Hafalan Surat Al Buruj Beserta Tafsir yang Bisa Diajarkan pada Anak

Al Buruj terdiri dari 22 ayat yang artinya gugusan bintang

29 September 2021

Hafalan Surat Al Buruj Beserta Tafsir Bisa Diajarkan Anak
Pexels/Timur Weber

Al Buruj menjadi surat ke 85 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri atas 22 ayat denganarti gugusan bintang yang diambil dari perkataan Al Buruuj yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Berdasarkan tafsir yang dijelaskan Ulama M. Quraish Shihab dalam kitab tafsir Al Mishbah, dijelaskan bahwa Al Buruj berasal dari kata baraja (برج) yang artinya adalah nampak.

Adapun surat ini menceritakan tentang sikap para pendurhaka yang melecehkan dan menyiksa orang-orang beriman. Penyiksaan tersebut dilakukan sampai pada batas membakarnya.

Sebagai salah satu surat yang memilki arti dan tafsir yang baik untuk diamalkan dalam kehidupan, yuk ajarkan pada anak mama untuk menghafal dan mengamalkan surat tersebut.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum hafalan surat Al Buruj beserta tafsir yang bisa diajarkan pada anak-anak di rumah.

1. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 1 beserta latin dan artinya

1. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 1 beserta latin artinya
Freepik

وَالسَّمَاۤءِ ذَاتِ الْبُرُوْجِۙ

was-samā`i żātil-burụj

Artinya: Demi langit yang mempunyai gugusan bintang

Ada banyak tafsiran ulama yang menyatakan bahwa arti surat Al Buruj yakni manazil al-qamar atau tempat-tempat yang dilewati oleh rembulan. 

Ibnu Katsir (8: 35) berdasarkan firman Allah SWT juga pernah menyebutkan bahwa Al Buruj artinya bintang-bintang, sehingga ayat ini bermakna was-samaai dzatin nujum, demi langit yang memiliki bintang-bintang. 

Di mana maskudnya ialah, Allah bersumpah dengan langit, karena langit merupakan makhluk-Nya yang paling besar dan yang paling luas, yang bisa disaksikan oleh manusia saat ini.

2. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 2 beserta latin dan artinya

2. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 2 beserta latin artinya
Freepik

وَالْيَوْمِ الْمَوْعُوْدِۙ

wal-yaumil-mau'ụd

Artinya: dan demi hari yang dijanjikan

Banyak ulama yang bersepakat mengenai maksud dari ayat ini ialah hari kiamat sebagaimana tafsir dalam Al-Qurthubi 19: 283. Sebab hari kiamat atau hari akhir akan datang pada waktu yang sesuai dengan ketetapan Allah SWT.

3. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 3 beserta latin dan artinya

3. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 3 beserta latin artinya
Pixabay/afshad-2652320

وَشَاهِدٍ وَّمَشْهُوْدٍۗ

wa syāhidiw wa masy-hụd

Artinya: Demi yang menyaksikan dan yang disaksikan

Tafsir Ibnu Katsir dalam tafsir Al-Qurthubi atau tafsir Ibnu Jarir Ath-Thabari, dijelaskan maksud dari syaahid (yang menyaksikan) dalam ayat ini. Intinya menyebutkan contoh siapa yang dimaksudkan.

Di antaranya seperti Muhammad SAW, sehingga Allah SWT seakan-akan bersumpah demi Muhammad. Di antaranya juga Allah yang menyaksikan, sehingga Allah seakan-akan bersumpah dengan diri-Nya sendiri. Di antara yang menyaksikan lainnya adalah umat Muhammad.

Demikian juga halnya mashud (yang disaksikan), beberapa ulama menafsirkan bahwa ‘’yang disaksikan’’ adalah hari kiamat. Ada pula ulama yang berpendapat maksudnya adalah "hari jumat". Selain itu, ada pula yang berpendapat "hari Arofah" dan juga "hari an-Nahr".

4. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 4 beserta latin dan artinya

4. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 4 beserta latin artinya
Pixabay/hmzasefaa-7327670

قُتِلَ اَصْحٰبُ الْاُخْدُوْدِۙ

qutila aṣ-ḥābul-ukhdụd

Artinya: Binasalah orang-orang yang membuat parit (yaitu para pembesar Najran di Yaman)

Ayat ini  menceritakan tentang kaum mukminin dan kaum mukminat yang dipaksa untuk keluar dari agama Allah SWT, namun mereka enggan. Kemudian, mereka yang enggan dimasukan ke dalam parit lalu dibakar hidup-hidup, mereka juga tetap bertahan dan rela mati demi mempertahankan agama Allah.

Dalam tafsir Ibnu Katsir 8: 364, Muqotil berpendapat bahwa parit-parit yang dijadikan lokasi untuk membakar orang-orang beriman terdapat 3 parit, yaitu terletak di Yaman, di Iraq, dan di Syam.

5. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 5 beserta latin dan artinya

5. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 5 beserta latin artinya
Pexels/Pok Rie

النَّارِ ذَاتِ الْوَقُوْدِۙ

an-nāri żātil-waqụd

Artinya: yang berapi (yang mempunyai) kayu bakar

Dijelaskan dalam tafsir At-Tahrir wa At-Tanwir 30: 243, parit-parit yang dimasksud bukanlah parit yang kosong, melainkan berisi api yang menyala-nyala.

Di mana diceritakan bahwasnya orang-orang beriman tersebut dilemparkan ke dalam parit berapi tersebut. Apinya tidak pernah mati karena terus disediakan kayu bakar oleh mereka.

6. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 6 beserta latin dan artinya

6. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 6 beserta latin artinya
Freepik/freepik

اِذْ هُمْ عَلَيْهَا قُعُوْدٌۙ

iż hum 'alaihā qu'ụd

Artinya: ketika mereka duduk di sekitarnya

Apa yang para raja dan pengikutnya lakukan kepada orang-orang beriman merupakan kejahatan yang luar biasa. Dijelaskan bahwa mereka telah melakukan berbagai macam jenis kemungkaran. 

Adapun di antaranya adalah mereka kafir kepada Allah, mereka memusuhi wali-wali Allah, mereka membunuh dan membakar para wali-wali Allah, mereka juga menyaksikan orang-orang yang beriman itu disiksa dan dibakar hidup-hidup.

Pendapat lain yang dilihat dari tafsir At-Tahrir wa At-Tanwiir 30: 243 menyebutkan bahwa kaum mukminin dan mukminat yang disiksa tersebut diikat dalam kondisi duduk sebelum dibakar, dan ini agar mereka semakin pedih saat dibakar.

7. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 7 beserta latin dan artinya

7. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 7 beserta latin artinya
Pixabay

وَّهُمْ عَلٰى مَا يَفْعَلُوْنَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ شُهُوْدٌ ۗ

wa hum 'alā mā yaf'alụna bil-mu`minīna syuhụd

Artinya: sedang mereka menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang mukmin

Allah SWT bersumpah karena perbuatan mereka yang sangat sadis. Semua yang dilakukan bukanlah perkara yang ringan dan begitu keji, hal ini yang membuat Allah murka dan akhirnya bersumpah dengan mereka.

8. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 8 beserta latin dan artinya

8. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 8 beserta latin artinya
Pixabay/cahiwak

وَمَا نَقَمُوْا مِنْهُمْ اِلَّآ اَنْ يُّؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ الْعَزِيْزِ الْحَمِيْدِۙ

wa mā naqamụ min-hum illā ay yu`minụ billāhil-'azīzil-ḥamīd

Artinya: Dan mereka menyiksa orang-orang mukmin itu hanya karena (orang-orang mukmin itu) beriman kepada Allah Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji

Orang-orang beriman itu disiksa bukan karena keburukan mereka, melainkan karena mereka beriman kepada Allah SWT. Demikian juga dengan sunnatullah yang akan terus terjadi di alam semesta ini. 

Di mana orang-orang yang berbuat kebaikan akan banyak dimusuhi oleh mereka orang-orang buuruk, yang mana sungguh berlawanan dengan kebaikan yang diperintahkan Allah SWT.

9. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 9 beserta latin dan artinya

9. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 9 beserta latin artinya
Unsplash/Mishary Alafasy

الَّذِيْ لَهٗ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيْدٌ ۗ

allażī lahụ mulkus-samāwāti wal-arḍ, wallāhu 'alā kulli syai`in syahīd

Artinya: yang memiliki kerajaan langit dan bumi. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu

Para ulama menyebutkan bahwa Allah SWT tidaklah lalai dan membiarkan orang kafir melakukan kedzaliman. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan pernah lalai, tetapi Allah hanya akan menunda azab mereka. Sesungguhnya Allah menyaksikan apa yang telah mereka perbuat.

10. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 10 beserta latin dan artinya

10. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 10 beserta latin artinya
Unsplash/Ed Us

اِنَّ الَّذِيْنَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوْبُوْا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيْقِۗ

innallażīna fatanul-mu`minīna wal-mu`mināti ṡumma lam yatụbụ fa lahum 'ażābu jahannama wa lahum 'ażābul-ḥarīq

Artinya: Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan (bencana, membunuh, menyiksa) kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar

Ayat ini menjelaskan bagaimana ancaman keras dari Allah SWT kepada mereka yang dzalim. Allah mempersyaratkan untuk menurunkan azab kepada mereka dengan syarat  bertaubat.

Jika para pembakar tersebut bertaubat, maka Allah SWT akan menerimanya dan tidak jadi memberikan siksa kepada mereka dan ini menunjukkan betapa luasnya rahmat Allah. 

Namun jika mereka tidak bertaubat, maka bagi mereka adalah azab neraka jahanam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar.

Editors' Picks

11. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 11 beserta latin dan artinya

11. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 11 beserta latin artinya
Freepik

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ەۗ ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيْرُۗ

innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti lahum jannātun tajrī min taḥtihal-an-hār, żālikal-fauzul-kabīr

Artinya: Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang agung

Ayat ini menjelaskan bahwa mereka yang disiksa dan dibunuh adalah kebaikan untuknya. Hal ini karena Allah SWT inigin menyegerakan mereka mendapatkan kenikmatan dengan cara mematikan mereka daripada harus hidup tanpa merasakan kenikmatan.

Meskipun cara ini terlihat mengerikan, tetapi sesungguhnya saat mereka meninggal dunia, maka Allah SWT menjanjikan kenikmatan tiada tara setelahnya. Di akhirat nanti, bagi mereka taman-taman dan kebun-kebun indah yang berisi buah-buahan, di dalamnya juga sudah berisi kenikmatan dan kelezatan yang mereka kehendaki.

12. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 12 beserta latin dan artinya

12. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 12 beserta latin artinya
Pexels/Abdulmeilk Aldawsari

اِنَّ بَطْشَ رَبِّكَ لَشَدِيْدٌ ۗ

inna baṭsya rabbika lasyadīd

Artinya: Sungguh, azab Tuhanmu sangat keras

Maksud dari azab sangat keras mencakup di dunia, alam barzahm dan di akhirat. Di dunia, kita sudah banyak diperlihatkan bagiamana kejadian menimpa mereka yang sombong, yang menyiksa orang lain, dan bagaimana Allah SWT mematikan mereka dengan cara yang tersiksa.

Diperlihatkan pula banyak negeri-negeri yang hancur lebur karena kesombongan yang meliputi diri mereka, kemudian Allah hancurkan mereka dengan begitu mudah.

13. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 13 beserta latin dan artinya

13. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 13 beserta latin artinya
Pexels/aichbus

اِنَّهٗ هُوَ يُبْدِئُ وَيُعِيْدُۚ

innahụ huwa yubdi`u wa yu'īd

Artinya: Sungguh, Dialah yang memulai pen-ciptaan (makhluk) dan yang menghidupkannya (kembali)

Terdapat dua tafsir berbeda yang disebutkan dalam At-Tahriir wa At-Tanwiir 30:248.

Tafsir pertama meneybutkan bahwa Dialah Allah SWT yang memulai penciptaan dan Dialah yang akan mengulangi penciptaan tersebut dengan membangkitkan manusia di hari akhir nanti.

Kemudian tafsir kedua mengatakan, Dialah Allah yang memulai penyiksaan terhadap orang-orang dzalim di dunia dan di akhirat nanti Dia pula yang akan mengulangi menyiksanya dengan siksaan yang lebih dahsyat.

14. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 14 beserta latin dan artinya

14. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 14 beserta latin artinya
Pixabay/shzern

وَهُوَ الْغَفُوْرُ الْوَدُوْدُۙ

wa huwal-gafụrul-wadụd

Artinya: Dan Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih

Salah satu sifat dan nama Allah SWT adalah Al-Ghafur yang artinya Maha Mengampuni. Kata ini diambil dari kata maghfirah yang dalam bahasa arab berarti menutupi dan melindungi.

Jika kita memohon maghfirah kepada Allah, artinya kita memohon agar Allah tidak membuka aib kita dan di akhirat nanti juga Allah tidak menampakkannya ke orang ramai dan juga agar Allah tidak menimpakan kita akibat buruk dosa kita.

Itulah mengapa diperintahkan untuk senantiasa berdoa astaghfirullah wa atubu ilaika ketika berbuat dosa. Doa ini sudah mencakup taubat dan maghfirah, di mana taubat lebih dikhusususkan untuk pengampunan dosa, adapun maghfirah dikhususkan agar aib-aib kita ditutupi baik di dunia maupun di akhirat nanti.

15. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 15 beserta latin dan artinya

15. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 15 beserta latin artinya
Pixabay/15329403

ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدُۙ

żul-'arsyil-majīd

Artinya: yang memiliki ‘Arsy, lagi Mahamulia

Diantara aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah, diyakini bahwa Allah SWT memiliki 'Arsy. Di maka dimaknai sebagai singgasana yang hakiki. Dan singgasana Allah ini akan dipikul oleh delapan malaikat pada hari akhir nanti.

Sebagaimana disebutkan dalam satu hadist, Rasulullah SAW bersabda: 

“Dan para malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung ‘Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka.” (QS Al-Haqqah: 17)

16. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 16 beserta latin dan artinya

16. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 16 beserta latin artinya
Pixabay/Bayu_Z

فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُۗ

fa''ālul limā yurīd

Artinya: Maha kuasa berbuat apa yang Dia kehendaki

Hanya Allah SWT yang dapat berkehendak dengan mengatakan Kun Fayakuun (jadilah, maka terjadilah). Allah juga tidak membutuhkan penolong dan tidak ada yang menentangnya sama sekali.

Lain halnya dengan kita umat manusia yang berkehendak sesuatu, tentulah butuh pertolongan dan tidak bisa secara multak. Bahkan, banyak raja dan presiden yang hebat, jika menghendaki sesuatu mereka perlu pertolongan dan akan ada saja yang protes kemudian menjadi oposisi terhadap kehendak yang mereka inginkan.

17. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 17 beserta latin dan artinya

17. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 17 beserta latin artinya
Freepik/rawpixel.com

هَلْ اَتٰىكَ حَدِيْثُ الْجُنُوْدِۙ

hal atāka ḥadīṡul-junụd

Artinya: Sudahkah sampai kepadamu berita tentang bala tentara (penentang)

Dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan dalam bentuk pertanyaan yang ditujukan kepada Rasulullah SAW bahwa apakah talah sampai kepadanya tentang kisah Firaun dan kaumnya yang sudah mendustakan kenabian Nabi Musa, kisah tentang kesombongan Fir'aun, dan kekufuran kaumnya, serta akibat dari perbuatan mereka, yaitu ditenggelamkan ke dalam laut.

18. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 18 beserta latin dan artinya

18. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 18 beserta latin artinya
Freepik

فِرْعَوْنَ وَثَمُوْدَۗ

fir'auna wa ṡamụd

Artinya: (yaitu) Fir‘aun dan Samud?

Bagaimana mereka yang sudah mendustakan para Rasul-Nya, maka Allah SWT pun dengan mudah membinasakan mereka.

19. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 19 beserta latin dan artinya

19. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 19 beserta latin artinya
Freepik

بَلِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ تَكْذِيْبٍۙ

balillażīna kafarụ fī takżīb

Artinya: Memang orang-orang kafir (selalu) mendustakan

Meski sudah banyak datang peringatan dan pelajaran akan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Nyatanya mereka yang terus mendustakan tetap keras kepala dan tidak beriman juga kepada Allah dan para Rasul-Nya.

20. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 20 beserta latin dan artinya

20. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 20 beserta latin artinya
Pixabay/freebiespic

وَّاللّٰهُ مِنْ وَّرَاۤىِٕهِمْ مُّحِيْطٌۚ

wallāhu miw warā`ihim muḥīṭ

Artinya: padahal Allah mengepung dari belakang mereka (sehingga tidak dapat lolos)

Allah SWT mengetahui segala perbuatan yang dilakukan umatnya. Tak ada tempat lari bagi mereka, karena itulah janganlah kita bersedih atas kekafiran yang kaum kafir lakukan. 

21. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 21 beserta latin dan artinya

21. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 21 beserta latin artinya
Freepik

بَلْ هُوَ قُرْاٰنٌ مَّجِيْدٌۙ

bal huwa qur`ānum majīd

Artinya: Bahkan (yang didustakan itu) ialah Al-Quran yang mulia

Meskipun sudah didustakan dan dongeng orang kuno oleh mereka kaum kafir, Al-Quran yang memiliki kedudukan paling tinggi di antara kitab-kitab suci lain tetap tidak ternodai kemuliaannya.

22. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 22 beserta latin dan artinya

22. Tulisan Arab Surat Al Buruj ayat 22 beserta latin artinya
Freepik/rawpixel

فِيْ لَوْحٍ مَّحْفُوْظٍ

fī lauḥim maḥfụẓyang

Artinya: (tersimpan) dalam (tempat) yang terjaga (Lauh Mahfuzh)

Lauh menjadi tempat paling rahasia yang tidak diketahui hakikatnya oleh manusia. Di dalamnya disebutkan secara detail tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam semesta. Tempat ini juga terjaga dari para setan yang berusaha mengintai dan mencari tahu isi di dalamnya.

Itu tadi hafalan surat Al Buruj beserta tafsir yang bisa Mama ajarkan pada anak. Semoga bisa menjadi pembelajaran baru yang dapat diamalkan dalam kehidupan anak ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.