Ngabuburit, Ajak Anak Virtual Tour ke Sawahlunto hingga Labuan Bajo

Mengobati rasa rindu untuk berwisata tanpa harus ke luar rumah

20 Mei 2020

Ngabuburit, Ajak Anak Virtual Tour ke Sawahlunto hingga Labuan Bajo
Freepik/Branin

Jika anak merasa bosan karena di rumah saja, dan rindu jalan-jalan namun masih harus self-quarantine demi menghindari penyebaran virus corona, Mama kini tidak perlu khawatir. Karena dari rumah saja Mama bisa mengajak anak serta keluarga untuk menjelajahi wisata di Indonesia dengan cara virtual tour.

Virtua tour bisa dijadikan alternative untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah saat pandemi corona. Mama bisa memiliki beraga pilihan virtual tour dengan menggunakan laptop atau smartphone.

Dengan teknologi virtual tour, Mama dapat melihat berbagai tempat wisata tanpa harus pergi ke lokasinya.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan rangkuman virtual tour dalam negeri dari Sawahlunto, Sumatera Barat hingga ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Editors' Picks

1. Sawahlunto, Sumatera Barat

1. Sawahlunto, Sumatera Barat
Commons.wikimedia.org

Mama bisa mengajak anak untuk mengikuti virtual tour di Sawahlunto, perbedaan dengan virtual tour lainnya, tur ini digelar oleh mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung dalam rangka mengajak masyarakat untuk berwisata secara online.

Seperti berwisata aslinya, terdapat rencana perjalanan yang berlangsung selama dua jam yang disimulasikan seperti perjalanan wisatawan, yaitu selama 3 hari 2 malam.

Uniknya lagi, dengan mengikuti virtual tour Sawahlunto akan terasa seperti berwisata di dunia nyata karena diawali dengan meeting point di Minangkabau International Airport.

Dalam perjalanan ke Sawahlunto, perserta virtual tour diajak untuk melewati tanjakan yang fenomenal di Sumatera Barat yaitu Sitinjak Lauik.

Kemudian, peserta juga akan diajak untuk mengunjungi Pasar Songket Sawahlunto yang berlokasi di Muaro Kalaban. Pada hari kemudian, Mama dan anak akan diajak ke Museum Tambang Batubara Ombilin, Puncak Cemara, hingga bermain di Danau Biru.

2. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Timur

2. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Timur
Seputarsemarang.com

Pilihan virtual tour selanjutnya, kini Mama dapat berwisata sekaligus memberikan edukasi untuk anak yaitu berwisata secara daring Balai Pelestarian Situs Manusia Purba yang berada di Sangiran, Jawa Timur.

Di dalam museum Sangiran menyimpan puluhan ribu fossil yang lebih dari dua juta tahun lalu atau pada jaman Pleistocen.

Selain itu juga terdapat temuan fosil di Sangiran untuk jenis Hominid purba yang berjumlah 50 jenis individu, yang diduga sebagai asal evolusi manusia.

Fosil yang berada di Museum Sangiran, merupakan 50 persen dari temuan fosil di dunia dan 65 persen temuan dari Indonesia.

Nah jika Mama tetarik mengunjungi Museum Sangiran untuk melihat koleksi yang dimiliki museum secara lengkap lewat virtual tour, bisa langsung menuju laman Kebudayaan Kemendikbud atau mengunjungi laman Google Arts & Culture.

3. Wisata bawah laut Nusa Tenggara Timur

3. Wisata bawah laut Nusa Tenggara Timur
Ditjenpdt.kemendesa.go.id

Untuk mengobati rasa rindu berwisata di laut, Mama dapat mengajak anak untuk berwisata bawah laut yang menakjubkan. Terletak cukup jauh dari Pulau Langkoi, terdapat tempat wisata bawah laut yang Mama dapat coba melalui laman Virtual Tour Wisata Bawah Laut.

Dalam virtual tour ini, Mama dapat menikmati keindahan berbagai terumbu karang dan macam-macam jenis ikan di bawah laut.

Untuk menambah keistimewaannya, juga dapat melihat banyak ikan pari yang berkumpul sambil mengarungi laut lepas. Bahkan, Mama bisa mengajak anak untuk “berenang” bersama ikan pari.

Nah melalui ketiga virtual tour dalam negeri di atas, Mama dan anak dapat memuaskan perasaan ingin berwisata keliling Indonesia dari pulau Sumatera hingga ke Nusa Tenggara Timur. Selain itu, juga dapat menjadi referensi yang dapat digunakan untuk berwisata dengan keluarga setelah wabah virus corona usai lho, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.