Demi Membentuk Karakter Anak, Kenali 8 Manfaat Anak Mengikuti Pramuka

Gerakan Pramuka membantu anak membentuk karakter diri

14 Agustus 2021

Demi Membentuk Karakter Anak, Kenali 8 Manfaat Anak Mengikuti Pramuka
Instagram.com/iqbaallls

Sudah tahu belum nih Ma, kalau setiap tanggal 14 Agustus itu diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia lho.

Gerakan Pramuka adalah kegiatan remaja yang digagas oleh Lord Baden Powell dari Inggris. Pramuka  telah dimulai sejak tahun 1923. Dan, kegiatan Pramuka di Indonesia dibawa oleh pemerintah Belanda yang berkuasa di masa penjajahan.

Seperti yang sudah diketahui nih kalau Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana, ini mengartikan kalau orang muda yang suka berkarya termasuk anak-anak. Sebagai orangtua, Mama perlu memberikan dukungan kepada anak-anak bisa lebih tertarik mengikuti kegiatan Pramuka.

Tujuannya memang sederhana agar si Anak kelak akan merasakan banyak manfaat dalam pembentukan karakter setelah mengikuti kegiatan Pramuka.

Tak hanya untuk dirinya sendiri, si Anak juga akan banyak belajar dan berkembang sehingga keberadaannya di suatu tempat dapat dirasakan oleh orang lain.

Untuk Mama yang belum mengetahui manfaat yang bisa dirasakan setelah mengikuti kegiatan Pramuka, berikut rangkuman dari Popmama.com.

1. Berkomunikasi dan bekerjasama

1. Berkomunikasi bekerjasama
i.ytimg.com

Pembentukan regu di dalam kegiatan Pramuka membuat si Anak akan belajar yang namanya bekerjasama, termasuk dalam memecahkan masalah bersama. Setiap regu pada kegiatan ini dituntut untuk bisa kompak satu sama lain, sehingga perlu sekali yang namanya saling berkomunikasi.

Si Anak yang seolah dituntut untuk bisa menjalin hubungan dan saling berkomunikasi, baik dalam satu regu ataupun dengan teman-temannya di regu yang berbeda. Biasanya anak-anak yang memiliki karakter pemalu atau pendiam akan dilatih untuk belajar berani, sehingga mampu berbicara aktif dengan orang lain.

Dengan banyaknya orang baru yang dikenal dalam kegiatan Pramuka, si Anak secara tidak langsung juga akan belajar mengenai beragam karakter orang.

2. Meningkatkan kedisiplinan

2. Meningkatkan kedisiplinan
3.bp.blogspot.com

Sepertinya kegiatan Pramuka sudah diwajibkan untuk anak-anak di sekolah ya, Ma.

Dalam kegiatan Pramuka, si Anak dilatih sikap kedisiplinan sejak kecil seperti datang upacara atau melakukan istirahat sesuai waktu yang sudah disepakati.

Kedisiplinan ini dilatih agar si Anak menjadi pribadi yang mampu menyiapkan dan melakukan apapun sendiri tanpa dibantu orangtua. Ini bisa dilatih dari hal-hal kecil seperti bangun tidur, mandi, makan hingga menyiapkan keperluan sekolahnya sendiri.

Jika terus diterapkan sikap kedisiplinan akan membuat si Anak terbiasa hingga dirinya dewasa. Si Anak akan selalu berusaha bersikap disiplin, terutama mengenai masalah waktu.

3. Bertanggung jawab

3. Bertanggung jawab
pramuka.or.id

Mengikuti kegiatan Pramuka itu bukan sekedar sebuah tuntutan dari sekolah atau ikut-ikutan teman saja ya.

Dalam berkegiatan Pramuka, si Anak akan dituntut terbiasa dalam mengambil sebuah keputusan dan bisa bertanggung jawab terhadap keputusannya tersebut. Selain bertanggung jawab terhadap keputusannya saat sedang memecahkan masalah, si Anak juga harus bisa punya tanggung jawab terhadap segala tugas yang diberikannya.

Jika si Anak ditugaskan untuk membuat sebuah tenda, itu berarti dirinya harus bertanggung jawab terhadap tenda tersebut. Jangan sampai tenda yang didirikannya ini tidak berdiri sesuai intruksi atau bisa mencelakai orang lain.

Editors' Picks

4. Belajar mandiri

4. Belajar mandiri
pramukapos.com

Terbiasa dibantu orangtua atau asisten rumah tangga saat berada di rumah hanya akan membuat si Anak menjadi sosok yang manja. Seolah semua kebutuhannya sudah siap sedia karena terbiasa disediakan.

Dalam mengikuti kegiatan Pramuka, sikap si Anak yang seperti ini pelan-pelan pasti akan berubah. Saat dirinya mengikuti kegiatan Pramuka, si Anak akan diperkenalkan mengurus semua keperluannya sendiri. Apalagi kegiatan Pramuka sendiri seringkali diadakan tanpa melibatkan peran orangtua, sehingga si Anak harus berusaha mengenal kebutuhan dan memenuhinya sendiri.

5. Berpikir kreatif

5. Berpikir kreatif
alazhar.syifabudi.sch.id

Saat mengikuti kegiatan Pramuka, si Anak pasti akan merasakan banyak sekali kegiatan. Setiap regu di dalam kegiatan Pramuka, si Anak akan dituntut memecahkan masalah dengan menggunakan kreativitasnya.

Selain belajar bekerjasama dengan teman-temannya di dalam regu, si Anak juga bisa mengutarakan ide cemerlangnya saat berkegiatan bersama. Tanpa disadari kegiatan Pramuka ini mampu mengasah pola pikir dan meningkatkan kreativitas si Anak.

6. Melatih jiwa kepemimpinan

6. Melatih jiwa kepemimpinan
pramuka.or.id

Seperti yang Mama ketahui nih kalau setiap regu yang ada dalam kegiatan Pramuka itu tentu memiliki ketua dan wakil.

Setiap anak yang ada di dalam regu memiliki kesempatan yang sama dalam memimpin regunya masing-masing. Saat si Anak mendapatkan kesempatan untuk memimpin teman-temannya, ini akan melatih dirinya bersikap berani, mengenal karakter sesama tim, belajar berkontribusi dan menjadi sosok pemimpin yang baik.

Dalam kegiatan ini, si Anak juga memiliki kesempatan melihat karakter kepemimpinan dari setiap regu lainnya. Hal ini sangat berguna karena ia bisa mengenal banyak gaya kepemimpinan setiap orang yang berbeda-beda. Kesempatan berharga ini sangat berguna untuknya dalam belajar mengenai sikap kepemimpinan dan tentu akan terpakai saat dirinya memasuki usia dewasa.   

7. Belajar mencintai alam

7. Belajar mencintai alam
Unsplash/Dawid Zawiła

Pelaksanaan kegiatan Pramuka yang dilakukan di luar ruangan alias alam bebas membuat si Anak dituntut untuk mencintai alam. Berinteraksi secara langsung dengan alam bebas tentu sangat berbeda daripada hanya berada di dalam rumah. Secara tidak langsung, si Anak akan akan semakin dekat dan lebih memahami alam.

Tak hanya mencintai alam saja, si Anak akan belajar menjaga kelestarian lingkungan hidup di mulai dari lingkungan di dekatnya. Dengan pengalaman seperti ini sangat diharapkan ia bisa menjadi pribadi yang tidak akan melakukan tindakan merusak alam.

8. Meningkatkan kepedulian antar sesama

8. Meningkatkan kepedulian antar sesama
cinemapoetica.com

Dasa Dharma Pramuka sepertinya sudah tidak asing lagi untuk setiap anggota Pramuka. Di dalam Dasa Dharma Pramuka ada poin yang mengajarkan tentang sikap menyayangi antar manusia, sopa, rela menolong hingga bersahaja.

Bakti sosial atau penggalangan dana bantuan yang seringkali diadakan saat berkegiatan Pramuka akan membentuk sikap kepedulian antar sesama.

Secara tidak langsung, si Anak akan diajarkan untuk lebih peka dan bisa saling membantu teman-teman yang sedang kesusahan.

Dengan banyaknya manfaat dan pembentukan karakter dalam berkegiatan Pramuka, semoga anak-anak bisa menjadi sosok yang dibutuhkan negeri ini.

Selamat Hari Pramuka!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk