TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Hewan Laut yang Tak Memiliki Darah di Tubuhnya, Apa Saja Ya?

Beberapa hewan laut ini kerap disangka sebagai tanaman laut

31 Maret 2022

5 Hewan Laut Tak Memiliki Darah Tubuhnya, Apa Saja Ya
Pexels/Hung Tran

Di sekolah, anak tentu sudah belajar betapa pentingnya darah bagi kehidupan makhluk hidup. Salah satu alasannya adalah karena darah membawa nutrisi penting dan oksigen ke seluruh tubuh.

Anggapan ini memang benar untuk manusia, tetapi tahukah anak bahwa ini tidak selalu benar untuk dunia hewan?

Nyatanya, ada beberapa hewan yang tidak memiliki setetes darah pun di tubuhnya. Namun, hewan-hewan ini berhasil bertahan hidup tanpa masalah. Lalu,  bagaimana cara mereka bertahan hidup ya?

Beri tahu anak informasi seputar 5 hewan laut yang tak memiliki darah di tubuhnya, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini. Tambah pengetahuan anak seputar kehidupan fauna di dunia yuk!

1. Ubur-ubur

1. Ubur-ubur
Freepik/Wirestock

Tahukah anak, bahwa makhluk bertubuh transparan ini sudah menghuni lautan sejak 600 juta tahun yang lalu? Bahkan, ubur-ubur diyakini menjadi salah satu hewan pertama di bumi.

Sekitar 98 persen tubuh ubur-ubur terbuat dari air, dan mereka hidup tanpa organ yang lengkap, seperti tidak memiliki tulang, darah, otak, dan gigi.

Meskipun tampak rapuh dan tidak berbahaya, ubur-ubur sebenarnya adalah predator laut yang berbahaya. Karena mereka memiliki banyak tentakel beracun yang digunakan untuk melumpuhkan mangsanya, kemudian memakannya.

Bahkan, bukan rahasia umum lagi jika hewan ini juga sering menyengat manusia. Diperkirakan ada 150 juta orang yang disengat ubur-ubur setiap tahunnya.

Ubur-ubur hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Beberapa spesies dapat bersinar dalam gelap, dan beberapa yang lain diyakini mampu hidup abadi.

Meskipun hewan ini sangat unik, ingatkan anak untuk tidak menyentuhnya saat ia ketika berenang dan bertemu ubur-ubur di laut.

Editors' Picks

2. Spons laut

2. Spons laut
adoptananimalkits.com

Anak mungkin tak mengira bila spons laut yang tampak seperti tumbuhan laut, adalah salah satu hewan primitif tertua di bumi. Diperkirakan, spons laut telah menjadi bagian dari lautan sejak 600 juta tahun yang lalu.

Makhluk berpenampilan unik ini tidak bergerak bebas seperti hewan lainnya. Spons laut juga tidak memiliki organ lengkap, seperti darah, otot, atau sistem saraf. Menariknya, mereka juga tidak memiliki organ dalam.

Spons laut bisa berukuran hanya beberapa milimeter hingga sebesar sepuluh meter.

Makhluk ini utamanya memakan mikroorganisme dengan menyaring sejumlah air laut setiap hari. Spons laut juga merupakan hewan tangguh yang rata-rata mereka dapat hidup hingga 200 tahun. Wow!

3. Cacing pipih

3. Cacing pipih
africageographic.com

Cacing pipih merupakan endoparasit, yang hidup di dalam hewan lain. Mereka tidak memiliki organ sendiri untuk mendapatkan makanan.

Selain itu, mereka tidak memiliki sistem peredaran darah bahkan beberapa dari mereka tidak memiliki usus. Biasanya, mereka hidup di dalam usus hewan inang dan mendapatkan nutrisi dari inang.

Buat anak yang belum tahu, cacing pipih adalah hermafrodit, artinya mereka bisa hidup sebagai jantan dan betina pada waktu yang sama. Hewan ini berkembang biak dengan bertelur atau membelah menjadi dua.

Sama seperti namanya, cacing pipih memiliki bentuk yang panjang dan pipih. Panjang cacing pipih dapat bervariasi dari satu milimeter hingga 30 meter.

4. Polip karang

4. Polip karang
dkfindout.com

Polip karang hidup di dasar air, mereka pada dasarnya tidak bergerak dan terlihat seperti tanaman laut yang indah. Hewan dengan warna yang beragam ini ini tidak memiliki darah.

Kebanyakan polip memiliki kerangka berkapur, sistem saraf dan pencernaan, mampu berburu ikan serta krustasea. Polip karang juga memiliki tentakel yang dapat membantunya menangkap berbagai hewan kecil.

Seperti tumbuhan, polip karang juga mampu mendapatkan makanan melalui fotosintesis. Ganggang yang ada, merasakan cahaya dan membentuk nutrisi yang juga dikonsumsi oleh polip karang.

5. Anemon

5. Anemon
ec.europa.eu

Anemon laut adalah hewan yang juga dikenal sebagai bunga laut karena bentuknya yang tampak unik. Ada sekitar 1.000 spesies anemon laut dan kerabat terdekatnya adalah ubur-ubur serta karang.

Hewan laut ini menghabiskan sebagian besar waktunya di dasar laut, menempel di bebatuan, dan makan dengan menunggu mangsa lewat di dekatnya. Mereka adalah hewan karnivor yang kebanyakan makan ikan kecil.

Dilansir dari Science Line, anemon laut tidak memiliki sistem peredaran darah dan karena mereka tidak memiliki darah. Rongga tubuh mereka tidak memiliki lapisan atau cairan di dalamnya. Sehingga, mereka memperoleh nutrisi dan oksigen langsung dari air tempat mereka tinggal.

Wah itu dia 5 hewan laut yang tak memiliki darah di tubuhnya! Menarik sekali bukan? Yuk segera beri tahu anak untuk menambah wawasannya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk