Beri Tahu Anak, 10 Potret Pulau di Dunia yang Punya Bentuk Paling Unik

Ada yang bentuknya mirip ikan dan bulan sabit lho!

28 Mei 2022

Beri Tahu Anak, 10 Potret Pulau Dunia Pu Bentuk Paling Unik
np-brijuni.hr

Keindahan setiap pulau di dunia memang selalu memikat. Beberapa menarik karena pantai pasir putihnya, sementara yang lain menonjol karena pemandangan berpohon palem atau air hangat yang jernih.

Namun tak hanya itu saja, beberapa pulau menjadi terkenal karena potretnya dari atas yang diambil menggunakan satelit dan drone.

Uniknya, ada pulau di dunia yang berbentuk hati hingga ikan lho! Ada juga pulau yang memiliki bentuk-bentuk unik lainnya, terutama bila kita melihatnya dengan sedikit imajinasi dan sudut yang tepat untuk melihat kemiripannya.

Yuk beri tahu anak, 10 potret pulau di dunia yang punya bentuk paling unik, yang telah Popmama.com siapkan di bawah ini!

1. Kepulauan Manukan, Mamutik, dan Sulug

1. Kepulauan Manukan, Mamutik, Sulug
Id.m.wikipedia.org

Manukan, Mamutik, dan Sulug di Malaysia adalah tiga pulau di dekat pantai Kota Kinabalu, ibu kota negara bagian Sabah, Malaysia. Ketiga daratan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Tunku Abdul Rahman.

Manukan, Mamutik, dan Sulug ini menjadi populer bersama-sama karena bentuk kepulauannya yang menyerupai dua mata dan mulut terbalik, seperti wajah tersenyum!

Bentuk "wajahnya" dapat terlihat pada citra satelit, namun penumpang pesawat yang datang dan berangkat dari Bandara Internasional Kota Kinabalu juga dapat melihat pulau-pulau tersebut.

Manukan, "mulut", memiliki fasilitas wisata yang berkembang, termasuk pusat menyelam dan vila untuk liburan. Sedangkan bagian "Mata" yaitu Mamutik dan Sulug lebih tenang.

Misalnya Mamutik menampilkan fasilitas piknik dan berenang, dan Sulug terkenal karena suasananya yang damai.

2. Pulau Isabela, Galapagos

2. Pulau Isabela, Galapagos
earthobservatory.nasa.gov

Kepulauan Galapagos di Ekuador terkenal dengan spesies hewan endemiknya. Tak hanya hewannya, pulau-pulau padat yang membentuk Galapagos juga populer, termasuk Pulau Isabela.

Pulau ini memiliki populasi besar burung, kura-kura, iguana, dan bahkan penguin (di antara jenis fauna lainnya). Selain itu juga ada lumba-lumba dan paus biasanya terlihat di lepas pantai. Dengan populasi sekitar 1.800 orang, Pulau Isabela didominasi oleh alam.

Menariknya jika dilihat pada citra satelit, pulau ini menyerupai kuda laut. Karena empat kali lebih besar daripada pulau lain di rantai itu, bentuk kuda laut cukup berbeda dan mudah diperhatikan bukan?

3. Pulau Gaz, Kepulauan Brijuni

3. Pulau Gaz, Kepulauan Brijuni
np-brijuni.hr

Kepulauan Brijuni merupakan kumpulan dari 14 pulau kecil di Laut Adriatik di lepas pantai Kroasia.

Hal yang menarik adalah, salah satu daratan terkecil dan paling barat di Kepulauan Brijuni, yaitu Pulau Gaz terlihat seperti ikan jika dilihat dari atas.

Dilansir dari Treehugger, disebutkan bahwa Kepulauan Brijuni adalah salah satu tujuan paling menarik di Eropa tenggara, karena menampilkan reruntuhan Romawi dan Bizantium kuno, serta 200 jejak kuno yang dianggap sebagai jejak kaki dinosaurus.

Selain pantai dan air hangat, situs arkeologi dan kehidupan laut yang terendam di Pulau Gaz ini menarik para perenang snorkel dan penyelam.

4. Molokini, Hawaii

4. Molokini, Hawaii
prideofmaui.com

Coba tanyakan pada anak, Pulau Molokini di Hawaii ini terlihat seperti apa hayo?

Yup, pulau kecil Molokini ini terlihat seperti bulan sabit jika dilihat dari atas! Meskipun pinggirannya akan tampak cukup terjal jika dilihat dari dekat.

Bentuk Pulau Molokini juga membuatnya menjadi daya tarik bagi para penyelam dan perenang snorkel. Bentuknya yang seperti bulan sabit ini melindungi terumbu dan menciptakan kondisi bawah laut yang baik dan ideal.

Editors' Picks

5. Gallo Lungo, Kepulauan Li Galli

5. Gallo Lungo, Kepulauan Li Galli
capri-cruise-amalficoast.it

Tiga daratan kecil di lepas Pantai Amalfi di Italia ini dikenal sebagai Kepulauan Li Galli, atau Sirenusa untuk mitos sirene yang konon pernah tinggal di sana.

Yang terbesar dari ketiganya, Pulau Gallo Lungo, terkadang digambarkan berbentuk bulan sabit, meskipun pulau itu terlihat seperti lumba-lumba jika dilihat dari sudut tertentu.

Formasi batu datar dan lebar yang menonjol dari dasar pulau membentuk ekor, sedangkan titik yang lebih tipis di ujung yang berlawanan meniru bentuk hidung lumba-lumba.

6. Pulau Ayam, Thailand

6. Pulau Ayam, Thailand
medium.com

Chicken Island atau Pulau Ayam ini terbilang unik di antara pulau-pulau karena bentuknya yang khas, bahkan mudah dilihat di permukaan air daripada di atas.

Di salah satu ujung pulau di Provinsi Krabi, Thailand ini, pengunjung akan melihat formasi batuan yang menjulang tinggi menyerupai kepala dan leher ayam yang terjulur.

Namun Pulau Chicken hanyalah salah satu alasan untuk berlayar dari daratan, karena pulau ini memiliki pantai yang masih asli dan merupakan tempat yang populer untuk snorkeling karena airnya yang hangat dan terumbu karangnya yang indah.

7. Palm Jumeirah, Uni Emirat Arab

7. Palm Jumeirah, Uni Emirat Arab
khaleejtimes.com

Palm Jumeirah yang terletak di Uni Emirat Arab merupakan proyek pengembangan pulau buatan yang direncanakan di Dubai. Pulau buatan ini selesai pada tahun 2006.

Pulau buatan manusia ini menyerupai pohon palem, yang diisi dengan berbagai hotel, mal, dan fasilitas hiburan menutupi "batang" pohon palem, dan vila pribadi dibangun di atas "cabang". 

Bahkan menariknya, bentuk Palm Jumeirah ini bisa terlihat dari luar angkasa lho!

8. Tavarua, Fiji

8. Tavarua, Fiji
tropicalgo.com

Dari atas, pulau kecil Fiji, Pulau Tavarua tampak berbentuk persis seperti emoji hati.

Meski memiliki bentuk yang romantis, namun pulau ini tak hanya dipenuhi oleh pasangan yang berbulan madu saja. Malah sebagian besar pengunjung adalah peselancar. Hal ini karena ada sejumlah ombak kelas dunia di kawasan itu.

Salah satu tempat di pulau kecil Fiji bernama Cloudbreak, disebut sebagai salah satu area selancar paling populer di dunia. Di sana secara teratur menyelenggarakan kontes profesional, termasuk tur selancar kejuaraan dunia.

9. Saint Kitts dan Nevis, Karibia

9. Saint Kitts Nevis, Karibia
fineartamerica.com

Jika dilihat dari atas, Pulau dari Negara Saint Kitts bisa disamakan dengan paus atau kecapi. Namun, ketika anak melihat Pulau Nevis berbentuk bulat ke dalam gambar, bentuk kedua negara ini tampak menyerupai bola dan tongkat bisbol. 

Saint Kitts dan Nevis merupakan pulau bagian dari program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bekerja untuk melaksanakan beberapa proyek efisiensi energi, konservasi, dan pengelolaan ekosistem.

10. Pulau Penyu, Filipina

10. Pulau Penyu, Filipina
tripzilla.com

Sesuai namanya, Pulau Penyu atau Turtle Island ini berbentuk seperti hewan penyu.

Pulau ini adalah bagian dari kepulauan yang lebih besar dari daratan batu kapur di Pangasinan, Filipina, sebuah provinsi di pantai barat Luzon yang memiliki berbagai pulau dengan bentuk berbeda.

Ketika Pulau Penyu dilihat dari sudut yang tepat dan sedikit imajinasi, anak bisa mudah melihat hewan penyu yang tampak mengambang di atas air.

Pulau penyu adalah tujuan yang populer. Tak hanya formasi batu kapur yang diselimuti pepohonan, namun juga peluang margasatwa, berenang, dan snorkelingnya. Ada banyak gua yang mudah diakses untuk dijelajahi juga.

Menariknya, setiap pulau di pantai barat Luzon ini disebut ada yang menyerupai buaya, jamur, hingga payung.

Nah itulah 10 potret pulau di dunia yang punya bentuk paling unik. Tak hanya populer karena bentuknya yang unik, masing-masing pulau ini memiliki keindahan alamnya sendiri ya!

Dari 10 potret pulau di atas, mana yang paling menarik perhatian anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk