Wajib Tahu! Begini 5 Langkah Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Mama harus tetap berusaha ya!

27 Februari 2019

Wajib Tahu Begini 5 Langkah Mengatasi Anak Susah Makan Nasi
Unsplash/Vitchakorn Koonyosying

Menghadapi anak yang susah makan nasi tentu membuat semua orangtua merasa kebingungan. Apalagi saat sudah menggunakan berbagai cara, namun anak mama masih enggan untuk menyentuh nasi di piringnya. 

Padahal dilansir dari Huffington Post, nasi tidak hanya memiliki karbohidrat saja. Namun, menyimpan nutrisi yang cukup banyak di antaranya kalsium, kalium, magnesium dan vitamin B kompleks. 

Untuk Mama yang sempat kehabisan akal saat si Anak sudah mulai susah makan nasi, tak perlu khawatir karena Popmama.com sudah merangkum beberapa solusi terbaik. 

Semoga bisa membantu dan selalu tetap semangat ya, Ma!

1. Mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain

1. Mengganti nasi sumber karbohidrat lain
Pixabay/manfredrichter

Saat anak-anak susah makan nasi, Mama bisa mencari sumber karbohidrat lain sebagai penggantinya. 

Terapkan makanan-makanan pengganti nasi beberapa hari, tujuannya untuk menghilangkan rasa bosan terhadap nasi. Sumber karbohidrat sebagai pengganti nasi bisa didapat melalui sumber makanan lai, seperti: 

  • Roti isi alias sandwich bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat lain selain nasi. Beri selai atau isian yang disukainya agar memicu nafsu makan anak.  
  • Kentang bisa diolah menjadi varian jenis makanan, seperti donat, kroket hingga perkedel. Mama bisa mencari tahu olahan makanan mana yang memang disukainya. Melalui kentang sebagai pengganti nasi, setidaknya dapat memberikan sumber karbohidrat untuk tubuh. 
  • Jagung termasuk makanan yang aman dikonsumsi anak-anak. Selain bisa dikosumsi secara langsung, Mama juga bisa mengolah jagung dengan nasi secara bersamaan. Nasi jagung dapat menjadi salah satu alternatif agar si Anak lebih mudah untuk makan.

Kira-kira sudah ada rencana untuk memberikan pengganti karbohidrat melalui makanan lain nggak nih, Ma? 

Baca juga: 

2. Menambahkan sedikit rasa pada nasi

2. Menambahkan sedikit rasa nasi
Unsplash/Shawn Fields

Saat anak mama mulai susah makan nasi, sebaiknya mencari cara baru agar tetap mau makan. Salah satu permasalahan yang membuatnya enggan memakan nasi karena rasa cukup hambar. 

Untuk itu, Mama harus mencari cara agar nasi tidak cenderung hambar. Nasi bisa dimasak menggunakan kaldu ayam atau membuat nasi uduk, sehingga bisa memiliki cita rasa berbeda. 

Menaburkan bawang goreng di atas nasi yang akan dikonsumsi juga bisa membantu dalam menambahkan rasa serta aromanya. 

Baca juga: Menu Sahur Resep Nasi Tim Ayam Jamur

Editors' Picks

3. Mengajak anak untuk ikut mempersiapkan makanannya

3. Mengajak anak ikut mempersiapkan makanannya
Freepik
Memasak bersama anak

Jika ingin mengajarkan anak-anak tentang cara menghargai makanan, Mama bisa mengajaknya untuk ikut ke dapur dan belajar mempersiapkan makanan sendiri. 

Namun, sebelumnya Mama bisa menanyakan kepada si Anak terlebih dahulu mengenai makanan apa yang ingin dikonsumsinya hari ini. Jika dirinya tidak memiliki ide, Mama bisa mengusulkan untuk membuat nasi dalam bentuk sushi, bento, onigiri atau nasi dengan balutan telur dadar gulung. 

Selain dapat mencari cara agar si Anak kembali mau mengonsumsi nasi, kedunya bisa menikmati kebersamaan dan meningkatkan kualitas hubungan.

Baca juga: 

4. Menjelaskan mengenai menu makanan 4 sehat 5 sempurna

4. Menjelaskan mengenai menu makanan 4 sehat 5 sempurna
Freepik

Saat si Anak terlalu susah untuk makan nasi. Mama perlu mengajaknya berdiskusi karena hal ini tidak boleh menjadi sebuah kebiasaan buruk. 

Berdiskusilah kecil tanpa memarahi dirinya. Katakan pada anak mama bahwa makanan 4 sehat 5 sempurna perlu dikonsumsi setiap hari. 

Zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat di dalam menu makanan 4 sehat 5 sempurna seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makanan 4 sehat terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan. Lalu untuk nutrisi kelima sebagai penyempurna kesehatannya perlu ditambah susu.

Bernegoisasilah dengannya mengenai menu makanan apa saja yang diinginkan, asalkan tetap pada pola makan 4 sehat 5 sempurna. 

Usahakan untuk tetap memperkenalkan nasi secara perlahan sampai dirinya bisa menerima nasi menjadi sumber karbohidrat. Anak mama perlu mengetahui kalau nasi merupakan sumber energi untuk tubuhnya. 

Baca juga: Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Anak

5. Membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan

5. Membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan
Freepik

Ma, bentuk pola makan secara teratur bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi anak mama susah makan terutama bila sudah bertemu nasi putih. Makanlah saat sudah lapar tanpa ditunda dan bisa mengikuti jadwal yang seharusnya. 

Selain dari segi makanan yang harus tetap diperhatikan, cobalah juga untuk membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Mama bisa menemani si Anak makan bersama dengan saling berdiskusi mengenai keseruan hari ini. 

Saat sudah cukup nyaman, Mama bisa mengajaknya pelan-pelan untuk mengonsumsi nasi putih. 

Jika benar-benar anak mama enggan mengonsumsi nasi, ada baiknya kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi. Nutrisi itu di antaranya seperti lauk pauk bergizi, buah, sayur, susu hingga sumber karbohidrat lain sebagai pengganti nasi. 

Sebaiknya hindari memberikan menu-menu makanan cepat saji agar anak mama berkeinginan untuk makan nasi. Cobalah tidak membiasakan diri dalam mencari jalan pintas dengan memberikan nasi bersama lauk pauk yang cepat saji.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Ketahui Pentingnya Makan Bersama Keluarga

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!