5 Tips Memilih Kacamata Renang Anak Sesuai Kebutuhannya

Penting lho menggunakan kacamata renang agar mata anak tidak iritasi!

19 November 2020

5 Tips Memilih Kacamata Renang Anak Sesuai Kebutuhannya
Freepik/Nomadsoul1

Setiap anak, dari usia, bayi, balita, hingga anak-anak dari segala usia sangat suka menghabiskan waktu bermain air di kolam renang. Tak jarang beberapa kolam renang menggunakan kaporit untuk membunuh bakteri, namun bagi anak yang sensitif kaporit bisa menyebabkan mata perih dan merah.

Itulah mengapa kacamata renang adalah suatu keharusan. Mereka membantu melindungi mata anak dari kaporit, sinar matahari yang cerah, serta memungkinkan mereka melihat dengan baik di bawah air yang meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri di dalam air.

Selain itu, kacamata renang juga memungkinkan anak melatih gerakan atau menjelajah dengan bebas, serta memberi mereka pandangan kolam renang yang pas, kedap air, dan jernih.

Kemudian bagaimana cara memilih kacamata renang yang tepat untuk anak?

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 5 tips memilih kacamata yang tepat untuk anak. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

1. Pilih kacamata yang nyaman untuk anak

1. Pilih kacamata nyaman anak
Freepik/Gelpi

Kebanyakan kacamata renang dibuat dengan gasket dan tali silikon, yang nyaman digunakan untuk segala usia. Gasket merupakan materi atau gabungan dari beberapa materi yang diapit.

Fungsi utama dari gasket adalah untuk mencegah kebocoran selama jangka waktu tertentu.

Untuk anak-anak yang lebih kecil hindari kacamata seperti kacamata renang berjenis Swedish Goggles, karena mereka memiliki gasket yang terbuat dari plastik keras, yang akan membuat tulang disekitar mata anak terasa sakit.

2. Ditujukan khusus untuk anak-anak dengan ukuran yang tepat dan bisa disesuaikan

2. Ditujukan khusus anak-anak ukuran tepat bisa disesuaikan
Freepik/Vh-studio

Pastikan untuk memilih kacamata yang ditujukan khusus untuk anak-anak, karena ukurannya tepat agar sesuai dengan bentuk wajah dan kepalanya.

Pastikan kacamata digunakan di rongga mata dan hidung, jika kacamata tersebut dengan lembut menempel ke wajah anak, berarti kacamata itu cocok.

Anak bisa tumbuh dengan cepat, sehingga pilihlah kacamata renang yang memiliki tali dan penutup hidung yang bisa disesuaikan, dan bisa digunakan anak sampai ia tumbuh remaja.

Editors' Picks

3. Disesuaikan dengan kondisi mata anak

3. Disesuaikan kondisi mata anak
Freepik

Sebelum memilih kacamata renang, Mama bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mata anak. Apakah mata anak perlu menggunakan kacamata renang dengan lensa resep? Karena umumnya ada beberapa pilihan jika untuk anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa, yang pilihannya lebih sedikit

Beberapa kacamata anak juga memiliki lensa polarized untuk memberikan perlindungan dari cahaya matahari yang silau. Kacamata renang jenis ini lebih baik dan ideal untuk kondisi yang sangat cerah, seperti siang hari di kolam renang.

4. Menggunakan teknologi anti kabut yang membantu anak melihat jelas di dalam air

4. Menggunakan teknologi anti kabut membantu anak melihat jelas dalam air
Freepik/Wckiw

Hampir setiap kacamata renang di pasaran menggunakan lensa anti-kabut, tetapi bukan berarti kacamata tersebut tetap awet selamanya. Bagian dalam kacamata dilapisi dengan semprotan anti kabut halus selama produksi. Namun hal tersebut akan mudah luntur ketika digunakan di kolam renang.

Maka pilihlah kacamata dengan lensa anti-kabut. Kacamata anti-kabut dapat memudahkan anak berenang tanpa perlu membersihkan bagian dalam kacamata terus menerus.

Kemudian, kacamata dengan anti-kabut dapat membuat anak lebih nyaman berenang tanpa harus melihat dengan buram.

5. Pertimbangkan seberapa serius anak berenang

5. Pertimbangkan seberapa serius anak berenang
Freepik/Seventyfour

Seberapa seriuskah renangnya? Meskipun beberapa kacamata yang dijual bagus untuk perenang pemula, namun jika anak Mama mengikuti kompetisi renang, akan lebih banyak jika ia memiliki kacamata renang yang lebih "elit" yang dibuat untuk anak-anak yang mulai serius berlatih renang.

Namun sebenarnya, apakah menggunakan kacamata renang itu penting untuk anak Ma? Nah untuk mengetahui jawabannya, cek di bawah ini!

Haruskah Anak Memakai Kacamata Renang Saat Berenang Di Kolam Renang?

Haruskah Anak Memakai Kacamata Renang Saat Berenang Kolam Renang
Freepik/Travnikovstudio

Ada dua alasan yang sangat penting mengapa anak harus mengenakan kacamata renang saat mereka ingin berenang di kolam renang, yaitu:

Keamanan umum

Bola mata manusia tidak dirancang untuk melihat dengan baik di dalam air. Ilmu di balik ini sederhana, yaitu adanya pembiasan cahaya di bawah permukaan jauh lebih lambat dibandingkan dengan di udara.

Mengenakan kacamata membantu anak melihat sekelilingnya, apakah itu ada perenang lain di kolam renang atau di mana dindingnya saat mereka berenang. Kacamata renang membantu anak melihat lebih baik.

Menjaga kebersihan mata anak

Berapa kali Mama melihat anak keluar dari kolam yang mengandung kaporit dan mendapati mata mereka gatal dan merah?

Biasanya perenang akan menyalahkan kaporit karena membuat mata mereka perih dan gatal. Namun, tak bisa dipungkiri beberapa perenang memiliki kebiasaan buruk di dalam kolam, termasuk meninggalkan keringat, kencing, dan kotoran tubuh lainnya.

Ketika zat asing ini berinteraksi dengan kaporit, mereka menciptakan senyawa baru yang disebut kloramin. Perenang “nakal” tersebut yang menyebabkan kualitas yang buruk di kolam yang memiliki pembuangan yang juga buruk.

Meskipun Mama tidak akan bisa melupakan kekotoran poin ini, setidaknya Mama akan memiliki motivasi ekstra untuk membelikan anak Mama kacamata renang, bukan?

Nah itu dia Ma, 5 tips memilih kacamata renang untuk anak dan pentingnya menggunakan kacamata saat renang di kolam renang. Yuk lindungi mata kesehatan dan kebersihan mata anak dari hal sederhana yaitu menggunakan kacamata renang, dan hindari kebiasaan buruk saat di kolam renang ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.