Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak bagi Anak Perempuan, Yuk Kenali Ma!

Berikut ciri fisik perilaku anak perempuan yang mudah dilihat

24 Februari 2021

Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak bagi Anak Perempuan, Yuk Kenali Ma
Freepik

Sebagai orangtua, tentunya penting mengetahui tahap perekembangan anak mulai dari usia balita, masa kanak-kanak, sampai mulai tumbuh remaja.

Setelah melewati masa usia balita, selanjutnya adalah tahap pertumbuhan kanak-kanak atau masa di mana anak mama mulai memasuki pendidikan sekolah pertamanya.

Secara umum, perkembangan fisik anak perempuan dan laki-laki hampir sama, Ma. Namun, pada pembahasan kali ini, berikut Popmama.com telah merangkum ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan. Cari tahu dan kenali ciri-cirinya yuk, Ma!

1. Panggul belum terlihat membesar

1. Panggul belum terlihat membesar
Freepik/Cookie-studio

Meski sudah memasuki usia sekolah, namun di usia perkembangannya ini ternyata masih belum banyak terlihat perubahan fisik pada anak perempuan mama. Di usia ini, panggul anak perempuan biasanya masih belum terlihat membesar, Ma. Namun, seiring bertambahnya usia, anak perempuan akan mengalami pertumbuhan pada panggulnya.

2. Payudara belum membesar

2. Payudara belum membesar
Freepik/Drobotdean

Sama seperti ciri sebelumnya, ciri fisik satu ini pun masih belum terlihat di usia kanak-kanak, Ma. Payudara anak akan bertambah besar seiring bertambah usianya nanti. Namun untuk usianya saat ini, bentuk payudaranya pun masih belum terlihat membesar ya, Ma.

Editors' Picks

3. Suara masih halus, belum melengking

3. Suara masih halus, belum melengking
Freepik

Ciri lainnya yang bisa terlihat adalah dari suaranya. Anak perempuan umumnya memiliki suara lebih melengking dari anak laki-laki, namun di masa pertumbuhan ini suaranya masih cukup halus dan belum sepenuhnya berubah, Ma.

4. Belum tumbuh rambut halus dibeberapa bagian

4. Belum tumbuh rambut halus dibeberapa bagian
Freepik/cookie_studio

Jika memasuki usia remaja anak mulai tumbuh rambut-rambut halus dibeberapa bagian tubuhnya seperti ketiak dan alat kelamin, namun berbeda pada masa kanak-kanak. Rambut halus tersebut masih belum tumbuh di usianya, Ma. Rambut halusnya akan tumbuh seiring bertambahnya usia anak menuju remaja.

5. Lebih aktif

5. Lebih aktif
Freepik

Berbeda dari ciri fisik, dari perilaku pun usia kanak-kanak terlihat lebih aktif dari usia balita sebelumnya. Sebab di usia ini, anak sudah mulai lebih lancar dalam melakukan beberapa gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, dan lainnya.

6. Memiliki tanggung jawab lebih dari balita

6. Memiliki tanggung jawab lebih dari balita
Freepik

Di usianya yang mulai memasuki usia pendidikan, anak perempuan mama juga menjadi lebih bertanggung jawab dalam banyak hal, Ma. Misalnya seperti mau belajar, membersihkan kamar, serta menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Meski beberapa kesempatan anak akan merasa malas dan melanggar aturan yang telah ditetapkan, namun dengan diberikan sedikit hukuman maka anak mama juga akan dengan mudah mengikuti aturan tersebut.

7. Mulai memecahkan masalah dan mencoba hal baru

7. Mulai memecahkan masalah mencoba hal baru
Freepik/prostooleh

Anak-anak umumnya memang ingin mencoba hal-hal baru yang ada disekitar mereka, di usia ini anak mama juga akan menunjukkan kemampuannya dalam memecahkan masalah sendiri dan mencoba berbagai hal baru.

Meski emosinya belum stabil dan akan membutuhkan waktu lama untuk bangkit kembali ketika gagal, di sinilah peran Mama dan Papa dibutuhkan untuk memberikan dukungan padanya.

Nah, itu dia ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan. Bagaimana, apakah sudah sesuai dengan ciri anak-anak mama atau ada ciri lainnya? Yuk, ceritakan di kolom komentar pengalaman versi Mama menghadapi anak perempuan mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.