TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Bela Diri Tinju pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Mulai dari kesehatan fisik hingga keterampilan sosial, tinju mendatangkan beragam manfaat bagi anak

4 Januari 2022

5 Manfaat Bela Diri Tinju Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
Freepik/prostooleh

Belajar bela diri seringkali disalahartikan sebagai cara untuk melakukan penindasan. Padahal, jika dipelajari dengan benar, bela diri tak ada hubungannya dengan memukul atau menyerang orang lain.

Bela diri adalah cara agar anak dapat belajar menyadari lingkungannya dan menjalani hidup tanpa rasa takut. Salah satu pilihan bela diri yang dapat diajarkan pada anak adalah boxing atau tinju. 

Faktanya, tinju adalah cara bagi anak laki-laki maupun perempuan untuk meningkatkan kesehatannya dan meningkatkan keterampilan penting yang bermanfaat bagi banyak aspek perkembangan mereka, di dalam dan di luar ring.

Untuk mengetahui manfaat bela diri tinju pada tumbuh kembang anak, berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya yang telah dilansir dari laman Legends Boxing dan Mad House Boxing Club, di bawah ini!

1. Meningkatkan kesehatan anak secara fisik

1. Meningkatkan kesehatan anak secara fisik
Freepik/asierromero

Seperti yang telah disebutkan di atas, tinju dapat meningkatkan kesehatan anak secara fisik, dan yang lebih penting, dapat memerangi obesitas, yang kini sedang meningkat dan menjadi masalah kesehatan yang besar di beberapa negara.

Tinju bisa menjadi salah satu solusinya, karena proses pelatihannya dipercaya bisa menghilangkan lemak berlebih dan cepat. Pelatihan tinju secara rutin dengan instruktur, mencakup banyak latihan yang intens dan sehat seperti lompat tali, lari, lompat.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tinju juga meningkatkan penguasaan mobilitas dan gerak kaki, sambil menyertakan latihan yang sangat baik untuk koordinasi mata dan tangan.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kesehatan secara psikologis

2. Meningkatkan kesehatan secara psikologis
Freepik/amixstudio

Beberapa film yang menceritakan tentang budaya tinju seperti Rocky dan Muhammad Ali menggambarkan bahwa tinju dapat membantu seseorang menemukan kekuatan batinnya, mengatasi rintangan, dan menjadi pemenang.

Dengan demikian, mudah untuk melihat bagaimana tinju dapat meningkatkan kesehatan fisik seseorang secara dramatis, yang dilengkapi dengan sekumpulan hormon bahagia dan perasaan baik yang dapat sangat meningkatkan kepercayaan diri anak.

Pada gilirannya, tinju sebenarnya dapat membantu membuat anak tidak terlalu agresif. Meski ini dianggap kontra-intuitif oleh beberapa orangtua.

Tetapi anak yang percaya diri dan yakin pada diri sendiri, kurang rentan terhadap ledakan, amarah, atau kebutuhan untuk memvalidasi diri sendiri melalui konfrontasi. Anak juga akan belajar bahwa tidak menahan amarah adalah cara pasti untuk kalah.

Emosi yang intens, seperti kemarahan, cenderung mengurangi konsentrasi, dan petinju yang baik akan selalu mengembangkan kesadaran diri dan kontrol emosi yang baik.

3. Menjadi olahraga yang aman untuk anak-anak

3. Menjadi olahraga aman anak-anak
Freepik/Standret

Sebagian besar latihan dan pelatihan tinju terjadi di luar ring, dan pelatihannya bukan anak-anak yang meninju anak-anak lain.

Sebagian besar waktu, latihan ini lebih ke meregangkan, mengkondisikan, atau melatih pukulan mereka pada samsak yang berat. Mama mungkin juga akan sering melihat anak-anak berlatih lompat tali, berlari, atau shadowboxing.

Satu-satunya waktu ketika anak-anak menghadapi anak lain sebagai lawan mereka adalah selama sparring yang diawasi. Namun, perlu dicatat bahwa sparring bukanlah pertarungan.

Para pelatih selalu memastikan untuk memberi tahu anak-anak bahwa tujuan utama sparring bukanlah untuk melukai lawan atau meluncurkan pukulan keras, tetapi untuk mempelajari teknik dan gaya tinju baru. Ingatlah bahwa tak ada sparring yang bisa dilakukan tanpa lampu hijau dari pelatih.

Saat sparring, anak juga memakai alat pelindung, seperti sarung tinju, tutup kepala pelindung, pelindung mulut, dan terkadang bahkan pelindung tubuh. Sarung tinju juga dirancang dengan bantalan ekstra untuk memastikan bahwa meninju tidak terlalu menyakitkan dan meminimalkan cedera. 

4. Meningkatkan keterampilan sosial yang diperlukan

4. Meningkatkan keterampilan sosial diperlukan
Freepik/Standret

Salah satu manfaat terbaik dari tinju yang sering diabaikan, adalah tinju bermanfaat secara sosial.

Selama bertahun-tahun, bela diri ini telah diamati dengan cermat sebagai cara yang efektif untuk memberikan anak sesuatu yang sehat, aman, dan produktif untuk dilakukan. Dan itu dilakukan sambil membiarkan anak untuk menyalurkan energi, agresi, dan kegelisahannya.

Tentu, ini bisa didapatkan juga di banyak olahraga lain, tetapi tinju hadir dengan bonus tambahan untuk mengajarkan perlindungan diri dan pertahanan diri.

Selain itu, melalui tinju, anak-anak dapat belajar seni disiplin dan pengembangan diri, dan mereka hampir selalu berada di sekitar figur otoritas seperti pelatih atau petinju profesional, yang sebagian besar adalah pemimpin dan panutan yang sangat baik.

Yang tak kalah penting, tinju adalah tempat yang luar biasa bagi anak-anak dari segala usia untuk berkembang, bertemu teman baru, dan mengambil kebiasaan dan keterampilan sehat yang akan mereka bawa selamanya.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

5. Meningkatkan kepercayaan diri
Freepik/user26142724

Manfaat olahraga tinju untuk anak yang terakhir dan tak kalah penting ialah meningkatkan kepercayaan diri. Pelatih tinju mengajarkan anak-anak untuk percaya pada diri mereka sendiri, dan membangun kepercayaan diri ini melalui pelatihan teknik dan strategi mental yang tepat.

Mendaftarkan anak ke kelas tinju sesuai usianya, akan sangat bagus untuk mengembangkan teknik yang diperlukan untuk perlindungan diri dan kepercayaan diri untuk menggunakannya saat diperlukan.

Anak juga akan prinsip-prinsip bela diri praktis seperti mengetahui kapan harus meredakan situasi dan kapan pembelaan diri benar-benar dibutuhkan.

Kini Mama telah mengetahui apa saja manfaat bela diri tinju pada tumbuh kembang anak usia dini. Dengan mengetahui manfaat apa saja yang datang dari tinju, mendaftarkan anak pada kursus boxing menjadi hal yang mudah.

Jika ingin membantu anak tumbuh menjadi kuat, percaya diri, dan disiplin sambil menjalin pertemanan dengan beberapa teman dekat, maka olahraga tinju bisa menjadi solusinya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk