirinya pun akan belajar mengenal nilai-nilai positif yang terkandung di dalam cerita tersebut. 

Ini bisa jadi cara memperkenalkan cerita rakyat dan dongeng ke anak yang efektif lho, Ma.

3. Membacakan cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke berdasarkan lokasi

3. Membacakan cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke berdasarkan lokasi
Freepik

Dalam memperkenalkan cerita rakyat kepada anak, rasa ingin tahu mereka perlu dipacu secara perlahan-lahan. Motivasi anak agar mereka bisa mengenal dan memahami berbagai cerita rakyat yang ada di Indonesia. 

Mengingat cerita rakyat sudah jarang diminati oleh anak-anak, Mama bisa mengajak anak untuk berjelajah melalui cerita dari Sabang sampai Merauke. 

Caranya mudah, Mama bisa memperlihatkan peta Indonesia kepada anak-anak. Kemudian minta bantuan anak untuk memilih pulau yang disukainya, sehingga cerita rakyat yang dibacakan nanti akan berdasarkan pilihan pulau tersebut. 

Selain akan mengajak untuk berjelajah ke berbagai pulau melalui sebuah cerita, anak-anak pun bisa semakin memperkaya pengetahuan terkait cerita rakyat secara lebih konsisten. 

Baca juga: Dongeng Nusantara: Kisah Malin Kundang, Anak yang Durhak

4. Pergunakan media atau properti tambahan ketika sedang bercerita

4. Pergunakan media atau properti tambahan ketika sedang bercerita
Pixabay/Gellinger

Jika anak mama termasuk menyukai aktivitas mendengarkan cerita dengan sebuah properti tertentu, maka lakukanlah. 

Mama bisa memanfaatkan benda di sekitar untuk dijadikan media untuk membacakan cerita, misalnya kostum, bayangan tangan atau bahkan pertunjukan boneka. 

Carilah media pendukung yang memang bisa digunakan untuk membacakan cerita rakyat kepada anak.

5. Anak-anak bisa diperkenalkan budaya lokal melalui sebuah permainan 

5. Anak-anak bisa diperkenalkan budaya lokal melalui sebuah permainan 
Dok. Fantasy Town

Jika si Anak termasuk seseorang yang gemar bermain game, maka ini cocok memperkenalkan cerita rakyat  dengan cara yang berbeda. 

Fantasy Town termasuk salah satu game yang menghadirkan banyak elemen Indonesia, sehingga anak-anak bisa belajar untuk memahami serta melestarikan budaya melalui sebuah permainan. 

Karakter cerita rakyat yang ada di Fantasy Town cukup beragam, mulai dari Kabayan, Nyi Iteung hingga Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. 

Perlu Mama ketahui bahwa Fantasy Town adalah game online bergenre farming simulator yang mengajak pemainnya untuk bercocok tanam, membangun kota impian hingga berpetualang menjelajahi tempat-tempat baru serta melawan berbagai monster.

Edmundo Swidoyono selaku Produser Fantasy Town berharap kalau lebih banyak orang yang dapat mengenal karakter cerita rakyat dengan cara seru, termasuk melalui sebuah game. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama pun memberikan tanggapan yang positif terkait media pembelajaran yang menyenangkan ini. 

"Di masa mobile games yang sedang menjadi primadona di kalangan anak muda sekarang, rasanya cukup efektif memperkenalkan budaya dan cerita rakyat melalui sebuah mobile games. Saya harapkan ke depannya semakin banyak developer games yang mengangkat dan memperkenalkan cerita rakyat melalui sebuah Games," ucap Wishnutama.

Itulah beberapa cara mudah sekaligus menyenangkan dalam memperkenalkan cerita rakyat dan dongeng ke anak. 

Semoga berguna dan membantu anak-anak semakin mencintai budaya Indonesia ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.