TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Beri Tahu Anak, 10 Hewan yang Punya Lidah Paling Panjang di Dunia

Ada yang panjangnya bisa melebihi panjang tubuhnya sendiri lho!

8 Mei 2022

Beri Tahu Anak, 10 Hewan Pu Lidah Paling Panjang Dunia
thinglink.com

Hampir setiap manusia dan hewan memiliki lidah di dalam mulut. Namun tak seperti menusia, hewan menggunakan lidah mereka dengan cara yang sama sekali berbeda.

Bukan hanya saja cara atau penggunaannya, bahkan lidah hewan juga memiliki berbagai macam bentuk yang unik dan panjang yang luar biasa. 

Berdasarkan panjang tubuhnya, ada beberapa hewan yang dikenal memiliki lidah terpanjang di dunia. Saking panjangnya, bahkan ada yang melebihi panjang tubuhnya sendiri. Penasaran hewan apa saja?

Yuk beri tahu anak, 10 hewan yang punya lidah paling panjang di dunia, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Bunglon

1. Bunglon
Latimes.com

Bunglon merupakan salah satu spesies paling unik dan menarik di bumi. Selain bisa mengubah warna kulit, bunglon juga memiliki mata rotator dan lidah yang sangat panjang dan lengket. 

Jika ekornya dikecualikan, ukuran lidah bunglon bisa mencapai hampir dua kali lipat dari tubuhnya lho! Lidah bunglon biasanya dapat tumbuh hingga 24 inci (60.9 cm) bahkan lebih.

Tidak heran, jika hewan ini termasuk salah satu hewan dengan lidah terpanjang di dunia. Bukan hanya saja terpanjang, namun lidah mereka juga merupakan yang tercepat untuk menangkap mangsa.

2. Kelelawar nektar berbibir tabung

2. Kelelawar nektar berbibir tabung
kids.nationalgeographic.com

Kelelawar nektar berbibir tabung memiliki lidah yang 1,5 kali lebih besar dari tubuhnya. Hal inilah yang menjadikannya sebagai hewan dengan lidah terpanjang bila dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Mereka memiliki tubuh yang hanya berukuran 2,2 inci (5,5 cm) , tetapi lidah mereka dapat tumbuh sepanjang 3,3 inci (8,3 cm).

Bukan hanya saja panjang, kelelawar nektar berbibir tabung juga memiliki lidah berduri, lebih tepatnya bulu yang seperti rambut. Dengan bantuan bulu ini, kelelawar mampu mengekstrak lebih banyak nektar dari bunga

3. Trenggiling

3. Trenggiling
obsidianatv.com

Trenggiling memiliki lidah yang panjang dan lengket. Panjang lidahnya dapat mencapai tiga perempat dari panjang tubuhnya. Mamalia ini bisa tumbuh hingga 21 inci (53,3 cm) dengan lidah sepanjang 14 inci (35,5 cm).

Bahkan. lidah trenggiling bahkan lebih panjang dari tubuhnya. Lidah trenggiling tidak melekat pada mulut mereka, tetapi masuk jauh ke dalam sepasang tulang rusuk terakhir dan menempel di dekat panggul.

Lidah mereka dilapisi dengan air liur lengket untuk memudahkan mereka dalam menangkap serangga khususnya yang ada di dalam tanah.

4. Wryneck

4. Wryneck
birdguides.com

Tahukah anak apa itu Wryneck?

Wryneck adalah burung burung pipit berukuran kecil, yang tampak keabu-abuan secara keseluruhan, dengan bintik-bintik cokelat. Burung ini dapat bertumbuh hingga 7 inci (17,7 cm) panjangnya dan memiliki lidah yang membentang sepanjang 3,5 inci (8.89 cm).

Bisa dibilang panjang lidah wryneck mencapai setengah dari panjang tubuhnya. Wrynecks memiliki lidah silinder dengan sisik yang sangat kecil yang diatur dalam arah yang berlawanan.

Dengan bentuk lidah seperti ini, mereka semakin dimudahkan dalam mengumpulkan mangsanya dari tanah maupun di bawah kulit pohon. Makanan favorit Wryneck adalah semut dan mereka menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkapnya dari tanah

Editors' Picks

5. Ekidna

5. Ekidna
Twitter.com/australiazoo

Ekidna atau Echidnas, kadang-kadang dikenal sebagai trenggiling berduri, yang termasuk dalam famili Tachyglossidae. Panjang lidah ekidna diketahui dapat mencapai dua perlima dari panjang tubuhnya.

Mamalia ini dapat tumbuh hingga 17 inci (43 cm) dan memiliki lidah yang membentang hingga 7 inci (17,7 cm). Ekidna memiliki lidah yang panjang dan lengket yang bekerja sangat cepat untuk menyeruput mangsanya.

Lidah lengket ini membantu mereka untuk memakan semut, rayap, cacing, dan larva kumbang. Lidah Ekidna juga membantu mereka dalam memecah makanan.

Dengan tidak adanya gigi, mereka menggiling makanan di antara lidah dan bagian bawah mulut. 

6. Burung pelatuk hijau

6. Burung pelatuk hijau
earthtouchnews.com

Burung Pelatuk hijau memiliki lidah yang panjang dan ramping yang mencapai sepertiga dari panjang tubuhnya. Burung kecil ini bisa tumbuh hingga 12 inci (30,4 cm) dan memiliki panjang lidah sepanjang 4 inci (10 cm).

Menariknya, lidah burung pelatuk terlalu panjang, sehingga harus dililit di belakang tengkoraknya agar semuanya bisa masuk ke dalam kepala burung pelatuk yang mungil.

Selain itu, lidah dan otot mereka yang panjang membantu melindungi otak mereka dari pukulan berulang. 

7. Katak

7. Katak
dailymail.co.uk

Katak memang terkenal sebagai salah satu hewan berlidah panjang. Katak bisa tumbuh hingga 5 inci (12,7 cm) dengan lidah yang bisa meregang sepanjang 1,2 inci (3 cm).

Lidah mereka menempel di bagian depan mulut, sehingga memungkinkan mereka untuk mengeluarkan seluruh lidah mereka dalam hitungan milidetik. 

Seekor katak dapat menangkap mangsanya dalam waktu 0,07 detik yang berarti 5 kali lebih cepat dari kedipan mata manusia.

Selain itu, lidah katak juga sangat elastis, transparan, dan lengket dengan struktur mikro kecil di lidahnya. Lidah mereka cukup kuat untuk mengangkat beban yang beratnya 1,4 kali dari berat badan mereka sendiri.

Wow kuat sekali ya!

8. Giant anteater

8. Giant anteater
Twitter.com/detroitzoo

Giant anteater merupakan binatang yang dapat tumbuh hingga 86 inci (218 cm)dengan lidah sepanjang 26 inci (66 cm).

Dari sini bisa disimpulkan bahwa lidah mereka memiliki panjang sepertiga dari panjang tubuhnya. Hewan ini memiliki lidah yang lengket untuk membantu mereka menangkap serangga di tanah atau di bawah kulit pohon.

Karena tidak memiliki gigi, biasanya mereka akan menelan mangsanya secara keseluruhan.

Mereka menggunakan cakar depan mereka yang kuat untuk merobek kulit kayu dan menghancurkan gundukan rayap. Kemudian mereka menggunakan lidah lengket mereka untuk menghisap serangga dan semut.

9. Salamander palem raksasa

9. Salamander palem raksasa
nature.com

Salamander palem raksasa merupakan salah satu hewan pemilik lidah paling kuat di dunia para hewan.

Hewan ini bisa tumbuh hingga 7 inci (17.7 cm) dengan lidah yang membentang sepanjang 2 inci (5 cm). Sehingga, lidah salamander menutupi hampir 80 persen panjang kepala dan tubuhnya dan melekat pada dasar mulut mereka.

Salamander jenis palem raksasa ini juga memiliki lidah yang sangat cepat dan kuat yang mereka tembakkan dengan kecepatan tinggi untuk menangkap mangsanya.

Salamander dapat meregangkan lidahnya hingga dua kali panjangnya hanya dalam waktu 7 milidetik.

10. Okapi

10. Okapi
Flickr.com/Sacha Suarez

Okapi dikenal sebagai “jerapah hutan”, okapi lebih mirip persilangan antara rusa dan zebra. Hewan dengan warna tubuh cokelat dan kaki berwarna belang seperti zebra ini memiliki lidah yang panjang dan gelap.

Panjang lidahnya sendiri mencapai seperlima dari panjang tubuhnya. Okapi dapat tumbuh hingga panjang 98 inci (248 cm) dengan lidah sepanjang 18 inci (45.7 cm). Lidah mereka bahkan cukup panjang untuk mencapai mata dan kelopak mata mereka sendiri.

Tak hanya mata, hewan ini juga seringkali menggunakan lidahnya untuk membersihkan telinga. Karena lidah okapi biasanya keluar dari mulutnya saat makan, warna hitam lidahlah yang melindungi mereka dari sengatan matahari. 

Nah itulah 10 hewan yang punya lidah paling panjang di dunia, berdasarkan panjang tubuhnya. Tak hanya untuk makan, lidah yang panjang ini membantu mereka untuk bertahan hidup, melindungi diri, hingga membersihkan diri.

Dari 10 hewan di atas, mana yang paling menarik bagi anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk