Pengertian, Karakteristik dan Contoh dari Galaksi Spiral, Yuk Kenali!

Apa bedanya ya karakteristik dari galaksi spiral dengan galaksi lainnya? Simak di bawah ini ya, Ma!

20 Januari 2022

Pengertian, Karakteristik Contoh dari Galaksi Spiral, Yuk Kenali
Pixabay/Wikilmages

Anak Mama mungkin sudah tahu bahwa tata surya kita yang begitu luas ini hanyalah satu bagian kecil dari sebuah semesta yang lebih luas bernama galaksi.

Lalu, sebenarnya apa itu galaksi?

Menurut Hartono dalam bukunya yang berjudul Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta, galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem, terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar, dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggotanya yang bergerak.

Ada banyak sekali jenis galaksi lho, Ma, salah satu jenis galaksi yang mempunyai bagian utama berupa bulge, halo, serta lengan spiral yaitu galaksi spiral. Di mana pada jenis galaksi ini terdiri dari milyaran bintang tua serta bintang muda.

Dilansir dari Wikipedia, galaksi spiral termasuk tipe galaksi yang terdiri dari piringan galaksi yang rata dan berputar, yang berisi bintang, medium antarbintang, dan pusat konsentrasi bintang-bintang di bagian tengah galaksi.

Untuk memahami lebih jelasnya seputar galaksi, kali ini Popmama.com akan merangkum beberapa soal mengenai pengertian, karakteristik dan contoh galaksi spiral untuk diajarkan kepada si Anak. Yuk langsung simak di bawah ini ya, Ma!

Editors' Picks

1. Memahami lebih dalam pengertian galaksi spiral

1. Memahami lebih dalam pengertian galaksi spiral
Pixabay/White77

Dilansir dari ilmugeografi.com, galaksi spiral merupakan sebuah galaksi yang indah dan berbeda bentuknya. Di mana jika dilihat dari teropong angkasa maka bentuknya rata dan juga berputar, dengan isi bintang, medium antar bintang dan juga pusat konsentrasi bintang di tengah galaksi. Tipe yang satu ini merupakan satu dari ketiga tipe morfologi galaksi Edwin Hubble.

Memahami lebih jelasnya pengertian galaksi spiral, sekitar 80% galaksi telah dikenal memiliki bentuk spiral. Galaksi ini hadir dengan struktur paling sempurna yang terdiri dari tiga bagian.

Tiga bagian tersebut mencakup titik pusat, lingkaran bintang, hingga tumpuk bintang. Ketiganya selalu berputar mengelilingi titik pusat secara ekuatorial. Sebagai contoh adalah galaksi Andromeda dan M.109.

Pada bagian utama galaksi spiral merupakan bidang galaksi serta bulge. Anggota galaksi spiral terdiri dari bintang tua dan bintang muda.

Sedangkan pada bintang tua terdapat beberapa kumpulan bintang dengan jumlah hingga ratusan serta bentuk gugus bola. Lalu, untuk bintang muda terdapat pada lengan spiral galaksi yang berada di bidang galaksi.

2. Apa karakteristik yang membedakan galaksi spiral dengan galaksi lainnya?

2. Apa karakteristik membedakan galaksi spiral galaksi lainnya
Pixabay/chiplanay

Setelah Mama mengajarkan si Kecil lebih jelasnya mengenai pengertian dari galaksi spiral itu sendiri, anak juga perlu memahami karakteristik yang ada di galaksi spiral ini.

Sesuai dengan namanya yang sesuai dengan bentuk yang menyerupai spiral di mana lengan spiralnya memanjang dari pusat galaksi ke pinggir cakram.

Lengan spiral merupakan daerah bentuk bintang yang sedang berlangsung sehingga lebih terang dari pusat galaksi.

Lengan cakram adalah daerah pembentukan bintang yang sedang berlangsung. Dengan demikian, lebih terang dari pusat galaksi. Pasalnya, daerah ini terdapat bintang muda yang panas.

Sekitar dua per tiga dari seluruh spiral dilaporkan mempunyai tambahan komponen yang berbentuk struktur. Struktur ini menyerupai batang dan membentang dari pusat galaksi pada ujung lengan spiral. Galaksi spiral pada umumnya membentuk cakram pipih yang berotasi. Pada galaksi ini, biasanya memiliki batangan atau tonjolan di bagian tengah.

Lengan-lengan cemerlang muncul pada bagian tersebut. Lengan-lengan tersebut merupakan lapangan berdebu tempat lahirnya bintang-bintang baru.

Selanjutnya berpenghuni bintang-bintang muda yang memiliki massa cukup besar serta berpijar biru. Galaksi spiral juga dikelilingi oleh cincin yang tersusun atas bintang-bintang lebih tua.

Dalam sistem klasifikasi Hubble, galaksi spiral diberi nama dengan Galaksi jenis “S” yang kemudian diikuti oleh sebuah kode huruf (a, b, atau c). Kode huruf kecil yang berada di belakang jenis "S" tersebut menunjukkan tingkat ketebalan lengan spiral dan besar pusat galaksi

3. Lalu, apa saja ya contoh dari galaksi tipe spiral ini?

3. Lalu, apa saja ya contoh dari galaksi tipe spiral ini
Pixabay/nix1111/7images

Setelah mengetahui apa pengertian dan karakteristik dari galaksi ini, pasti anak Mama penasaran dong contoh-contoh bentuk dari galaksi tipe spiral ini apa saja ya? 

Contoh dari galaksi spiral ialah galaksi Bimasakti (milky way), galaksi Andromeda, galaksi Sombrero. 

1. Galaksi Bimasakti (milky way): Dilansir dari warstek.com, Bimasakti atau Milky Way merupakan galaksi spiral yang menjadi rumah bagi Bumi dan ratusan juta sistem keplanetan lain yang tersebar di piringan galaksi yang berotasi.

Memiliki diameter sekitar 200.000 tahun cahaya, Milky Way mengandung 100 hingga 400 juta bintang serta ratusan juta lainnya (bahkan milyaran) katai putih, bintang neutron, dan lubang hitam.

Terletak di bagian dalam lengan Orion, tata surya merupakan salah satu sistem keplanetan yang tersusun atas Matahari sebagai bintang pusat serta delapan planet yang berevolusi mengelilingi titik pusat massa, yaitu Matahari.

Sebagai galaksi spiral, struktur Milky Way tersusun atas pusat galaksi , lengan-lengan galaksi, dan halo. Berada di arah rasi Sagitarius, pusat galaksi merupakan bagian yang paling terang karena mengandung banyak bintang yang jaraknya berdekatan.

2. Galaksi Andromeda: Galaksi Andromeda (nama lain, Messier 31 dan NGC 224) adalah sebuah galaksi spiral yang berjarak kira-kira 2,5 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang pada malam yang cerah, tanpa bulan, dan tanpa polusi cahaya.

Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit. Galaksi ini dapat diamati di bulan September, Oktober, dan November. 

Dengan mata telanjang, galaksi ini tampak seperti kabut tipis kecil di langit utara. Namun, jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ukurannya bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

3. Galaksi Sombrero: Galaksi Sombrero termasuk jenis galaksi spiral. Tak seperti kebanyakan, galaksi Sombrero memiliki pusat inti galaksi yang sangat besar dan menonjol sehingga terlihat menggembung.

Cincin debu di sekelilingnya pun terlihat miring mirip seseorang yang sedang memakai topi khas Brasil yaitu Sombrero. Oleh karenanya, galaksi M104 ini diberi nama Galaksi Sombrero.

Nah, itulah tadi beberapa rangkuman mengenai pengertian,karakteristik hingga contoh-contoh dari galaksi spiral ini. Masing-masing jenis galaksi tersebut memiliki karakter tersendiri ya. 

Kini, Mama sudah memahami pengertian, karakteristik, hingga contoh galaksi spiral bukan? Selamat mengajarkan semua tentang galaksi pada si Kecil Ma! 

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk