10 Potret Alan Kim, Aktor Termuda yang Diundang Ke Oscars

Meraih penghargaan aktor muda terbaik setelah debut pertamanya

29 April 2021

10 Potret Alan Kim, Aktor Termuda Diundang Ke Oscars
Instagram.com/official.alankim

Alan S. Kim adalah aktor cilik yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat dikalangan netizen. Bagaimana tidak, karena ia mendapatkan penghargaan sebagai pemain muda terbaik setelah melakukan debut pertamanya di film “Minari” sebagai David Yi.

Film yang digarap oleh Lee Isaac Chung ini, sukses mencuri perhatian karena mendapatkan berbagai penghargaan internasional. Film ini menceritakan kehidupan keluarga di tahun 1980-an yang menjadi imigran Korea Selatan dan mencoba membangun kehidupan di pedesaan Arkansas.

Akting Alan Kim yang berperan sebagai anak Steven Yeun dan Han Ye-ri, mendapatkan banyak komentar positif dari netizen yang menyaksikan film ini.

Jika ingin lebih kenal dengan aktor cilik yang satu ini, kali ini Popmama.com telah menyiapkan 10 potret Alan Kim, aktor cilik yang diundang hadir ke Oscars 2021!

1. Alan Kim lahir pada 23 April 2012 di Chicago dan berpindah ke California

1. Alan Kim lahir 23 April 2012 Chicago berpindah ke California
Instagram.com/official.alankim

Alan S. Kim adalah seorang aktor cilik Korea-Amerika berusia 9 tahun yang lahir di Chicago pada 23 April 2012 dan kemudian ikut orangtuanya berpindah ke Irvine, California. Walaupun lahir di Chicago dan besar di California, Alan tetap menggunakan bahasa Korea sebagai bahasa pertamanya lho!

2. Memiliki sabuk ungu di bela diri taekwondo

2. Memiliki sabuk ungu bela diri taekwondo
Instagram.com/official.alankim

Di tengah kesibukannya sebagai aktor cilik, dalam wawancaranya bersama Jimmy Kimmel, Alan menceritakan bahwa ia sedang berlatih taekwondo, dan saat ini ia sudah naik tingkat menjadi sabuk ungu dari sabuk biru.

3. Alan melakukan casting sebagai David Yi saat usianya masih tujuh tahun

3. Alan melakukan casting sebagai David Yi saat usia masih tujuh tahun
Latimes.com

Sebelum Minari, satu-satunya "akting" yang Alan lakukan adalah dalam iklan anak-anak. Kemudian saat usianya masih tujuh tahun, Alan melakukan casting sebagai David Yi untuk film Minari yang ditayangkan pada tahun 2020.

Saat bermain film Minari, ia disandingkan dengan aktor aktris seperti Steven Yeun, Han Ye-ri, Noel Kate Cho, dan Youn Yuh-jung

4. Mendapatkan piala penghargaan aktor termuda terbaik dan nominasi di penghargaan lain

4. Mendapatkan piala penghargaan aktor termuda terbaik nominasi penghargaan lain
Instagram.com/official.alankim

Dan diusianya yang masih begitu belia, Alan mendapatkan piala penghargaan dari Critics Choice Awards untuk kategori Best Young Actor. Selain itu ia juga dinominasikan untuk penghargaan BAFTA untuk Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung, yang menjadikannya salah satu nominasi termuda di kategori tersebut.

Editors' Picks

5. Menuai berbagai kritikan positif dari pemain senior lainnya

5. Menuai berbagai kritikan positif dari pemain senior lainnya
Instagram.com/official.alankim

Memulai debut akting dalam sebuah film justru membuat Alan menuai berbagai kritikan positif dari rekan pemain lainnya. Dilansir dari Hollywood Reporter, Steven Yeun dan Youn Yuh Jung selalu memberikan saran terbaik untuk Alan dalam berakting.

6. Alan mengaku memiliki kesamaan karakter dengan David Yi

6. Alan mengaku memiliki kesamaan karakter David Yi
Instagram.com/official.alankim

Bagi Mama yang sudah menyaksikan film Minari, tentunya sudah mengetahui karaktir David Yi yang memiliki sifat jahil. Nah, dalam wawancaranya bersama Vulture, Alan mengaku bahwa ia ternyata juga memiliki karakter yang jahil sama seperti karakternya di film!

7. Ingin bermain film dengan cerita seperti film "Home Alone"

7. Ingin bermain film cerita seperti film "Home Alone"
Instagram.com/official.alankim

Walaupun masih berusia sembilan tahun, Alan Kim mengaku senang berakting. Aktor cilik ini bahkan mengungkapkan keinginannya untuk bermain film dengan jalan cerita seperti film “Home Alone”. Keinginannya tersebut diungkapkan Alan dalam sebuah wawancara dengan NME beberapa waktu lalu.

8. Telah memiliki beragam proyek film kedepannya

8. Telah memiliki beragam proyek film kedepannya
Instagram.com/official.alankim

Berhasil dengan debutnya di film Minari, kabarnya Alan akan kembali berakting dalam sebuah proyek film terbaru berjudul “Latchkey Kids” bersama Elsie Fisher. Dalam film ini, Kim akan berperan sebagai seorang anak berusia sembilan tahun yang cerdas dan berteman dengan seorang remaja eksentrik.

Tak hanya itu saja, Alan juga akan berakting sebagai Wally muda di drama komedi Awkwafina is Nora from Queens untuk musim kedua

9. Mengajak anjingnya, Cream, untuk berjalan-jalan sebelum berangkat ke Oscars

9. Mengajak anjingnya, Cream, berjalan-jalan sebelum berangkat ke Oscars
Instagram.com/official.alankim

Dalam wawancaranya bersama Ellen DeGeneres, Alan bercerita ia memiliki seekor anjing bernama Cream. Di salah satu unggahan media sosialnya, Alan bahkan mengajak anjing putihnya tersebut untuk jalan-jalan sebelum ia berangkat ke Oscars.

10. Penampilan Alan Kim yang didampingi dengan Christina Oh di karpet merah Oscars

10. Penampilan Alan Kim didampingi Christina Oh karpet merah Oscars
People.com

Nah inilah penampilan Alan Kim ketika hadir di karpet merah Oscars yang didampingi dengan Christina Oh yang merupakan produser dari film Minari. Dilansir dari ET Online, Alan mengenakan tuksedo dengan celana pendek klasik, yang terinspirasi dari seragam sekolah.

Para penggemar juga dibuat gemas oleh penampilan aktor cilik ini, karena di media sosial beredar video Alan yang menari-nari sebelum melangkah ke karpet merah Oscars.

Nah itulah beberapa potret serta fakta dari Alan Kim, aktor cilik yang meraih prestasi dari film pertamanya. Alan Kim bisa menjadi inspirasi anak untuk semangat dan berani mengejar mimpi sejak usia belia.

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.