7 Kepribadian dan Karakter Anak yang Menyukai Warna Hitam yang Berani

Anak berani membela apa pun yang dianggapnya benar

28 September 2021

7 Kepribadian Karakter Anak Menyukai Warna Hitam Berani
Freepik/Karlyukav

Tahukah Mama bahwa warna favorit anak dapat mengungkapkan berbagai aspek kepribadiannya? Misalnya, warna favorit anak dapat memberi tahu emosi, ambisi, caranya bersosialisasi, hingga bahkan apakah anak tipikal penghemat uang atau yang senang membelanjakan uang.

Walaupun tak banyak, ada beberapa anak yang menyukai warna hitam, misalnya karena mereka tidak suka dengan warna-warna cerah. Dibalik itu, warna hitam seringkali dianggap sebagai simbol kekuasaan.

Anak-anak yang menyukai warna hitam pun memiliki kepribadian yang menonjol dibandingkan dengan anak lainnya. Apa sajakah itu?

Yuk simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini ya!

1. Memiliki kepribadian yang kuat

1. Memiliki kepribadian kuat
Freepik/Demanna

Anak yang menyukai warna hitam tidak akan mengikuti orang lain. Ia memiliki kepribadian yang kuat sehingga tidak memiliki sikap atau mentalitas mengikuti. Melainkan selalu berpegang pada diri sendiri yang sebenarnya. 

Seperti yang Mama tahu, tidak ada warna hitam terang atau hitam gelap, hanyalah hitam. Inilah salah satu kualitas anak dengan kepribadian hitam, di mana ia merasa nyaman dengan keasliannya. Bagian dari dirinya tersebut tidak akan pernah hitang, bahkan setelah bertumbuh remaja dan dewasa.

2. Berani membela apa pun yang ia anggap benar

2. Berani membela apa pun ia anggap benar
Freepik/Master1305

Anak yang menyukai warna hitam, umumnya memiliki kepribadian yang berani. Sejak kecil, ia tidak takut menghadapi apapun, termasuk kegelapan. Selain itu, keberanian ini juga ditunjukkan ketika anak membela apa yang ia rasa benar. 

Anak yang memiliki sifat ini tak ragu-ragu dalam menyampaikan pendapatnya, baik itu di rumah, di sekolah, atau di lingkungan sekitarnya. Ia tidak akan mempedulikan apa kata orang lain yang mungkin menjatuhkannya. Sifat ini juga membuat anak pecinta hitam berani mengambil risiko.

Editors' Picks

3. Cenderung cuek

3. Cenderung cuek
Pexels/Misha Voguel

Kepribadian anak yang menyukai warna hitam lainnya adalah cuek. Bukan karena tidak memiliki empati, cuek di sini berarti anak tidak peduli dengan perkataan negatif dari orang-orang di sekitarnya, terlebih lagi terhadap penampilannya.

Ini seringkali terjadi ketika banyak orang-orang yang melihat jika anak-anak lebih sering menggunakan warna-warna cerah, namun berbeda dengan anak pecinta warna hitam yang lebih suka berpakaian atau memiliki aksesori serba hitam.

Namun Mama tak perlu buru-buru untuk merubah penampilannya, anak dengan kepribadian warna hitam ini sangat menikmati kehidupannya. Sehingga ia tak menghiraukan orang lain atau sesuatu yang dianggap tidak penting untuknya.

4. Mampu mengontrol diri dengan baik

4. Mampu mengontrol diri baik
Freepik/User11472009

Seseorang yang suka menggunakan pakaian hitam seringkali dianggap misterius, bukan? Namun ini menunjukkan sikapnya yang tenang dan kemampuannya dalam mengontrol diri dengan baik. Inilah yang membuat anak disukai oleh teman-teman disekitarnya.

Anak yang menyukai warna hitam tahu persis bagaimana mengungkapkan perasaan dan pendapat tanpa harus menyakiti perasaan orang lain. Walaupun anak mungkin terjebak dalam suasana yang "dingin" ia dapat mengontrol diri agar tidak terbawa suasana.

5. Sebenarnya sangat sensitif

5. Sebenar sangat sensitif
Pixabay/Shlomaster

Walaupun warna hitam dikaitkan dengan kekuatan, kekuasaan, kepercayaan diri, dan mandiri, yang membuatnya jadi pribadi yang sangat kuat, sebenarnya anak pecinta warna hitam juga sangat sensitif lho! Terlebih lagi ketika warna hitam ini ditunjukkan dalam cara anak berpakaian.

Seseorang yang sering memakai pakaian berwarna hitam umumnya memiliki sifat sensitif. Secara tidak sadar atau sengaja, anak mencoba melindungi diri dari emosi negatif yang kuat.

Mengenakan warna hitam juga membantu anak untuk mencegahnya terganggu, dan membantunya untuk tetap tenang dan fokus dalam situasi stres.

6. Sangat mandiri, bahkan dalam menerapkan aturan

6. Sangat mandiri, bahkan dalam menerapkan aturan
Unsplash/Annie Spratt

Kepribadiannya yang kuat tak hanya membuat anak percaya diri, namun juga membuatnya sangat mandiri. Ia tidak memiliki keinginan untuk menyenangkan semua orang, memenuhi semua harapan orang lain, hingga menganggap peraturan sebagai hal yang membosankan.

Namun ini tak membuatnya jadi anak yang membangkang atau tidak penurut, ia tetap akan menjalaninya selama yang dilakukn berguna, relevan, dan masuk akal.

Ini juga yang membuat anak menjalani hidupnya dengan mengikuti keyakinan dan aturannya sendiri. Walaupun ini mendorong anak untuk membuat keputusan yang bijak, penting bagi Mama untuk mengawasi dan membimbing anak di saat usianya dini.

Karena ini dapat mencegah anak untuk melakukan tindakan negatif yang ia tak sadari di kemudian hari.

7. Sering dianggap mengintimidasi dan menuntut orang lain

7. Sering dianggap mengintimidasi menuntut orang lain
Freepik/Pressfoto

Sikap negatif dari anak yang menyukai warna hitam lainnya justru berasal dari kualitas terbaiknya. Yup, anak memang berjuang untuk mendapatkan kekuasaan dan kontrol, ia pun juga memiliki jiwa mandiri yang tepat menjadikannya pemimpin alami.

Namun kepribadiannya tersebut dilakukan bersamaan dengan sikapnya yang tidak suka berbagi sesuatu dengan orang lain. Karena tekadnya yang kuat, ia mungkin sering dianggap mengintimidasi dengan sikap otoriter dan menuntut orang lain.

Nah kini Mama telah mengetahui beberapa kepribadian anak yang menyukai warna hitam, bukan? Perlu diingat, bahwa kepribadian warna bukan ilmu pasti. Penting untuk menjadikannya hanya sebagai referensi tambahan untuk lebih mengenal anak lebih dalam.

Setiap warna juga memiliki efeknya sendiri, namun perasaan yang dihasilkan setiap warna dapat bervariasi berdasarkan pengalaman dan budaya masing-masing.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.