10 Cara Mudah untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Tinggi badan dianggap sebagai tanda kesehatan optimal dari seorang anak

4 Mei 2021

10 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Anak
Freepik/Olga_nikiforova

Apakah Mama ingin memiliki anak dengan tubuh yang tinggi? Kebanyakan orangtua senang jika memiliki anak yang tinggi dan kuat, karena hal ini dianggap secara luas sebagai tanda kesehatan yang optimal dari seorang anak.

Dilansir dari inc.com, sebuah studi dari peneliti di Universitas Washington di St. Louis menunjukkan bahwa orang yang lebih tinggi menghasilkan lebih banyak uang, lebih menarik bagi orang lain, dan melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi daripada orang yang lebih pendek.

Orangtua biasanya berusaha keras untuk memastikan tinggi badan anak tumbuh secara maksimal. Genetik yang turun dari orangtua menjadi faktor tertinggi dalam menentukan tinggi badan anak. Namun, itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhinya.

Banyak faktor eksternal, seperti kondisi lingkungan dan pola makan yang sehat, dapat sangat mempengaruhi tinggi badan anak. Maka itu, sangat memungkinkan bagi Mama untuk meningkatkan peluang anak dapat tumbuh tinggi dan kuat, melalui cara-cara yang sederhana.

Popmama.com telah menyiapkan 10 cara yang ampuh untuk membuat anak tumbuh lebih tinggi. Yuk simak caranya di bawah ini!

1. Diet seimbang

1. Diet seimbang
Freepik/Zinkevych

Aspek terpenting dari cara menambah tinggi badan anak adalah dengan memastikan bahwa anak mendapatkan nutrisi yang tepat. Makanan yang dikonsumsi harus sehat, agar ia tumbuh menjadi tinggi.

Diet seimbang harus memasukkan protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam proporsi yang pas. Mama juga harus memastikan bahwa anak selalu menjauhi junk food, seperti burger, minuman manis soda, dan gorengan.

Protein tanpa lemak harus tersedia dalam jumlah banyak, bersama dengan sayuran berdaun dan makanan yang kaya akan mineral seperti kalsium dan kalium.

Zinc juga memiliki pengaruh besar pada pertumbuhan anak, sehingga makanan yang kaya zinc seperti biji labu dan kacang juga harus ditambahkan ke dalam menu makanan anak .

Pola makan yang seimbang tidak hanya memberikan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan tinggi badan anak, namun juga akan membuatnya lebih kuat dalam segala hal.

2. Latihan peregangan

2. Latihan peregangan
Freepik/wayhomestudio

Walaupun sederhana, latihan peregangan juga dapat berdampak besar pada tinggi badan anak. Mengenalkan anak pada latihan peregangan sejak usia muda akan memudahkan proses pertumbuhan tinggi badannya.

Peregangan membantu memanjangkan tulang belakang dan juga meningkatkan postur tubuh anak setiap saat. Latihannya pun juga bisa sederhana dan kapan saja.

Salah satu caranya adalah minta anak berdiri tegak dengan punggung menempel ke dinding, dan regangkan otot di kakinya sambil meraih ke atas secara bersamaan.

Latihan sederhana lainnya untuk peregangan, adalah meminta anak untuk duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar, dan menyentuh jari-jari kaki dengan kedua tangan.

3. Bermain menggantung di palang

3. Bermain menggantung palang
Freepik/Bilanol

Dilansir dari parenting.firstcry.com, menggantung telah direkomendasikan selama beberapa dekade, untuk orangtua yang ingin anaknya memiliki tubuh yang lebih tinggi.

Bergantung pada jeruji juga membantu tulang belakangnya memanjang, yang merupakan bagian penting untuk menjadi lebih tinggi.

Selain gantung biasa, Mama juga dapat mendorong anak untuk melakukan pull-up dan chin-up. Olahraga tersebut dapat membuat otot lengan dan punggung lebih kuat, dan merupakan latihan yang baik untuk membantu anak agar tetap bugar.

4. Melakukan pose Yoga

4. Melakukan pose Yoga
Freepik/Senivpetro

Latihan pose yoga melibatkan banyak peregangan dan keseimbangan, jadi bisa sangat ideal bagi anak untuk membuatnya lebih tinggi. Beberapa asana yoga sangat bermanfaat dalam membantu anak tumbuh tinggi.

Pose ‘Surya Namaskar' membuat seluruh tubuh bekerja, meregangkan otot-otot lengan, punggung, dan bahkan kaki dalam satu gerakan yang mengalir.

Asana yoga yang membantu tubuh anak tumbuh tinggi lainnya adalah Chakrasana. Melibatkan anak untuk telentang, lalu membuat punggungnya melengkung ke atas dan menopang tubuhnya menggunakan lengan dan kakinya, hingga mempertahankan bentuk U.

Cobalah pertahankan bentuk ini selama mungkin, agar efektif.

Editors' Picks

5. Rutin latihan skipping

5. Rutin latihan skipping
Freepik/Gorynvd

Ada beberapa latihan seperti skipping yang membantu melatih seluruh tubuh anak. Skipping dikenal karena efeknya pada jantung, namun olahraga ini juga baik dilakukan jika Mama ingin anak menjadi lebih tinggi.

Tubuh meregang seluruhnya saat anak melompat, sehingga mendorong pertumbuhan vertikal. Latihan fisik ini juga merupakan latihan kardio yang baik dan membuat anak agar tetap bugar dan aktif.

6. Berenang

6. Berenang
Freepik/Master1305

Berenang merupakan kebiasaan sehat yang membantu anak tetap aktif. Berenang adalah olahraga seluruh tubuh, artinya olahraga ini melatih semua otot di tubuh. Berenang dalam waktu lama dapat membantu anak menghilangkan lemak ekstra yang ada, membuatnya lebih sehat secara keseluruhan.

Latihan ini melibatkan banyak peregangan ke depan, yang memperkuat tulang belakang dan meletakkan dasar bagi tubuh yang tinggi dan sehat. Berenang juga merupakan kegiatan yang banyak disukai anak-anak. Tidak ada anak yang pernah mengatakan tidak untuk bermain di air!

7. Rutin jogging

7. Rutin jogging
Freepik

Jogging juga menjadi olahraga yang bermanfaat, tidak hanya untuk anak-anak, namun juga bagi orang dewasa. Jogging memperkuat tulang di kaki dan juga meningkatkan jumlah HGH (Human Growth Hormone) atau hormon pertumbuhan, yang dibutuhkan untuk setiap pertumbuhan dalam tubuh.

Agar semakin menyenangkan, Mama juga bisa ikut jogging bersama anak dan menjadikan jogging sebagai aktivitas yang dilakukan rutin bersama-sama!

8. Hindari begadang

8. Hindari begadang
Freepik/Khromkrathok

Mungkin Mama sudah terlalu sering mendapatkan anjuran untuk menjaga pola tidur anak agar tetap berkualitas, bukan? Hal ini karena banyaknya manfaat tidur bagi kesehatan tubuh bagi anak dan juga orang dewasa.

Begadang sesekali tidak memengaruhi pertumbuhan anak dalam jangka panjang, namun jangan buat begadang sebagai kebiasaan. Mama harus memastikan anak mendapatkan tidur yang nyenyak selama delapan jam hampir setiap malam, agar ia menjadi lebih tinggi dan lebih kuat.

Ini karena hormon pertumbuhan pada anak-anak, dilepaskan hanya saat waktu tidurnya. Sehingga tidur memainkan peran langsung dalam membuat anak lebih tinggi.

9. Menjaga postur tubuh

9. Menjaga postur tubuh
Freepik/Jcomp

Untuk menambah tinggi badan anak, penting bagi Mama untuk mengingatkan anak agar ia memiliki postur tubuh yang tepat. Membungkuk dapat memberi tekanan pada tulang belakang yang dapat berdampak negatif pada tubuh.

Selain itu, postur tubuh yang buruk dapat mengubah bentuk tulang belakang anak yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Pastikan anak juga mempraktikkan postur yang baik tidak hanya untuk menambah tinggi badannya, tetapi juga untuk mencegah masalah kesehatan jangka panjang. Ingatkan anak untuk duduk dan berdiri tegak setiap kali Mama melihatnya membungkuk.

10. Mendapatkan sinar matahari sehat di pagi hari

10. Mendapatkan sinar matahari sehat pagi hari
Freepik/Travnikovstudio

Sinar matahari adalah sumber Vitamin D. Vitamin D dikenal dapat membantu pertumbuhan otot dan tulang yang akan membantu meningkatkan tinggi badan anak. Vitamin D juga membantu tubuh anak untuk menyerap kalsium dari makanan, yang membantunya memperkuat tulang.

Jadi doronglah anak untuk berjalan di bawah sinar matahari dan bermain. Namun ingatkan anak untuk di dalam ruangan selama jam-jam matahari sedang terik, dan juga gunakan tabir surya untuk melindungi kulitnya dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Sumber vitamin D lainnya termasuk ikan berlemak dan makanan laut, jamur, dan kuning telur.

Ada banyak cara untuk membuat anak tumbuh lebih tinggi, tetapi semuanya berhasil hanya jika dilengkapi dengan aktivitas lain dalam daftar. Karena itu, jaga pola makan anak dengan baik, yang dilengkapi oleh olahraga yang teratur dan tidur nyenyak, sehingga membuatnya tumbuh tinggi dan juga kuat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.