7 Perangkat Digital untuk Kado Natal Anak, Dijamin Bikin Anak Senang

Kado mana yang Mama pilih untuk anak?

14 Desember 2020

7 Perangkat Digital Kado Natal Anak, Dijamin Bikin Anak Senang
Freepik/a-marina

Bagi anak-anak yang merayakan Natal, momen tukar kado saat Malam Natal menjadi hal yang berkesan baginya. Apalagi jika anak mendapatkan kado menarik yang belum dimilikinya. Beberapa pilihan kado seperti perangkat digital bisa menjadi pilihan.

Perkembangan teknologi saat ini, tak hanya berguna bagi orang dewasa saja, namun juga berguna bagi anak. Berbagai perangkat digital dapat menghibur, mengedukasi, dan mengalihkan perhatian anak saat Mama harus menyelesaikan beberapa tugas atau pekerjaan rumah.

Tak dapat dipungkiri, penggunaan perangkat digital juga dapat menimbulkan kecanduan pada anak. Namun, Mama tidak perlu khawatir selama tetap bisa memberikan pengawasan dan penggunaan kontrol orangtua pada perangkat tersebut.

Jika Mama ingin memberikan perangkat digital pada anak, berikut ini Popmama.com akan membahas 7 pilihan perangkat digital kado Natal untuk anak. Yuk simak daftarnya di bawah ini, Ma!

Amazon Fire HD 8 Kids Edition

Amazon Fire HD 8 Kids Edition
Tokopedia.com

Jika Mama memiliki anak berusia 6-9 tahun, produk tablet anak dari Amazon bisa dijadikan kado Natal untuk anak. Tablet Amazon Fire HD 8 Kids Edition ini hadir dengan langganan satu tahun ke Amazon Kids+, yang memudahkan Mama untuk memantau konsumsi, memfilter konten, dan menetapkan batas waktu penggunaan tablet dari ponsel.

Memiliki harga sekitar Rp3.238.700, Mama telah mendapatkan perangkat Amazon Fire HD 8 Kids Edition termasuk casing tahan lama yang dapat melindungi tablet saat terjatuh, serta garansi penggantian selama dua tahun.

Dalam tablet anak ini terdapat banyak persediaan konten hiburan dan pendidikan, karena juga terdapat banyak buku-buku yang bisa dibaca di rumah atau saat berpergian.

Apple iPod Touch

Apple iPod Touch
Tokopedia.com

Jika Mama belum mengizinkan anak untuk memakai ponsel, Mama dapat memberikan kado Natal Apple iPod Touch untuk anak. Perangkat ini dapat disebut sebagai tablet mini yang beroperasi seperti ponsel pada umumnya, dan dapat melakukan panggilan video.

Mama juga dapat menggunakan fitur family sharing untuk memantau perangkat anak dan mengatur izin. Sistem family sharing dapat bekerja di banyak perangkat. Namun, Mama mungkin mengalami kesulitan jika perlu menyiapkan ID Apple untuk anak.

Jika Mama membelikan perangkat ini untuk anak, Sebaiknya Mama menggunakan aplikasi penyimpan kata sandi agar anak dan Mama mudah mengingat kata sandi untuk akun email yang dibuat. Namun, harga untuk Apple iPod Touch 6th gen ini memang terbilang cukup mahal, yaitu sekitar Rp.6.032.600

Editors' Picks

Camera Digital Cartoon Kids Model DSLR

Camera Digital Cartoon Kids Model DSLR
Tokopedia.com

Camera Digital Cartoon Kids Model DSLR ini adalah produk digital yang dirancang secara khusus untuk anak-anak. Memiliki layar berukuran 2.0 dengan penutup silikon lembut berbagai warna, anak dapat menikmati kesenangan dalam memotret ketika bepergian sebagai kenang-kenangannya.

Kamera ini cocok diberikan sebagai kado Natal untuk anak laki-laki dan perempuan dari usia 3 sampai 8 tahun. Dengan penyimpanan kartu SD yang mendukung hingga 32GB, anak dapat menimpan foto dan video berukuran 1080p, 720p, dan VGA,

Camera Digital Cartoon Kids Model DSLR ini menggunakan sistem berbahasa Inggris, Rusia, China, Korea, dan Jepang, sehingga Mama perlu membantu anak dalam mengoperasikannya. Sebelum memberikan kamera yang asli pada anak, Mama bisa membelikan anak kamera ini terlebih dahulu dengan harga Rp. 149.000,-.

imoo Watch Phone Z5

imoo Watch Phone Z5
Shopee.co.id

Jam imoo adalah produk teknologi khusus anak-anak dengan teknologi yang akhir-akhir ini menjadi tren mode anak-anak, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan rekomendasi kado Natal untuk anak di tahun ini.

Salah satu manfaatnya yaitu Mama dapat melihat dimana posisi anak dan kapan saja, serta juga bisa melihat lingkungan sekitar anak sehingga dapat memantau aktivitas anak dengan mudah. Jam ini memiliki 6 types of acurate locating yang mendukung posisi anak berdasarkan GPS.

Manfaat lainnya seperti school safe route, add friends, tahan air, dan panggilan darurat. Seperti smartwatch pada umumnya, jam ini juga dapat mengirim pesan video dan pesan suara. Jika Mama tertarik menjadikan imoo Watch Phone Z5 sebagai kado Natal anak, Mama bisa membelinya dengan harga Rp.2.700.000

JBL Jr. Pop Speaker

JBL Jr. Pop Speaker
eu.jbl.com

Kado perangkat digital Natal lainnya untuk anak adalah JBL Jr. Pop Speaker. Selain untuk mendengarkan musik, Mama juga bisa menggunakan speaker bluetooth ini untuk menyalakan podcast dan menyetel lagu yang tenang untuk waktu tidur siang dan malam anak.

Perangkat digital ini memang disesuaikan untuk anak, karena memiliki ukuran yang pas di telapak tangan anak dan memiliki berbagai variasi warna baik untuk anak perempuan dan laki-laki. Selain itu, speaker ini juga dilengkapi dengan tali yang dikancing, untuk diikat di kursi mobil dan di tas anak.

Selain berfungsi sebagai speaker, JBL Jr. Pop Speaker juga bisa berfungsi sebagai lampu tidur anak dengan lampu LED di area pinggir speakernya. Mama bisa mendapatkan perangkat ini dengan harga sekitar Rp.799.000,-.

Nintendo Switch Lite

Nintendo Switch Lite
Tokocamzone.com

Nintendo Switch Lite dapat menjadi rekomendasi kado Natal perangkat digital selanjutnya. Memiliki desain yang kecil dan cukup ringan, perangkat game konsol ini bisa digunakan dengan nyaman oleh anak dari usia lima tahun dan bisa di bawa kemana saja.

Game konsol juga dapat menjadi hadiah Natal istimewa untuk anak karena tidak hanya bisa digunakan oleh anak saja. Jika akhirnya anak sudah kehilangan minat atau memiliki perangkat lain, Mama juga dapat memakainya untuk mengisi waktu luang sejenak dengan bermain game.

Terdapat permainan yang tersedia seperti Donut County dan Mario Kart. Untuk sebuah Nintendo Switch Lite ini dipatok dengan harga sebesar Rp.2.749.000. Bagaimana Ma, tertarik?

Tablet Drawing and Writing

Tablet Drawing and Writing
Tokopedia.com

Kado Natal bermanfaat selanjutnya adalah tablet menulis dan menggambar. Tablet ini dapat membantu Mama untuk mengajarkan anak menulis dan menggambar tanpa harus membuang-buang kertas. Selain itu anak juga terlindungi dari bahan-bahan kimia pada spidol.

Dengan menggunakan tablet Drawing dan Writing ini, anak bisa nyaman menggambar karena permukaan LCD yang sensitif dan juga mudah dioperasikan karena menghapus gambar dengan menggunakan satu tombol saja.

Dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp.60.000, tablet ini terbilang dapat tahan lama hingga dua tahun pemakaian. Memiliki desain yang ramping dan ringas sehingga mudah dibawa dan disimpan di mana saja.

Nah itu dia Ma, 7 inspirasi perangkat digital kado Natal untuk anak. Beberapa kado di atas perlu digunakan dengan pengawasan dan pembatasan dari Mama, agar anak bisa lebih bijaksana dan tidak sampai kecanduan dalam bermain gadget. Dari 7 gadget di atas, mana yang Mama pilih untuk kado Natal anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.