8 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan Anak

Tak hanya rasanya yang manis, namun clover honey memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi anak

17 Oktober 2020

8 Manfaat Clover Honey Kesehatan Anak
Freepik/Elenayakimova

Madu adalah salah satu bahan alami yang banyak digemari karena memiliki rasa yang manis dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ada berbagai macam jenis madu dengan rasa, aroma, hingga warna yang bervariasi.

Salah satu madu yang saat ini populer adalah clover honey. Clover honey adalah jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi (clover plants). Madu ini menjadi populer karena diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh orang dewasa hingga anak-anak.

Madu jenis ini berwarna kuning terang, dengan aroma khas tanaman dan rasa manis yang lebih ringan dari madu jenis lainnya.  Selain kandungan gula, clover honey juga mengandung protein asam amino, vitamin, mineral, enzim, dan asam fenolat (phenolic acid) yang merupakan antioksidan.

Untuk mengetahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh anak, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama di bawah ini.

Yuk Ma, disimak informasinya ya!

1. Meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak

1. Meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak
Freepik/pressfoto

Clover honey mengandung protein asam amino, vitamin, mineral, enzim, dan asam fenolat yang membuat madu ini bersifat antioksidan, antibakteri, dan antivirus yang bisa menjaga sistem imun anak menjadi tetap prima di saat menjalani aktivitasnya tiap hari.

Sedangkan antioksidan dalam clover honey dapat mencegah atau mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Serta memiliki kandungan antibakteri yang sebagian berasal dari hidrogen peroksida yang biasa ditemukan pada sebagian besar jenis madu.

Sehingga clover honey ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh anak melawat zat asing atau potensi infeksi di seluruh tubuh.

2. Memperbaiki dan melancarkan saluran cerna

2. Memperbaiki melancarkan saluran cerna
Freepik

Selain itu, kandungan gula pada madu clover honey ini juga berperan sebagai prebiotik yang mampu membantu pertumbuhan bakteri baik serta melancarkan saluran cerna.

Dengan mengonsumsi 1-2 sendok the madu clover honey, bisa membantu meredakan nyeri perut, membantu proses penyembuhan gangguan pencernaan, meredakan sembelit, diare, dan tukak lambung.

3. Mengatasi luka bakar dan membantu permasalahan kulit lainnya

3. Mengatasi luka bakar membantu permasalahan kulit lainnya
Freepik/Arrow_smith2

Dalam kandungan clover honey, terdapat antiradang dan antibakteri yang dapat membantu anak mengurangi peradangan jika alami luka bakar atau masalah kulit lainnya. Selain itu juga dapat mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru, dan membantu membersihkan luka.

Sifat antibakteri ini dapat mempercepat penyembuhan luka seperti luka bakar tingan dan luka gores jika dikonsumsi, tidak hanya dioleskan pada luka terbuka. Hal ini dikarenakan bakteri tidak dapat menjadi resisten pada madu.

Clover honey juga diduga dapat meringankan gejala dermatitis atau eksim, serta mmebantu mengatasi infeksi bakteri pada kulit.

Editors' Picks

4. Meredakan gejala flu, batuk, dan sakit tenggorokan

4. Meredakan gejala flu, batuk, sakit tenggorokan
Freepik/Tashahorse1984

Kandungan antivirus dalam clover honey dapat membantu anak meredakan gejala flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Cukup berikan sekitar 1-2 sendok dalam sehari untuk meredakan gejala.

Mama juga bisa mencampurkan 1-2 sendok teh clover honey untuk dicampurkan kedalam teh hangat. Manfaat ini berkat kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri di dalamnya yang memperkuat daya tahan tubuh anak sehingga mampu meredakan gejala flu dan batuk.

5. Menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh anak

5. Menjadi sumber energi baik bagi tubuh anak
Freepik/Nareekan

Salah satu manfaat madu lainnya adalah selain terasa manis, clover honey juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan energi anak. Tidak seperti gula, kandungan dalam madu diserap lebih lambat oleh anak sehingga mereka tidak merasakan energi berlebih setelah mengonsumsi madu.

Apalagi saat masa-masa pertumbuhannya, anak membutuhkan banyak energi untuk mendukung semua aktivitasnya. Dengan memberikan madu secara rutin, dapat membantu anak meningkatkan energinya.

Hal ini disebabkan karena madu mengandung beberapa jenis gula alami yang terdiri dari glukosa, sukrosa, fruktosa, dan laktosa, yang keempatnya sangat mudah diserap dan dicerna oleh tubuh anak.

6. Meningkatkan nafsu makan anak

6. Meningkatkan nafsu makan anak
Freepik

Jika anak suka pilih-pilih makanan, Mama juga bisa mencoba memberikan anak 1-2 sendok teh clover honey sekitar 2 jam sebelum makan. Cairan berwarna kuning terang yang diproduksi oleh lebah ini juga terbukti mampu meningkatkan keinginan anak untuk makan.

Anak yang susah makan atau pilih-pilih makanan akan jarang atau kesulitan saat buang air besar karena asupan makanannya yang sedikit dan tidak bervariasi. Hal ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan nyeri perut.

7. Dapat melembabkan kulit wajah anak yang kering dan meredakan inflamasi

7. Dapat melembabkan kulit wajah anak kering meredakan inflamasi
Freepik/Cookie-studio

Clover honey juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah anak yang kering dan meredakan inflamasi di kulit. Memiliki kandungan antiradang dan antibakteri, clover honey juga dapat mempercepat pertumbuhan kulit baru.

Serta kandungan antioksidannya yang tinggi, bisa membantu anak melawan radikal bebas pada kulit dan menjadikan kulit anak menjadi lebih sehat dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit pada kulit

8. Membantu penyerapan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi anak

8. Membantu penyerapan kalsium baik tulang gigi anak
Freepik

Pada masa-masa pertumbuhan anak, seringkali Mama memberikan susu untuk menjadi sumber kalsium yang penting bagi kekuatan tulang dan gigi anak. Namun asupan kalsium pada susu ternyata tidak cukup meleburkannya pada tulang.

Untuk penyerapan kalsium yang optimal, Mama dapat memberikan anak clover honey. Clover honey dan segala enzimnya yang terkandung dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh anak, yang tentunya membuat minum susu menjadi jauh lebih efektif.

Nah itu di tadi Ma, manfaat clover honey bagi kesehatan tubuh anak. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.