TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Selalu Menyenangkan! 7 Kegiatan Bonding Mama dan Anak saat Liburan

Meningkatkan kedekatan orangtua-anak, tak harus selalu menghabiskan biaya lho!

22 Juni 2022

Selalu Menyenangkan 7 Kegiatan Bonding Mama Anak saat Liburan
Freepik/sherry

Hampir setiap hari, jadwal anak dipenuhi dengan tempat-tempat yang harus dikunjungi dan tugas-tugas yang harus dilakukan.

Dengan waktu liburan sekolah yang sudah dekat, ini adalah kesempatan yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama dan meningkatkan bonding orangtua-anakyang sangat dibutuhkan anak dan orangtua.

Tentu saja, bersenang-senang tidak selalu harus menghabiskan biaya. Bahkan, Mama bisa menghabiskan sore yang menyenangkan bersama anak menggunakan barang-barang rumah tangga biasa.

Penasaran kegiatan menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan? berikut Popmama.com telah merangkum 7 kegiatan bonding Mama dan anak saat liburan. Yuk simak daftarnya!

1. Bermain permainan papan bersama

1. Bermain permainan papan bersama
Freepik/yummypic

Bermain permainan papan bersama anak bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama.

Menariknya, permainan papan juga dapat memunculkan kepribadian setiap orang, memulai percakapan yang tidak terduga (dan kekonyolan), dan dapat membantu anak-anak mengatasi keraguan dan kepercayaan diri. 

Ada beberapa permainan keluarga klasik yang bisa dimainkan, termasuk ular tangga, ludo, Monopoli, dll.

2. Pergi ke luar

2. Pergi ke luar
Freepik/Senivpetro

Menghabiskan waktu di luar bermanfaat bagi semua orang, baik untuk Mama dan anak-anak. Itu dapat mengangkat suasana hati, menciptakan rasa eksplorasi, dan menyediakan ruang yang sempurna untuk membakar energi dan aktif.

Selama musim panas, Mama dapat mengajak anak untuk berenang, bermain pasir di pantai, berkemah, menghabiskan waktu di taman kota, atau mengunjungi atraksi luar ruangan seperti kebun binatang.

Bahkan piknik sederhana dapat menyatukan keluarga atau pada acara-acara khusus, seperti menghadiri konser luar ruangan bersama.

Editors' Picks

3. Masak atau membuat kue bersama

3. Masak atau membuat kue bersama
Freepik/tirachardz

Memasak atau membuat kue bersama anak-anak selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak senang berpartisipasi dalam sesuatu yang biasanya dilakukan orang dewasa, terutama ketika ada hadiah lezat di akhir!

Selain itu, mengajar anak-anak memasak adalah keterampilan hidup yang akan menyiapkan mereka untuk sukses di kemudian hari.

Mengetahui cara memasak, juga mengarahkan anak untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan sering menghemat uang, daripada makanan siap saji.

Selain itu, memasak bisa menjadi hiburan yang santai dan kreatif setelah hari yang sibuk.

Memanggang kue cokelat atau camilan mudah adalah cara yang bagus untuk memulai. Anak-anak dapat membantu membaca resep, mengukur bahan, mencampur, dan meletakkan adonan di atas loyang.

4. Nikmati malam keluarga

4. Nikmati malam keluarga
Pexels/Werner Pfenning

Maksimalkan waktu liburan dengan mengajak anak-anak melakukan perjalanan berkemah. Jika cuaca di luar sedang tak mendukung, Mama bahkan bisa mengajak anak "berkemah" di dalam ruangan.

Dengan tenda, kantong tidur, dan camilan khas berkemah, Mama dapat dengan mudah mengubah ruang tamu menjadi tempat perkemahan.

Berkemah dalam ruangan juga bebas dari nyamuk yang mengganggu atau cuaca yang tidak terduga.

Jika tidak punya tenda, ada banyak cara inovatif untuk membuatnya. Misalnya menggunakan selimut, seprai, dan furnitur di rumah. Mama bahkan dapat menggunakan beberapa lentera atau lampu yang dioperasikan dengan baterai untuk sebagai penerangan.

Karena petualangan berkemah di luar tidak memungkinkan, ini adalah alternatif yang bagus untuk bonding sebagai keluarga yang jauh dari layar dan perangkat lain.

Mama dan anak juga bisa menceritakan beberapa kisah, mainkan beberapa permainan papan, dan nikmati kebersamaan satu sama lain, dalam kenyamanan rumah.

5. Mewarnai bersama

5. Mewarnai bersama
Freepik/Master1305

Sebagai orangtua, Mama mungkin sudah terbiasa dengan perasaan khawatir kerika membiarkan anak melukis di rumah.

Namun tentu saja, anak-anak terkadang bosan ketika Mama meminta mereka untuk duduk diam saat liburan. Sehingga cobalah untuk membiarkan imajinasi mereka menjadi lebih luas.

Jika melukis bisa membuat kekacauan, mewarnai adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak dari segala usia, dari balita hingga remaja. 

Mewarnai dengan anak adalah kesempatan yang bagus untuk mengobrol, bertanya tentang harinya, mengapa dia menyukai warna tertentu, dll. Mama bahkan juga dapat menunjukkan cara mencampur warna dan membuat bayangan.

Tak hanya bagi anak-anak, mewarnai juga bisa menjadi terapi yang menenangkan bagi orang dewasa.

6. Menyanyikan lagu

6. Menyanyikan lagu
Freepik/Guzov Ruslan

Ini adalah aktivitas bonding yang hebat. Karena tak hanya bisa dilakukan di rumah saja, namun bisa dilakukan di mana pun!

Misalnya jika Mama dapat mengajak anak bernyanyi bersama saat berada di dalam mobil dalam perjalanan panjang, terjebak dalam kemacetan, atau bahkan saat berkendara ke luar kota untuk liburan.

Di rumah, Mama juga dapat menyisihkan waktu untuk duduk di sebuah ruangan bersama anak, membuka layanan streaming lagu atau memasukkan CD, dan bernyanyi bersama.

Mama juga bisa membuatnya lebih menyenangkan dengan menari mengikuti musik dan lagu.

7. Baca cerita bersama

7. Baca cerita bersama
Freepik/prostooleh

Ini adalah sesuatu yang dapat Mama lakukan dengan anak, kapan pun, di mana pun, dan usia berapa pun.

Tak hanya saat menjelang tidur saja, membaca cerita dapat dilakukan saat siang hari sebelum waktu tidur siang, saat hujan turun, atau saat matahari mulai terbenam.

Membaca cerita tidak perlu menjadi kegiatan yang membosankan, di mana Mama membaca dan anak mendengarkan.

Namun Mama dapat membuatnya lebih interaktif dengan bertanya kepada anak kira-kira apa yang terjadi selanjutnya. Atau ajak anak untuk berpartisipasi dengan membuat suara binatang atau efek suara dalam cerita.

Jika itu adalah cerita yang Mama dan anak sudah kenal sebelumnya, Mama dapat mengajak anak untuk melakukan sedikit pertunjukkan teater dengan barang-barang yang terdapat di rumah.

Nah itulah 7 kegiatan bonding Mama dan anak saat liburan. Penting untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Tidak hanya ketika mereka masih kecil, tetapi juga di masa remaja mereka.

Waktu yang dihabiskan bersama akan membantu keluarga membangun kenangan. Ini juga akan menjadi hal-hal yang akan diingat anak-anak ketika mereka dewasa dan memulai keluarga mereka sendiri.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk